Pengaruh Komunikasi Dan Teknologi Informasi Terhadap Pemahaman Sumber Daya Manusia Dalam Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening: Studi Empiris di SKPD dan Kecamatan Kab Sleman

Feraya Rosydiana, Barbara Gunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh komunikasi, teknologi informasi, dan komitmen organisasi terhadap pemahaman SDM dalam penerapan SAP berbasis akrual. Penelitiani ini mengambil sampel pada pemerintahan kabupaten Sleman. Dimana di dalam LAKIP Sleman di cantumkan bahwa terdapat hambatan mengenai pemahaman. Penelitin ini menggunakan sample Jenuh di karenakan terbatasnya sample yang ada sehingga seluruh populasi dijadikan sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi dan teknologi informasi memiliki pengaruh terhadapa pemhaman SDM. Begitu pula dengan komitmen organisassi juga terbukti menjadi variable intervening dalam penelitian ini.


Keywords


Pemahaman SDM, SAP berbasis akrual, Komunikasi, Teknologi informasi, komitmen organisasi

Full Text:

PDF

References


Adventana, G. A. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemerintah Provinsi DIY dalam Implementasi SAP Berbasis Akrual Menurut PP No. 71 Tahun 2010, Artikel Publikasi, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta

Akhyarudin, M. (2013). Tantangan Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual Di Pemerintahan Indonesia. http://kaseiur.blogspot.com/2013/06/tantangan-penerapan-akuntansi-berbasis.html (Diakses pada tanggal 12 April 2017)

Aldiani, S. (2009). Faktor-faktor pendukung keberhasilan penerapan peraturan pemerintah No.24 Tahun 2005 pada pemerintah Kabupaten Labuhan Batu. Jurnal Simposium Nasional XII, Universitas Sumatera Utara.

Ardiansyah. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan penerapan PP No.71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (studi pada unit kerja KPPN Malang). Artikel publikasi, Universitas Brawijaya,Malang.

Ellyana, D. D., Achyar, R. & Hamzah, A. (2009). Variabel Anteseden dan Konsekuensi Pemanfaatan Sistem Informasi (Studi Kasus pada Pemerintahan Kabupaten Madura). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 6 (1), Juni 2009.

Faradilah, A. (2013). Analisis Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Menerapkan Standar Akuntansi Pemerintahan (Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010), Skripsi, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Ghozali, I. (2006). Metode alternatf dengan partical last square, Semarang, badan penerbit UNDIP

Hariyanto, A. (2012). Penggunaan Basis Akrual dalam Akuntansi Pemerintahan di Indonesia. STIE Dharma Putra , Semarang.

Herlina, H. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Pemerintahan Daerah Dalam Implementasi PP 71 Tahun 2010 (Studi Empiris : Kabupaten Nias Selatan), Artike Pubikasi, Universitas Negri Padang.

Indah. (2008). Pengaruh Sumber Daya Manusia dan Teknologi informasinya terhadap Keberhasilan Penerapan PP No.24 tahun 2005, Artikel Pubikasi, Universitas Sumatera Utara, Sumatera Utara.

Indriasari, D. (2008). Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengendalian Intern Akuntansi terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Kota Palembang dan Kabuppaten Ogan Hilir), Simposium Nasional Akuntasi XI, Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.

Katz, R. & Tushman, M. L. (2003). A longitudinal study of the effects of boundary spanning supervision on turnover and promotion in research and deverlopement. Academy of Management Journal. 26(3), 437-456.

Kusuma, M. I. Y. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penerapan Akuntansi Akrual Pada Pemerintah, Skripsi, Dipublikasikan, Universitas Diponegoro, Semarang

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Inspektorat Kabupaten Sleman. (2015). Diambil dari http://inspektorat.slemankab.go.id/wp content/uploads/2016/09/LAKIP-INSPEKTORAT-SLEMAN-2015.pdf, (Diakses pada tanggal 22 April 2017)

Meyer, J. & N. Allen. (1984). Testing the “side bet theory” of organizational commitment : Some methodological considerations. Journal of Applied Psychology, 69, 372-378

Nur. (2009). Teori Entitas. http://kolibri4info.blogspot.com/2009/05/teori-entitas-entity-theory-teori.html (Diakses pada tanggal 18 April 2017)

Pambajeng. (2015). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual Di Pemerintah Daerah (Studi di Pemerintah Kabupaten Wonosobo), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 Tentang Sttandar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Sttandar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrua

Porter, L. W. & Steers, R. M. (1983). Motivation and work behavior, edisi 3, New York : McGraw-Hill

Putri, F. N. (2014). Analisis kesiapan dinas pendapatan propinsi jawa timur dalam menerapkan standar akuntansi berbasis akrual” Skripsi, Dipublikasikan, Universitas Airlangga, Surabaya.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2011). Perilku Organisasi. Terjemahan: Diana Angelica, Ria Cahyani, dan Abdul Rosyid. Jakarta: Salemba Empat

Romilia, R. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 Tentang Standar Akuntansi Pemerintah Di Kabupaten Bangkalan, Artikel Publikasi,Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Surabaya.

Seminar Nasional, 19 Maret 2011, Audit Sektor Publik : “Peran SDM Aparatur Pemerintah Daerah dan Auditor Eksternal dalam Mendukung Keberhasilan Pelaksanaan Audit Keuangan Daerah”, www.umy.ac.id

Simanjuntak, B. (2010). Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual di Sektor Pemerintahan di Indonesia. Disampaikan pada Kongres XI Ikatan Akuntan Indonesia, Jakarta.

Sumarsono, S. (2003). Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ketenaga kerjaan, Jogyakarta, Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.18196/rab.020123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia