Analisis Kepuasan Muzakki Terhadap Implementasi Good Corporate Gevernance Pada Organisasi Pengelola Zakat di Kota Yogyakarta (Studi kasus pada Lembaga Amil Zakat di Yogyakarta)

Nia Lovenia, Muhammad Akhyar Adnan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan penerapan prinsip good corporate governance pada organisasi dan pengelolaan zakat di kota Yogyakarta. Good Corporate Governace (GCG) adalah sistem untuk mengelola organisasi dapat menciptakan pola kerja yang baik di manajemen. GCG memiliki lima prinsip yang terdiri dari Transparansi, Akuntabilitas, Tanggung Jawab, Independen, dan Keadilan.

Objek penelitian adalah lembaga amil zakat di Yogyakarta. Subjek penelitian adalah muzakki yang telah memberikan dana zakat di lembaga amil zakat, kuesioner dibagikan sebagai 50 kuesioner, yang masing-masing lembaga zakat sebagai 10 questiinnaire. jadi, keseluruhan jumlah responden dari penelitian ini adalah 50 responden.

Hasil penelitian menunjukkan pada penerapan prinsip good corporate governance pada organisasi dan pengelolaan zakat di kota Yogyakarta adalah baik. Mereka cukup puas dengan penerapan tata kelola perusahaan yang baik di organisasi dan manajemen zakat di Yogyakarta.


Keywords


Organization and management zakat, amil zakat institutions, Good Corporate Governance (GCG), and Transparency, Accountability, Responsibility, Fairness

Full Text:

PDF

References


Al – Ba’ly, Abdul. (2006). Ekonomi Zakat: Sebuah Kajian Moneter dan Keuangan Syari’ah. Terjemahan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Al-Anhar. (2012). Good governance dalam pengendalian zakat (studi pada BAZNAS kota Padang). Tesis, Gadjah Mada University, Yogyakarta.

Al-Qur’an surat Ar-Rum ayat 39

Al-Qur’an Surat At-Taubah ayat 60

Al-Zuhayly, W. (1995). Zakat Kajian Berbagai Mahzab, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Anwar, A. S., & Hidayat. (2012). Model Tatakelola Badan atau Lembaga Amil Zakat Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Badan/Lembaga Amil Zakat di Kota Malang), Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Dewan Syariah Nasional. (2004). Pedoman Zakat Praktis. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Djuanda & Gustian. (2007). Pelaporan Zakat Pengurang Pajak Penghasilan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Effendi, M. A., (2009). The Power of Good Corporate Governance Teori dan Implementasi, Jakarta: Salemba Empat.

Endriyana. (2016). Penerapan Prinsip Good Corporate Governance Dalam Pengelolaan Zakat (Studi di Lembaga Amil Zakat Dhuafa Yogyakarta)”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Fakhrudiddin. (2008). Fiqh dan Manajemen Zakat di Indonesia, UIN Malang, Malang Forum Dor Corporate Governance Indonesia. (2004). Corporate Governance”. www.fegi.co.id, Tanggal Download 12 januari 2017.

Hafidhuddin, D. (2002). Zakat Dalam Perekonomian Modern. Gema Insani Press, Jakarta.

Hasan, A. M. (2006). Zakat dan Infaq: Salah Satu Solusi Mengatasi Problema Sosial di Indonesia, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Huda, N. V. (2015). Studi kepuasan Muzakki Terhadap Pendistribusian Dana Zakat, Infak dan Sedekah Pada Organisasi Pengelola Zakat Kota Yogyakarta. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI), Psak no. 109, Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.

Jamilatun. (2011). Pengaruh Kualitas Jasa (Pelayanan) terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Muzakki di Lembaga Pengembangan Dana Umat Sultan Agung (DPU-SA). Skripsi, Universitas islam Negeri Swalisongo, Semarang.

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia. (1998). No. 581 tahun 1999 tentang Pelaksanaan UU No. 38 tahun 1999 perihal pengelolaan zakat.

Khaerany, R. (2013). Akuntabilitas dan Transparansi Lembaga Pengelola Zakat Terhadap Kualitas Lembaga Amil Zakat (Pandangan Muzakki dan Amil Zakat pada Dompet Dhuafa Sulsel), Skripsi, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Khasanah, U. (2010). Manajemen Zakar Modern Instrumen Pemberdayaan Ekonomi Umat. UIN Malang, Malang.

Kotler, P. (2010). Marketing Manajement Analysis, Planning, Implementation and Control. Prentice Hall New Jersey.

Kuncaraningsih, H. S. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kepuasan Muzakki pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sleman Yogyakarta, Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Mahmudi. (2009). Sistem Akuntansi Organisasi Pengelola Zakat, Yogyakarta: PPPEI Press.

Mursyid. (2006). Mekanisme Pengumpulan Zakat, Infak, dan Shadaqah (Menurut Hukum Syara’ dan Undang-Undang). Magistra Insani Press, Yogyakarta.

Mus'ab, A. (2011). Pengaruh Religiususitas, Tingkat Penghasilan, dan Layanan Terhadap Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Maal Di Lazis NU. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yoggyakarta.

Muzdalifah, F.S. (2014). Tinjauan atas Pengelolaan Dana Zakat pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bogor Berdasarkan PSAK 109”, Laporan Tugas Akhir, Universitas widyatama, Bandung.

Prasetyaningsih, F. (2014). Persepsi Muzakki Terhadap Aplikasi Good Governance Lembaga Amil Zakat di Yogyakarta. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Qardawi, Y. (2007). Hukum Zakat. Terjemahan: Salman, dkk. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.

Rahmawati, R. Y. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan muzakki lembaga amil zakat, infaq dan Shadaqah Nahdatul Ulama (LAZISNU) gunung kidul”, skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

Rifai, M. (2008). pengaruh Srategi Pengelolaan Zakat pada Organisasi Peneglola Zakat Infak dan Shadaqah Muhammadiyah Yogyakarta Ranting Warungboto. Skripsi , UIN Sunak Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta

Ritonga, A. R. (2012). Analisis Faktor-faktor Pendorong Masyarakat Membayar Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) Melalui BAZDA Sumatera Utara. Skripsi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Rouf, M. A. (2011). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Membayar Zakat Di Rumah Zakat Cabang Semarang. Skripsi, Universitas Islam Negeri Semarang, Semarang.

Saesahet, M. A. (2009). Analissi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembayaran Zakat Masyarakat Provinsi Pattani Thailand Selatan (Studi Kasus di Daerah Prigi). Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

Undang–Undang Nomor Republik Indonesia No. 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat. 1999. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. 2011. Jakarta.

Utomo, S. B. (2006). Reaktualisasi Fikih Zakat, Infaq, dan Sedekah Menuju Tatakelola yang Efektif. www.rumahzakar.org, Tanggal Download 31 Januari 2017.

Wibawani, S. (2006). Corporate Governance. Makalah Diskusi, Program Studi Akuntansi. Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Widodo, H. (2001). Akuntansi dan Manajemen Keuangan Untuk Organisasi Pengelola Zakat. Institut Manajemen Zakat, Jakarta.

Zuhraini, A. (2009). Pengaruh Prinsip Transparency, Prinsip Akuntability,Prinsip Responsibility, Prinsip Independency Dan Prinsip Fairness Terhadap Kinerja Ekonomi Lembaga Pengelola Zakat (Studi Kasus di BAZ dan LAZ) Provinsi DIY. Skripsi, UIN sunan kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.18196/rab.010106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia