Faktor–Faktor yang Memengaruhi Kinerja Auditor Internal Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Studi Empiris Pada Kantor Inspektorat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

Wahyu Hapsari, Erny Suryandari Fathmaningrum

Abstract


Latar Belakang: Pemerintah yang bersih dapat diciptakan dengan menerapkan aspek yang dapat mendukung kinerja pemerintah dan didukung dengan pihak-pihak yang menolak untuk berbuat kecurangan demi kepentingan pribadi, auditor pemerintah adalah salah satu aspek penting untuk menciptakan sistem pemerintah yang bersih karena banyaknya ketidakberesan, ketidakbenaran, serta ketidakteraturan dalam pengelolaan dan tanggung jawab aparat pemerintah terhadap keuangan daerah serta aset negara yang dikelola secara tidak layak dan dilaporakan secara tidak wajar pada laporan keuangan yang dapat merugikan negara.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Independensi, Komitmen Organisasi, Pemahaman Good Governance, Ketidakjelasan Peran, terhadap Kinerja Auditor Internal Pemerintah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan data primer yang bersifat kuantitatif yang berasal dari jawaban responden dalam bentuk kuesioner. Penelitian ini menggunakan sampel auditor yang bekerja pada Kantor Inspektorat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 22, dengan metode analisis data yaitu analisis regresi linear berganda.

Hasil Penelitian: Penelitian ini menggunakan data primer yang bersifat kuantitatif yang berasal dari jawaban responden dalam bentuk kuesioner. Penelitian ini menggunakan sampel auditor yang bekerja pada Kantor Inspektorat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 22, dengan metode analisis data yaitu analisis regresi linear berganda.

Keterbatasan Penelitian: Penelitian ini terbatas untuk Inspektorat wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, maka masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui Kinerja Auditor Internal Pemerintah Provinsi Daerah lainnya.

Keaslian/Novetly Penelitian: Penelitian kinerja auditor masih terus berkembang, khususnya untuk wilayah provinsi. Maka, penelitian ini memberikan diskusi baru untuk bidang audit untuk wilayah provinsi.


Keywords


Independensi, Komitmen Organisasi, Pemahaman Good Governance, Ketidakjelasan Peran, Kinerja Auditor.

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. (2009). Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, dan Kelebihan Peran Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor. Jurnal Akuntansi, 1(1), 40-69.

Alim, M. N. (2007). Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi. Makalah Simposium Nasional Akuntansi X Makassar, Makassar.

Christiawan, Y. J. (2002). Kompetensi dan Independensi Akuntan Publik: Refleksi Hasil Penelitian Empiris. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 4(2): 79-92.

Bamber, E. M., Doug Snowball, & Richard M. T. (1989). Audit Structure and Its Relation To Role Conflict And Role Ambiguity. The Accounting Review, LXIV (2).

Elizabeth, H. & Friska, F. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Auditor. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 15(1), 13 – 28.

Fanani, Z, Rheny A. H., & Subroto, B. (2008). Pengaruh Struktur Audit, Konflik Peran dan Ketidakjelasan Peran Terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 5(2), 143 – 170.

Fransiskus, W., & Subagyo. (2017). Pengaruh Konflik Peran, Komitmen Organisasi, dan Locus of Control Terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Online Insan Akuntan, 2(1), 1 – 16.

Marganingsih, A., & Martani, D. (2009). Analisis Variabel Anteseden Perilaku Auditor Internal Dan Konsekuensinya Terhadap Kinerja: Studi Empiris Pada Auditor di Lingkungann Aparat Pengawasan Intern Pemerintah – Lembaga Pemerintah Non Departemen. Makalah Simposium Nasional Akuntansi XII, Padang 2009.

Mulyadi. (2002). Auditing. Edisi Keenam. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Nazaruddin, I., & Basuki, A. T. (2015). Analisis Stastistik Dengan Spss. Yogyakarta: Danisa Media.

Ramadhan, S. (2011). Analisa Pengaruh Struktur Audit, Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, dan Pemahaman Good Governance Terhadap Kinerja Auditor pada KAP di Jakarta. Aktiva, 4(7), 1-26.

Robbins, S. P. (2002). Perilaku Organisasi, Alih bahasa, Hadyana Pujaatmaka, Jakarta: PT Prenhallindo.

Sapariyah, R. A. (2011). Pengaruh Good Governance dan Independensi Auditor Terhadap Kinerja Auditor dan Komitmen Organisasi (Survey pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta). Jurnal Ekonomi Bisnis dan Perbankan, 19(16).

Sujana, E. (2012). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Kesesuaian Peran dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Auditor Internal Inspektorat Pemerintah Kabupaten (Studi Pada Kantor Inspektorat Kabupaten Badung dan Buleleng). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika Jinah, 2(1).

Sukriah, I., Akram, & Inapty, B. A. (2009). Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektifitas, Integritas dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan. Makalah Simposium Nasional Aakuntansi XII Palembang.

Trisnaningsih, S. (2007). Independensi Auditor Dan Komitmen Organisasi Sebagai Mediasi Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Auditor. Makalah Simposium Nasional Akuntansi X Unhas Makassar: 1-56.

Wati, E., Lismawati, & Aprilia, N. (2010). Pengaruh Independensi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, dan Pemahaman Good Governance Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah (Studi pada Auditor Pemerintah di BPKP Perwakilan Bengkulu), Makalah Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.

Wibowo. (2009). Pengaruh Independensi Auditor, Komitmen Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Pemahaman Good Governance Terhadap Kinerja Auditor (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Widyananda, Herman. (2008). Revitalisasi Peran Internal Auditor Pemerintah Untuk Penegakan Good Governance di Indonesia. Publikasi, Seminar, makalah, dan Sambutan. Universitas Padjadjaran.

Zurnali, C. (2010). Learning Organization, Competency, Organizational Commitment, dan Customer Orientation: Knowledge Worker – Kerangka Riset Manajemen Sumberdaya Manusia di Masa Depan. Bandung: UNPAD Press.




DOI: https://doi.org/10.18196/rab.040150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia