Fenomena Paylater di Kalangan Mahasiswa: Gaya Hidup, Sosial, dan Motivasi Hedonisme sebagai Pemicu Perilaku Konsumtif

Main Article Content

Susilo Nur Aji Cokro Darsono
Muhammad Rizarda
Sobar M Johari

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan transaksi keuangan semakin meningkat pesat, yang mulanya transaksi dilakukan menggunakan uang tunai kini sudah mulai digantikan dengan metode pembayaran non fisik (non-tunai) meskipun masih dalam fase awal. Dengan adanya transisi ke ekonomi digital, kombinasi uang elektronik dan pembayaran kartu semakin meningkat. Teknologi telah berkembang dengan cepat dan mudah, memungkinkan e-commerce memanfaatkan peluang untuk memperluas basis pelanggan mereka. Paylater merupakan salah satu inovasi teknologi yang menyerupai kartu, akan tetapi dalam hal ini pembayaran yang dilakukan tidak membutuhkan kartu layaknya kartu kredit. Cicilan tanpa kartu saat ini sudah menjadi tren yang cukup menarik khususnya di kalangan milenial.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan data primer dengan jumlah responden sebanyak 400 orang dan menggunakan teknik purposive sampling untuk pengumpulan sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa.
Hasil Penelitian: Temuan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah variabel gaya hidup, pengaruh sosial, dan motivasi hedonisme memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pengguna Shopee Paylater. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 58,9% atau 0,589.
Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian pertama di UMY ini mengkaji faktor yang memengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa dalam menggunakan Shopee Paylater. Temuan ini dapat digunakan secara praktis oleh penyedia layanan keuangan digital untuk merancang kebijakan yang lebih tepat dan bertanggung jawab.

Article Details

Section
Artikel

References

Ahdiat, A. (2023). 5 e-commerce dengan pengunjung terbanyak kuartal I 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/03/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2023

Alalwan, A. A., Dwivedi, Y. K., Rana, N. P. P., & Williams, M. D. (2016). Consumer adoption of mobile banking in Jordan: Examining the role of usefulness, ease of use, perceived risk and self-efficacy. Journal of Enterprise Information Management, 29(1), 118–139. https://doi.org/10.1108/JEIM-04-2015-0035

Al-Dmour, R., Hammdan, F., Al-Dmour, H., Alrowwad, A., & Khwaldeh, S. M. (2017). The effect of lifestyle on online purchasing decision for electronic services: The Jordanian flying e-tickets case. Asian Social Science, 13(11), 157. https://doi.org/10.5539/ass.v13n11p157

Ali, M., & Raza, S. A. (2017). Service quality perception and customer satisfaction in Islamic banks of Pakistan: The modified SERVQUAL model. Total Quality Management and Business Excellence, 28(5–6), 559–577. https://doi.org/10.1080/14783363.2015.1100517

Darsono, S. N. A. C., Muttaqin, E. I., Rahmadani, R. A., & Ha, N. T. T. (2024). Unveiling the nexus of consumer price index, economic policy uncertainty, geopolitical risks, and gold prices on Indonesian sustainable stock market performance. International Journal of Economics and Financial Issues, 14(6), 128–135. https://doi.org/10.32479/ijefi.16685

Darsono, S. N. A. C., Raihana, M., Jati, H. F., & Pachmi, A. (2019). The impact of productive zakat on the income inequality of mustahiq in Yogyakarta. Journal of Economics Research and Social Sciences, 3(1). https://doi.org/10.18196/jerss.030107

Databoks. (2024). Milenial dan Gen Z mendominasi pengguna Paylater di Indonesia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/demografi/statistik/66b5d6e18dff3/milenial-dan-gen-z-mendominasi-pengguna-paylater-di-indonesia

Dewi, M. N., & Samuel, H. (2019). Pengaruh gaya hidup (lifestyle), harga, promosi terhadap pemilihan tempat tujuan wisata (destination): Studi kasus pada konsumen Artojaya Tour & Travel Surabaya. Jurnal Manajeman Pemasaran, 3(1), 1–13.

Edwin Japarianto, & Sugiharto, S. (2011). Pengaruh shopping life style dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior masyarakat high income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 32–41. https://doi.org/10.9744/pemasaran.6.1.32-41

Farah, M. F., Hasni, M. J. S., & Abbas, A. K. (2018). Mobile-banking adoption: Empirical evidence from the banking sector in Pakistan. International Journal of Bank Marketing, 36(7), 1386–1413. https://doi.org/10.1108/IJBM-10-2017-0215

Fathimah, R., Darsono, S. N. A. C., & Suphanchaimat, N. (2020). Household solar photovoltaic adoption in the Maldives: A socioeconomic perspective. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 21(2). https://doi.org/10.18196/jesp.21.2.5040

F.D.W., Damayanti, C. C. (2021). Pengaruh penggunaan pembayaran Shopeepay Later terhadap perilaku konsumsi Islam generasi milenial di Surabaya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1905–1915. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i3.2872

Gharaibeh, M. K., Arshad, M. R. M., & Gharaibh, N. K. (2018). Using the UTAUT2 model to determine factors affecting adoption of mobile banking services: A qualitative approach. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 12(4), 123–134. https://doi.org/10.3991/ijim.v12i4.8525

Glavee-Geo, R., Shaikh, A. A., & Karjaluoto, H. (2017). Mobile banking services adoption in Pakistan: Are there gender differences? International Journal of Bank Marketing, 35(7), 1088–1112. https://doi.org/10.1108/IJBM-09-2015-0142

Jannah, R. (2019). Pengaruh literasi ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNESA. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 3(2), 117–124. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n2.p117-124

Julita, E., B., I., & Yustati, H. (2022). Pengaruh penggunaan Shopee Paylatter terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Muslim. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2953. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6775

Larasati, C. (2023). Webometrics 2023, UMY PTS terbaik ke-3 di Indonesia dan puncaki peringkat di PTMA. Medcom.Id. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GbmMzVOb-webometrics-2023-umy-pts-terbaik-ke-3-di-indonesia-dan-pun

Mujahidah, A. N. (2020). Analisis perilaku konsumtif dan penanganan (Studi kasus pada satu peserta didik di SMK Negeri 8 Makasar). Analisis Perilaku Konsumtif dan Penanganan, 4. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18970

Nugroho, B. (2018). Online pada situs marketplace Tokopedia. Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–11.

Pratama, S. D., & Syaodih, E. (2021). Analisis perilaku konsumen dalam memanfaatkan aplikasi KAI Access. Service Management Triangle: Jurnal, 3(1), 20–27.

Putra, H. S., Huljannah, M., Anis, A., & Azhar, Z. (2021). Debit and credit cards: Money velocity risks. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 22(2), 228–243. https://doi.org/10.18196/jesp.v22i2.11208

Rahmawati, G., & Mirati, E. (2022). Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee Paylater pada generasi millenial.

Sanoesi, R. N. W. O., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh presepsi kemudahan, manfaat, intensitas penggunaan, gaya hidup terhadap impulse buying pada pengguna Shopee Paylater. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA).

Supriyanto, A. (2020). Peran nilai-nilai Islam dalam kewirausahaan untuk menunjang sebuah kinerja bisnis. EL-Hekam: Jurnal Studi Keislaman, 14, 51–69. https://doi.org/10.31958/jeh.v7i1.6515

Tran, D. P., Nguyen, P. T. H., & Darsono, S. N. A. C. (2022). Level of corporate social responsibility disclosure and financial performance: A case study in Ho Chi Minh City, Vietnam. Journal of Accounting and Investment, 24(1), 187–204. https://doi.org/10.18196/jai.v24i1.15832

Widjanarko, Y., Prahara, S. A., & Wulandari, N. Y. (2019). Hubungan antara motivasi belanja hedonis dengan perilaku konsumtif pada pengguna Go-Pay.

Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh hedonic shopping value dan shopping lifestyle terhadap impulse buying pada pelanggan Tokopedia di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(1), 360–368.