Pengaruh Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, Budaya Organisasi, Reputasi dan Etika Terhadap Senjangan Anggaran (Studi Empiris pada SKPD Kabupaten Bantul)

Mellyanda Febrina Audia, Bambang Jatmiko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak partisipasi anggaran, kejelasan sasaran anggaran, budaya organisasi, reputasi dan etika terhadap senjangan anggaran pada satuan kerja perangkat daerah Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan adanya kriteria tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala dinas/badan, kepala sub-bidang dan kepala sub-bagian yang bekerja di SKPD Kabupaten Bantul. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner yang dapat dianalisis sebanyak 80 kuesioner dari 100 kuesioner yang dibagikan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi. Data yang terkumpul terlebih dahulu dianalisis dengan pengujian kualitas instrumen, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan menggunakan alat uji SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi anggaran, kejelasan sasaran anggaran dan reputasi berpengaruh positif signifikan terhadap senjangan anggaran pada satuan kerja perangkat daerah. Namun, budaya organisasi dan etika tidak berpengaruh terhadap senjangan anggaran disatuan kerja perangkat daerah.


Keywords


Partisipasi Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, Budaya Organisasi, Reputasi, Etika dan Senjangan Anggaran pada Satuan Kerja Perangkat Daerah

Full Text:

PDF

References


Biantara, A.A Adi & Putri, I.G.A.M Asri Dwija. (2014). Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Etika, dan Kepercayaan Diri pada Senjangan Anggaran. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 9(2), 385- 391

Cika, M.A.G, & Asri, D. (2016). Pengaruh kejelasan sasaran anggaran, karakter personal, dan information asymmetry pada senjangan anggaran. Jurnal akuntansi universitas udayana. 14(3). Hlm. 1555-1583.

Ghozali, I., (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19. edisi ke lima, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Halim, A. D. (2009). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Dinas Informasi Komunikasi dan Pengolahan Data Elektronik Kota Medan), Universitas Sumatera Utara

Harvey, M. E. (2015). The effect of employee ethical ideology on organizational budget slack: An empirical examination and practical discussion. Journal of Business & Economics Research (Online), 13(1)

Karsam. (2013). The Influence of Participation in Budgeting on Budgetary Slack with Information Asymetry as a Moderating Variable and Its Impact on the Managerial Performance (A Study on Yayasan Pendidikan dan Koperasi in the Province of Banten, Indonesia). International Journal of Applied Finance and Business Studies. 1(I), 28-38.

Miyati. (2014). Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Budgetary Slack Dengan Pertimbangan Etika Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kulon Progo). Skripsi. Universitas Negri Yogyakarta.

Nazzaruddin, I. & Basuki, A. T. (2015). Analisis Statistika dengan SPSS. Penerbit Danisa Media. Yogyakarta.

Nosihana, A., & Yaya, R. (2016). Internet Financial Reporting dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya pada Pemerintahan Kota dan Kabupaten di Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis. 3 (2), 87-101.

Putri, I.G.A.A., & Pradnyantha, W. I. (2014). Pengaruh partisipasi anggaran, reputasi, dan etika pada kesenjangan anggaran pada SKPD di Pemerintahan Kota Denpasar, Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 9(1), 133-142

Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang No. 32. Pemerintah Daerah.

Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah No. 58. Pengelolaan Keuangan Daerah.

Republik Indonesia. 2007. Peraturan Menteri Dalam Negri No. 59. Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah Penganggaran.

Sugiwardani & Resti. (2012). AnalisisPengaruh Partisipasi Anggaran Informasi Simetris, Budaya dan Komitmen Organisasi terhadap Budgetary Slack, Jurnal bisnis dan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Perbanas Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.18196/rab.010213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia