Pengaruh Politik Dinasti dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah dengan Akuntabilitas Pelaporan Sebagai Variabel Pemediasi : Studi Empiris Pada Pemerintah Daerah Di Indonesia Tahun 2012-2015

Tri Susilo Wahyu Aji, Suryo Pratolo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Politik Dinastidan Sistem Pengendalian Internalterhadap Kinerja pemerintahan dengan Akuntabilitas Pelaporan Keuangansebagai variabel pemediasi. Kinerja pemerintahan dinyatakan dalam Penetapan Peringkat dan Status Kinerja PenyelenggaKementrian Dalam Negeri pada Pemerintah daerah Provinsi, Kab/Kota seluruh Indonesia. Objek penelitian ini adalah seluruh pemerintah provinsi, kabupaten/kota di Indonesiatahun 2012-2015.Penelitian ini dilakukandengan metode dokumentasi. Data yang digunakan adalah data sekunder, yang bersumber dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dan Kementerian Dalam Negeri. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi berganda dengan bantuan software komputer untuk statistika SPSS versi 15.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa praktik Politik Dinasti tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja pemerintahan.Sistem Pengendalian Internal terbukti berpengaruh signifikan terhadap Kinerja pemerintahan, serta Akuntabilitas tidak terbukti memediasi hubungan antara Politik Dinasti dan SPI terhadap Kinerja pemerintahan.


Keywords


Politik Dinasti, Sistem Pengendalian Internal, Kelemahan SPI, Kinerja Pemda, Akuntabilitas Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah

Full Text:

PDF

References


Adzani. A. H., & Dwi, M. (2014). Pengaruh Kesejahteraan Masyarakat, Faktor Politik dan Ketidakpatuhan Regulasi Terhadap Opini Audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Simposium Nasional Akuntansi XVII: Mataram, Lombok.

Arens. A. A., Randal J. E., & Beasley, M. S. (2008). Auditing and Assurance Services, Twelfth Edition, Terjemahan Herman Wibowo, Jakarta.

Arfan. D.A. (2014). Analisis Value for Money Dalam Pengukuran Kinerja Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta Periode Tahun 2011 – 2012, Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.

Asako. Dkk (2010). Dynastic Legislators: Theory and Evidence from Japan, Working Papers, Waseda University Organization for Japan-US Studies.

Halim. A. (2014). Politik Lokal: Pola, Aktor & Alur Dramatikalnya: Perspektif Teori Powercube, Modal dan Panggung, Lembaga Pengkajian Pembangunan Bangsa, Yogyakarta.

Hidayatullah, A. (2015). Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran, Pengendalian Akuntansi, Sistem Pelaporan Terhadap Akuntabilitas Kinerja SKPD Di Merauke, Unisbank, Semarang.

Irmawati, F. D. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan, Politik Dinasti, Dan Kinerja Pemerintah Daerah Terhadap Akuntabilitas Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah Di Indonesia Tahun 2012 – 2013, Jurnal Akuntansi dan Investasi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Kautsar, I. (2015). Pengaruh Dinasti Politik Terhadap Akuntabilitas Keuangan Pemerintah Daerah Dan Kinerja Pemerintah Daerah di Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Kurrohman, T. (2013). Evaluasi Penganggaran Berbasis Kinerja Melalui Kinerja Keuangan Yang Berbasis Value for Money Di Kabupaten/Kota Di Jawa Timur, Jurnal Dinamika Akuntansi, UNNES, Semarang.

Nuritomo, R. H. (2014). Politik Dinasti, Akuntabilitas, Dan Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Di Indonesia, Simposium XVII Lombok, Lombok.

Pemerintah Republik Indonesia Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pedoman Evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Pemerintah Republik Indonesia Peraturan Menteri Dalam negeri Nomor 73 tahun 2009 tentang Tata cara Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Pratolo, S. (2015). Audit Kinerja Manajemen, Konsep Dan Aplikasinya, LP3M, Yogyakarta.

Pratolo, S. (2016). Transparansi Dan Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintahan Daerah dalam Hubungannya dengan Perwujudan Keadilan Dan Kinerja Pemerintah Daerah: Sudut Pandang Aparatur dan Masyarakat Di Era Otonomi Daerah. Jurnal Akuntansi dan Investasi, UMY, Yogyakarta.

Pratolo, S., Jatmiko, B., & Anwar, M. (2016). Financial Statement Public Sectors Berbasis Web-Ict: Pola Pemetaan Laporan Keuangan Melalui Web-Ict Untuk Mewujudkan Transparansi Dan Akuntabilitas (Studi Kasus Skpd Kabupaten Bantul), Jurnal Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sijabat, H. (2016). Pengaruh Opini, Temuan Audit, Kemandirian Dan Ukuran Pemerintah Daerah Terhadap Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Provinsi Di Indonesia Tahun 2010-2014, Universitas Lampung, Lampung.

Sudarsana, H.S. (2013). Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah Dan Temuan Audit Bpk Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia), Skripsi. Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.18196/rab.020229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia