Database Perlintasan Sebidang di JPL 349 dan JPL 350 Menggunakan Software CarryMap

Emil Adly, Wahyu Widodo, Anita Rahmawati, M. Ivan Mareza Pangestu

Abstract


 

Perlintasan sebidang merupakan jalur 0pertemuan antaraa jalan raya dan jalur kereta api. Pada umumnya banyak terdapat perlintasan sebidang yang tidak memenuhi kriteria teknis dalam menjamin keselamatan pengguna jalan dan kereta api. Permasalahan tersebut bisa menimbulkan kerawanaan terhadap kecelakaan, panjangnya antrian, serta tundaan-tundaan di sisi penguna infrastruktur jalan. Tujuan dan metode penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi kinerja ruas jalan berupa tundaan dan panjang antrian menggunakan software VISSIM, memberikan rekomendasi skenario terhadap perlintasan sebidang eksisting menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan membuat database yang bisa diakses menggunakan smartphone menggunakan CarryMap. Lokasi penelitian ini adalah pada  Jalan Timoho JPL 349 KM 163+758 dan Jalano Mojo JPL 350 KM 164+536. Setelah dilakukan analisis didapatkan hasil tundaan dan panjang antrian rata-rata terbesar terjadi pada Jalan Timoho. Pada JPL 350 mendapatkan rekomendasi ditutup setelah ada penanganan dan alternatif skenarionya yaitu melengkapi kelengkapan fasilitas infrastruktur perlintasan sebidang atau pengalihan arus lalu lintas ke Jalan Timoho, sedangkan JPL 349 mendapatkan rekomendasi ditutup setelah ada penanganan dan alternatif skenarionya yaitu melengkapi kelengkapan fasilitas infrastruktur perlintasan sebidang atau penaikan status menjadi perlintasan tidak sebidang. CarryMap berisi input data berupa seluruh database yaitu informasi status jalan, koordinat, foto eksising, fasilitas infrastruktur, volume lalulintas, tundaan, panjang antrian serta rekomendasi.


A level crossing is a meeting point between the highway and the railroad line. In general, many level crossings do not meet the technical criteria in ensuring the safety of road and railroad users. These problems can cause vulnerability to accidents, long queues, and delays on the side of road infrastructure users. The objectives and methods of this research are to analyze and evaluate the performance of roads in the form of delays and queues, provide scenario recommendations for existing level crossing using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method, and create a database that can be accessed using a smartphone using CarryMap. The location of this research was conducted on Jalan Timoho JPL 349 KM 163 + 758 and Jalan Mojo JPL 350 KM 164 + 536. After doing the analysis, it was found that the biggest average delay and queue length occurred at Jalan Timoho. JPL 350 received a recommendation to close after handling and alternative scenarios, namely completing the completeness of level crossing infrastructure facilities or diverting traffic flow to Jalan Timoho, while JPL 349 received a recommendation to close after handling and alternative scenarios, namely completing the completeness of level crossing infrastructure facilities or upgrading the status be a crossing not level. CarryMap contains input data in the form of the entire database, namely information on road status, coordinates, photo exposure, infrastructure facilities, traffic volume, delays, queue length, and recommendations.

 


Keywords


AHP, ArcGis, CarryMap, Level Crossing

Full Text:

PDF

References


Abadi, S., Huda, M., Basiron, B., Ihwani, S. S., Jasmi, K. A., Hehsan, A., . . . Mohamad, A. M. (2018). Implementation of fuzzy analytical hierarchy process on notebook selection. International Journal of Engineering and Technology, 7(2.27), 238-243.

Carter, D., dan Agtrisari, I. (2003). Desain dan Aplikasi SIG. Jakarta. PT Elex Komputindo.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (2018). Pedoman Teknis Pengendalian Lalu Lintas di Ruas Jalan Pada Lokasi Potensi Kecelakaan di Perlintasan Sebidang dengan Kereta Api No. SK.407/ AJ.401/ DRJD/ 2018. Jakarta.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat. (2005). Pedoman Teknis Perlintasan Sebidang antara Jalan dengan Jalur Kereta Api Nomor SK.770/ KA.401/ DRJD/ 2005. Jakarta.

Haleem, K., dan Gan, A. (2015). Contributing factors of crash injury severity at public highway-railroad grade crossings in the US. Journal of safety research, 53, 23-29.

Harseno, E., dan Tampubolon, V. I. R. (2007). Aplikasi Sistem Informasi Geografis dalam Pemetaan Batas Administrasi, Tanah, Geologi, Penggunaan Lahan, Lereng, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Daerah Aliran Sungai di Jawa Tengah Menggunakan Software ArcView GIS. Majalah Ilmiah UKRIM, 1, 63-80.

Ilhami, M. F., Nugraha, A. L., dan Firdaus, H. S. (2017). Visualisasi Peta Fasilitas Penunjang Wisata Religi Kabupaten Demak Menggunakan Aplikasi Carrymap (Studi Kasus Masjid Agung Demak dan Makam Kadilangu). Jurnal Geodesi Undip, 6(4), 219-225.

Ma, C., Hao, W., Xiang, W., dan Yan, W. (2018). The impact of aggressive driving behavior on driver-injury severity at highway-rail grade crossings accidents. Journal of Advanced Transportation, 2018.

Mahmudah, N., Setiawan, D. M., dan Ramanti, R. D. (2019). Pelaksanaan Inspeksi Keselamatan pada Perlintasan Sebidang JPL 349 KM 163+ 758, Jalan Timoho, Yogyakarta. Semesta Teknika, 22(2), 103-111.

Paleti, R., Eluru, N., dan Bhat, C. R. (2010). Examining the influence of aggressive driving behavior on driver injury severity in traffic crashes. Accident Analysis & Prevention, 42(6), 1839-1854.

Sekretariat Negara. (2011). Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 36 Tahun 2011 Tentang Perpotongan dan/atau Persinggungan Antar Jalur Kereta Api dengan Bangunan Lain. Jakarta.

Sharma, S., dan Pulugurtha, S. S. (2019). Modeling crash risk at rail-highway grade crossings by track class. Journal of transportation technologies, 9(03), 261.




DOI: https://doi.org/10.18196/st.v23i2.10029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Emil Adly, Wahyu Widodo, Anita Rahmawati, M. Ivan Mareza Pangestu

Editorial Office :

SEMESTA TEKNIKA

Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Jln. Brawijaya Tamantirto Kasihan Bantul 55183 Indonesia

Telp:(62)274-387656, Fax.:(62)274-387656

Email: semesta_teknika@umy.ac.id, semestateknika@umy.university

Website: http://http://journal.umy.ac.id/index.php/st

Creative Commons License

Semesta Teknika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.