Pengaruh Informasi Akuntansi Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dengan Ukuran Dewan Komisaris Sebagai Variabel Moderating : Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2016

Arofa Nafia Anindita, Arum Indrasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, 2) Likuiditas berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, 3) Leverageberpengaruh negatif terhadap pengungkapan Corporate SocialResponsibility, 4) Ukuran dewan komisaris dapat memoderasi hubungan profitabilitas dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility, 5) Ukuran dewan komisaris dapat memoderasi hubungan likuiditas dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility, dan6) Ukuran dewan komisaris dapat memoderasi hubungan leverage dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility.Penelitian ini dilakukan pada laporan keuangan yang diterbitkan di Bursa Efek Indonesia(BEI) dengan menggunakan 182 perusahaan manufaktur sebagai sampel yang digunakan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dari laporan tahunan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, uji Heteroskedastisitasdan uji hipotesis menggunakan Moderator Regression Analysis(MRA).Hasil penelitian: 1) Profitabilitas tidak berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, 2) Likuiditas tidak berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, 3) Leverageberpengaruh negatif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, 4) Ukuran dewan komisaris tidak mampu memoderasi hubungan profitabilitasdengan pengungkapan Corporate Social Responsibility, 5) Ukuran dewan komisaris tidak mampu memoderasi hubungan likuiditas dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility, dan 6) Ukuran dewan komisaris tidak mampu memoderasi hubungan leverage dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility.


Keywords


Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris, Pengungkapan CSR

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial Dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi 9. Padang.

Anugerah, R., Hutabarat, R., Faradilla, W. (2010). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI. Jurnal Ekonomi, 18, (1).

Arlindania, P. A., & Sudana, I. M. (2011). Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 4 (1).

Badjuri, A. (2011). Faktor-faktor Fundamental, Mekanisme Corporate Governance, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Perusahaan Manufaktur dan Sumber Daya Alam di Indonesia. Dinamika Keuangan dan Perbankan.

Belkaoui, A. & P. G. Karpik. (1989). Determinants of the Corporate Decision to Disclose Social Information. Accounting, Auditing and Accountability Journal. 2. (1), 36-51.

Daniri, M. A. (2008). Standarisasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (BagI). http://www.madani-ri.com/2008/01/17/standarisasi-tanggung-jawab-sosialperusahaan-bag-i/. Diakses tanggal 5 Juni 2008.

Ekowati, L., Prasetyono & Wulandari, A. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth, dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XVII.

Fahrizqi, A. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Semarang. Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Gray, R., Javad, M., & David, M. (2001). Social and Environmental Disclosure, and Corporate Characteristic: A Research Note and Extension. Accounting, Auditing, and Accountability Journal 28 (3), 327-356.

Kamil, A. & Antonius, H. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility.

Kinantika, E. K. A. (2013). Pengaruh Biaya Eksplorasi dan Pengembangan Tangguhan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Semarang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Kurniawati, F. A. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009-2011. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Marbun, D. B. (2008). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab dan Akuntansi Sosial Perusahaan (Corporate Responsibility and Social Accounting): Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Riau. Pekanbaru

Nurkhin, A. (2010). Corporate Governance dan Profitabilitas, Pengaruhnya Terhadap Pengungkapan CSR Perusahaan. Jurnal Dinamika Akuntansi, 2 (1).

Putri, R. A. & Christiawan, Y. J. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Business Accounting Review, 2 (1).

Rawi & Munawar, M. (2010). Kepemilikan Manajemen, Kepemilikan Institusi, Leverage dan Corporate Social Responsibility. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Rosmasita. (2007). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Sosial (Social Disclosure) dalam Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar.

Sembiring, E. R. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi 8. Solo.

Sulistyawati, A. I., Surjanti, L. P. N. S. & Triyani, D. (2016). Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Laporan Keuangan dan Determinasinya. Seminar Nasional IENACO.

Sumarsan, T. (2010). Sistem Pengendalian Manajemen (Konsep, Aplikasi dan Pengukuran Kinerja). Jakarta: Indeks.

Syahrir, R. K. & Sehendra S. (2010). The Effect of Company Characteristic to Disclosure Fittings of Miscellanous Industry Sector Annual Reports Which is Registered in IDX. Tesis. Universitas Gunadarma.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal

Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat 3

Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Pasal 73 tentang Perseroan Terbatas.

Warta Ekonomi. (2006). Konsep Bisnis Paling Bersinar 2006: Level Adopsinya Kian Tinggi, Warta Ekonomi, Desember 2006, 36-37.

Yintayani, N. N. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009). Tesis. Denpasar. Program Magister Fakultas Ekonomi Pascasarjana Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.18196/rab.020118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia