Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Perataan Laba Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2014-2018

Lestari Adhi Widyowati, Inta Hartaningtyas Rani

Abstract


Perusahaan manufaktur termasuk emiten terbesar dari seluruh perusahaan yang listing di BEI. Hal ini memberikan kesempatan bagi para pelaku pasar atau investor untuk berinvestasi pada industri ini. Tindakan perataan laba merupakan bentuk manipulasi laba yang mungkin dilakukan oleh manajer untuk mengurangi fluktuasi laba perusahaan, sehingga diharapkan kinerja perusahaan akan terlihat bagus dan investor akan lebih mudah memprediksi laba masa depan. Akuntansi adalah penyedia informasi berupa laporan keuangan kepada pihak internal dan ekternal perusahaan yang berguna sebagai sarana pengambilan keputusan, namun dengan adanya kemungkinan perataan laba akan mengakibatkan laporan keuangan tidak lagi mencerminkan keadaan perusahaan yang sebernarnya dan dapat menyesatkan investor dalam pengambilan keputusan sehingga pada akhirnya dapat mempengaruhi nilai perusahaan tersebut. Menjadi menarik untuk diteliti lebih dalam mengenai adanya hubungan antara karakteristik perusahaan dengan nilai perusahaan di mana perataan laba menjadi variabel penengah yang mempengaruhi hubungan tersebut.

Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis dengan jumlah observasi yang digunakan adalah 670 observasi. Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data adalah data sekunder yang bersumber dari laporan tahunan dan laporan keuangan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis jalur dengan alat bantu statistik Software SPSS versi 20.0

Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa ROA berpengaruh negatif terhadap perataan laba, DER berpengaruh negatif terhadap perataan laba, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap perataan laba, ROA berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, DER berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan.


Keywords


ROA, DER, Ukuran Perusahaan, Perataan Laba, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Albrecht, W. D. & Richardson, F. M. (1990). IncomeSmoothing by Economy Sector. Journal of Business Finance& Accounting, 17 (5), 713- 730.

Budiasih, I. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 4 (1).

Fatmawati & Djajanti, A. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Financial Leverage terhadap Praktik Perataan Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kelola, 2 (3)

Ghozali. (2006). Ekonometrika Teori dan Aplikasi SPSS 17, Semarang : Universitas Diponegoro.

Hanlianto, P. D. (2013). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Retail Yang Terdaftar di Bursa Efek Indinesia Periode 2007-2009, Skripsi, Universitas Esa Unggul, Jakarta

Hendrikson, E. S., & Van Brenda, M. F. (2000). Teori Akunting. Jilid Satu. Batam. Indonesia Fama, E.F. (1980). Agency problems and the theory of the firm. Journal of political economy 88 (2), 289-307

Salno, H. M. & Z. Baridwan. (2000). Analisis Perataan Penghasilan (Income Smoothing): Faktor- Faktor yang Mempengaruhi dan Kaitannya dengan Kinerja Saham Perusahaan Publik di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, 3(1), 17-34.

Suharli, M. (2006). Studi Empiris Terhadap Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Go Public di Indonesia. Jurnal Maksi, 6 (1), 23-41




DOI: https://doi.org/10.18196/rab.030245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia