Kajian Komputasi Pengaruh Penerapan Blowing pada Bagian Belakang Model Kendaraan

Rustan Tarakka, Nasaruddin Salam, Andi Amijoyo Mochtar, Muhammad Ihsan, Wawan Rauf

Abstract


Drag aerodinamika pada kendaraan disebabkan adanya tekanan rendah dan separasi aliran di bagian belakang, yang berdampak pada menurunnya kecepatan, meningkatnya penggunaan bahan bakar, dan turunnya efisiensi kendaraan. Blowing merupakan salah satu pilihan rekayasa kendali aktif aliran yang dapat diterapkan pada desain kendaraan yang dapat mengendalikan pembentukan separasi aliran dan berefek positif berupa pengurangan hambatan aerodinamis. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penerapan blowing terhadap pola aliran, distribusi tekanan, dan hambatan aerodinamika yang bekerja pada bagian belakang model. Dengan bantuan CFD Fluent 6.3, model uji yang digunakan adalah model kendaraan dengan sudut kemiringan geometri depan (α) 35o dan rasio terhadap model Ahmed bodi original adalah 0.17 (1:6), yang dilengkapi dengan blowing dengan kecepatan 1.0 m/s. Hasil komputasi mengindikasikan bahwa penerapan blowing dapat mengurangi pembentukan wake dan menunda separasi aliran dan dapat meningkatkan koefisien tekanan minimum pada bagian belakang model kendaraan sebesar 24.690%. Pengurangan hambatan aerodinamika diperoleh sebesar 9.583%.

Keywords


blowing; aerodynamic drag; computation

Full Text:

PDF

References


Fiedler, H. E., & Fernholz, H.-H. (1990). On management and control of turbulent shear flows. Progress in Aerospace Sciences, 27(4), 305–387. https://doi.org/10.1016/0376-0421(90)90002-2

Geropp, D., & Odenthal, H. J. (2000). Drag reduction of motor vehicles by active flow control using the Coanda effect. Experiments in Fluids, 28(1), 74–85. https://doi.org/10.1007/s003480050010

Gopal, P., & Senthilkumar, T. (2013). Influence of wake characteristics of a representative car model by delaying boundary layer separation. Journal of Applied Science and Engineering, 16(4), 363–374. https://doi.org/10.6180/jase.2013.16.4.04

Harinaldi, H., Budiarso, B., Tarakka, R., & Simanungkalit, S. P. (2013). Effect of active control by blowing to aerodynamic drag of bluff body van model. International Journal of Fluid Mechanics Research, 40(4), 312–323. https://doi.org/10.1615/InterJFluidMechRes.v40.i4.20

Hetawal, S., Gophane, M., Ajay, B. K., & Mukkamala, Y. (2014). Aerodynamic study of formula SAE car. Procedia Engineering, 97, 1198–1207. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2014.12.398

Jahanmiri, M., & Abbaspour, M. (2011). Experimental investigation of drag reduction on Ahmed car model using a combination of active flow control methods. International Journal of Engineering Transactions A: Basics, 24(4), 403–410. https://doi.org/10.5829/idosi.ije.2011.24.04a.09

Krajnović, S., & Fernandes, J. (2011). Numerical simulation of the flow around a simplified vehicle model with active flow control. International Journal of Heat and Fluid Flow, 32(1), 192–200. https://doi.org/10.1016/j.ijheatfluidflow.2010.06.007

Ragavan, T., Palanikumar, S., Anastraj, D., & Arulalagan, R. (2014). Aerodynamic drag reduction on race cars. Journal of Basic and Applied Engineering Research, 1(4), 99–103.

Rouméas, M., Gilliéron, P., & Kourta, A. (2008). Separated flows around the rear window of a simplified car geometry. Journal of Fluids Engineering, 130(2). https://doi.org/10.1115/1.2829566

Tarakka, R., Salam, N., Jalaluddin, J., & Ihsan, M. (2019). Effect of blowing flow control and front geometry towards the reduction of aerodynamic drag on vehicle models. FME Transactions, 47(3), 552–559. https://doi.org/10.5937/fmet1903552T




DOI: https://doi.org/10.18196/st.v25i1.13478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rustan Tarakka, Nasaruddin Salam, Andi Amijoyo Mochtar, Muhammad Ihsan, Wawan Rauf

Editorial Office :

SEMESTA TEKNIKA

Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Jln. Brawijaya Tamantirto Kasihan Bantul 55183 Indonesia

Telp:(62)274-387656, Fax.:(62)274-387656

Email: semesta_teknika@umy.ac.id, semestateknika@umy.university

Website: http://http://journal.umy.ac.id/index.php/st

Creative Commons License

Semesta Teknika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.