Analisis Emisi Gas Buang dari Mesin Diesel Modifikasi Dipengaruhi Daya Mesin dan Bahan Bakar Campuran Oli Bekas dan Dexlite

Aryo Sasmita, Yohanes Yohanes, Karina Yolanda

Abstract


Salah satu bahan bakar alternatif yang potensial adalah oli pelumas bekas. Pemanfaatan oli pelumas bekas dapat mengurangi limbah dari aktivitas perbengkelan. Pemanfaatan oli pelumas bekas telah dilakukan sebelumnya menggunakan mesin diesel modifikasi di Laboratorium Teknologi Produksi Universitas Riau, namun emisi gas buang masih melebihi baku mutu pada daya pembebanan 2.000 W. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis emisi gas buang dari mesin diesel modifikasi menggunakan variasi campuran oli pelumas bekas dan dexlite. Variasi tersebut adalah D10 (90% oli pelumas bekas dan 10% dexlite), D20 (80% oli pelumas bekas dan 20% dexlite), D30 (70% oli pelumas bekas dan 30% dexlite). Emisi gas buang diujikan pada variasi beban daya kondisi idle, 1.000, dan 2.000 Watt. Hasil penelitian menunjukkan campuran bahan bakar terbaik adalah D10, pada daya pembebanan 2.000 Wmenghasilkan emisi CO, HC, dan Opasitas masing-masing sebesar 1,94%, 0,43 ppm, dan 21,53% yang berada di bawah baku mutu. Pada campuran D20, nilai opasitas sudah melebihi baku mutu pada daya pembebanan 2.000 W, sementara campuran D30 nilai opasitas melebihi baku mutu pada daya pembebanan 1.000 W dan 2.000 W.

Keywords


Mesin diesel; Oli pelumas bekas; Dexlite; CO; HC; Opasitas

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, S. R. (2014). Rancang bangun diesel particular trap (DPT) untuk mereduksi opasitas, konsumsi bahan bakar, dan tingkat kebisingan mesin Isuzu C190. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(3), 19-28.

Badan Pusat Statistik. (2021). Pengguna kendaraan bermotor di Indonesia tahun 2015-2020. Badan Pusat Statistik. Jakarta Pusat. https://www.bps.go.id/indicator/17/57/2/perkembangan-jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-jenis.html

Dewan Energi Nasional. (2019). Outlook energi Indonesia 2019. Jakarta: Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional.

Haruna, H., Mulyadi, M., & Faizal, A. (2016). Inovasi pengendalian emisi gas buang melalui rekayasa bahan bakar diesel guna peningkatan kualitas hidup. In: Prosiding Kolakium Pendidikan Nusantara, 17 Nopember 2016, Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia.

Hasbi, M. (2019). Pemanfaatan minyak oli bekas sebagai bahan bakar alternatif. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Terapan Inovasi dan Rekayasa (SNT2IR) 2019. Universitas Halu Oleo.

Jazuli, M. S. (2021). Pemanfaatan oli pelumas bekas SAE 15w-40 dengan ekstrak belimbing wuluh. Jurnal Teknik Mesin, 16(3), 25-32.

Lutfiwijaya, B., Syarief, A., & Mujiarto, S. (2018). Pemanfaatan oli pelumas bekas hidroli pelumas yang dicampur dengan solar terhadap emisi gas buang pada mesin diesel. Scientific Journal of Mechanical Engineering Kinematika, 3(2), 63-72. https://doi.org/10.20527/sjmekinematika.v3i2.7

Mamualiya, A. & H. Lal. (2015). Effect on performance and emission characteristics of direct injection using biodiesel produced from Kranja oil. International Journal on Emerging Technologies, 5(2), 130-135.

Mara, I. M., Nuarsa, I. M., Alit, I. B., & Sayoga, I. M. A. (2019). Analisis emisi gas buang kendaraan berbahan bakar etanol. Dinamika Teknik Mesin, 9(1), 45-57. https://doi.org/10.29303/dtm. v0i0.258

Nair, J. N., Kaviti, A. K., & Daram, A. K. (2017). Analysis of performance and emission on compression ignition engine fuelled with blends of neem biodiesel. Egyptian Journal of Petroleum, 26, 927-931. https://doi.org/10.1016/j.ejpe.2016.09.005

Nofendri, Y. (2016). Efek penambahan oksigenat ke dalam bahan bakar diesel pada prestasi mesin. Jurnal Kajian Teknik Mesin 1(2), 94-103. https://doi.org/10.52447/jktm.v1i2.461

Pranaditya, D. A., Ghurri, A., & Septiadi, W. N. (2016). Analisa unjuk kerja bahan bakar hasil pengolahan oli pelumas bekas pada motor diesel. Jurnal Mettek: Jurnal Ilmiah Nasional Dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin, 2(1), 43-50.

Pratama, A., Basyirun, B., Atmojo, Y. W., Ramadhan, G. W., & Hidayat, A.R. (2020). Rancang bangun kompor (burner) berbahan bakar oli pelumas bekas. Jurnal Mekanika: Majalah Ilmiah Mekanika, 19(2), 95-103. https://doi.org/10.20961/mekanika.v19i2.42378

Rahmad, H., Sasongko, M. N., & Wijayanti, W. (2016). Pengaruh prosentase etanol terhadap torsi dan emisi motor indirect injection dengan memodifikasi engine controle module. Jurnal Rekayasa Mesin, 7(2), 49-54. https://doi.org/10.21776/ub.jrm.2016.007.02.2

Sasmita, A., Yohanes, Y., & Widyanto, A. R. (2021). Pengaruh waktu operasi dan daya mesin diesel Dongfeng R175 berbahan bakar oli pelumas bekas terhadap emisi CO, CO2, HC, dan Opasitas. Dinamika Teknik Mesin, 11(2), 124-131. https://doi.org/10.29303/dtm.v11i2.440

Spiess, S., Wong, K.-F., Richter, J.-M., & Klingmann, R. (2013). Investigations of emission control systems for gasoline direct injection engines with a focus on removal of particulate emissions. Top Catal 56, 434–439. https://doi.org/10.1007/s11244-013-992-6

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Surbakti, A. (2017). Analisis perbandingan kadar gas buang pada motor bensin sistem pengapian elektronik (CDI) dan pengapian. PISTON, 2(1), 24-29.

Tahfifah, A., Lestari, H. D., & Gunawan, S. (2016). Pra desain pabrik lube base oil dari oli pelumas bekas dengan proses ekstraksi solvent. Jurnal Teknik ITS, 5(2), 206-211. https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.16857

Van Harling, V. (2019). Pengaruh variasi campuran bahan bakar solar dan minyak kelapa sawit terhadap putaran motor diesel tipe Rino 115PS. Jurnal SOSCIED, 2(1), 26-34. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v2i1.167.

Wiranata, Y. D. & Ansori, A. (2017). Studi komparasi performa mesin berbahan bakar pertalite dengan campuran premium dan pertamax pada berbagai variasi pada sepeda motor New Honda Vario 110 F1. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(1), 183-190.

Yohanes, Y., & Fachrurrozi, F. (2018). Modification of engine diesel for the use waste lubricant oil as an alternative fuel. Proceeding of Ocean, Mechanical and Aerospace -Science and Engineering, 5(1), 23-27. Retrieved from https://isomase.org/Journals/index.php/pomase/ article/view/58

Yoon, S. K., Kim, M. S., Kim, H. J., & Choi, N. J. (2014). Effect of canola oil biodiesel fuel blends on combustion, performance, and emissions reduction in a common rail diesel engine. Energies 7, 8132-8149

Yulianto, P., & Muliawan, A. (2016). Pengaruh variasi putaran mesin terhadap daya pada engine Cummins KTTA 38 C. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 23-32. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.102

Zurina, H., Adam, A., Anes, G. M., Abdullah, Z., Fahmi, M., Kamal, M., & Hagos, F. Y. (2019). A comparative analysis on emission of some next generation long-chain alcohol/ diesel blends in a direct-injection diesel engine. AIP Conference Proceedings 2059, 020053. https://doi.org/10.1063/1.5085996




DOI: https://doi.org/10.18196/st.v25i2.13748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aryo Sasmita, Yohanes Yohanes, Karina Yolanda

Editorial Office :

SEMESTA TEKNIKA

Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Jln. Brawijaya Tamantirto Kasihan Bantul 55183 Indonesia

Telp:(62)274-387656, Fax.:(62)274-387656

Email: semesta_teknika@umy.ac.id, semestateknika@umy.university

Website: http://http://journal.umy.ac.id/index.php/st

Creative Commons License

Semesta Teknika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.