Pengaruh Media Exposure dan Kepemilikan Asing Terhadap Corporate Social Responsibility Expenditure dan Corporate Social Responsibility Disclosure (Studi Empiris pada Seluruh Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016)

Septiani Pangestika, Harjanti Widiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh paparan media dan kepemilikan asing terhadap Pengeluaran Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Variabel independen dalam penelitian ini adalah paparan media dan kepemilikan asing. Sampel dalam penelitian ini adalah 219 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2016 yang dipilih melalui purposive sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan media tidak mempengaruhi Pengeluaran Corporate Social Responsibility (CSR). Kepemilikan asing berpengaruh positif terhadap Pengeluaran Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR). Paparan media secara positif dan signifikan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR). Kepemilikan asing secara positif dan signifikan mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR). Pengeluaran Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) secara positif dan signifikan mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR).


Keywords


Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, Corporate Social Responsibility (CSR) Expenditure, Kepemilikan asing, Media Exposure

Full Text:

PDF

References


Alfarizi, A. (2016). Pengaruh Media Exposure, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Struktur Kepemilikan Saham Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Barkemeyer, R. (2007). Legitimacy as a Key Driver and Determinant of CSR in Developing Countries. Paper for the 2007 Marie Curie Summer School on Earth System Governance. Amsterdam University of St Andrews.

Branco, M. C & Rodrigues, L. L. (2008). Factors Influencing Social Responbilitiy Disclosure by Portugues Companies. Journal of Business Ethics. 83, 685-701.

Cahya, B. A. (2010). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Chariri, A. (2008). Kritik Sosial Atas Pemakaian Teori Dalam Penelitian Sosial dan Lingkungan. Jurnal Maksi, 8(2), 161-163.

Dela, F. M. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Artikel Ilmiah Mahasiswa. Universitas Negeri Padang.

Ekowati, L. P. & Anis, W. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tnggung Jawab Sosial Perusahaan. Prosiding Simposium Nasional Akuntansi XVII. Universitas Mataram. Lombok.

Fatoni, Rita, & Kharis, R. (2016). Pengaruh Kepemilikan Publik, Return On Equity, Current Ratio, Umur Perusahaan dan Company Size Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility. Jurnal of Accounting, 2 (2), 1-15.

Febrianti, D. (2016). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap CSR Disclosure dan CSR Expenditure. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Handoko, R. (2011). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, Growth, dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Herusetya, A. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responbility. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 1-17.

Laksmitaningrum, C. F. (2013). Analisis Pengaruh Karakeristik Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris dan Struktur Kepemilikan terhadap Pengungkapan CSR. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Mukti, A & Kurnia. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 4(12), 1-17.

Patten, D. M. (2002). Media Exposure, Public Policy Pressure, and Environmental Disclosure: An Examination of the Impact of Tri Data Availability. Accounting Forum 26(2), 152–171.

Plorensia, W & Pancawati, H. (2015). Pengaruh Agresivitas Pajak dan Media Eksplosure Terhadap Corporate Social Responbility. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. 4-5.

Priantana, R. D. (2011). Pengaruh Struktur Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi.4(1), 1-13.

Putra, E. N. (2011). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility. Journal of Business Finance and Accounting. 8-14.

Rahayu, P & Indah, A. (2015). Pengaruh Kepemilikan Saham Publik, Profitabilitas dan Media Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Accounting Analysis Journal. 3-8.

Reverte, C. (2009). Determinants of Corporate Social Responbility Disclosure Ratings by Spanish Listed Firms. Journal of Business Ethics. 88, 351-366.

Rosiana, G. A., Gede J., & Maria, M. R. (2013). Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(3), 3-5.

Rosmita, H. (2007). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Sosial (Social Disclosure) dalam Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Rustiarini, N. W. (2011). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham Pada Pengungkapan Corporate Social Responbility. Jurnal Akuntansi, 6(1), 1-24.

Sari, R. A. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responbility Disclosure pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal, 1(1), 2-4.

Sembiring, E. R. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Prosiding Simposium Nasional Akuntansi 7.

Siwi, Program CSR Tak Transparan PT Semen Tonasa Didemo Warga, http://bit.ly/2l8OLqp. Diakses tanggal 21 Mei 2017 pk 12.30 WIB.

Tamba, E. G. (2011). Pengaruh Strukur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Wahyutama, N. R. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Media Exposure Terhadap Corporate Social Responbility Disclosure. Artikel Ilmiah Mahasiswa. Universitas Jember.

Yuliani, N. (2014). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2013. Jurnal Akuntasi. Universitas Maritim Raja Ali Haji. 5-10.




DOI: https://doi.org/10.18196/rab.010108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia