Kinerja Ruas Area Pasar Kembang Setelah Sistem Satu Arah di Kawasan Malioboro
DOI:
https://doi.org/10.18196/st.v25i2.14862Keywords:
Derajat kejenuhan, Kecepatan, Tingkat Pelayanan, PTV VISSIMAbstract
Kawasan Malioboro memiliki keramaian yang menimbulkan kemacetan pada Jalan Malioboro dan sekitarnya. Solusi mengatasi kemacetan adalah dengan menerapkan sistem satu arah untuk membatasi kendaraan menuju Jalan Malioboro. Salah satu ruas yang terkena dampak sistem satu arah pada Kawasan Malioboro adalah Jalan Pasar Kembang. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perbandingan kinerja ruas area Pasar Kembang sebelum dan sesudah penerapan sistem satu arah. Data primer diperoleh dari survei di lokasi penelitian dan data sekunder diperoleh volume lalu lintas Tahun 2019. Dari data tersebut dilakukan analisis MKJI 1997 dan pemodelan menggunakan software PTV VISSIM. Hasil menunjukkan perbandingan derajat kejenuhan pada ruas Jalan Pasar Kembang mengalami penurunan sebesar 56,06%, Jalan Malioboro turun sebesar 4,36%, Jalan Pajeksan turun 65,52%, sedangkan Jalan Gandekan naik 3,13%. Pada parameter kecepatan rerata didapatkan penurunan pada semua ruas yaitu Jalan Pasar Kembang turun 28,81%, Jalan Malioboro turun 30,02%, Jalan Pajeksan turun 12,56%, dan Jalan Gandakan mengalami penurunan 40,92%.References
Alibaggio, M., Ramadhanti, I., Ismiyati, I., & Setiadji, B. H. (2017). Analisis kinerja dan nilai manfaat diberlakukannya sistem satu arah (Studi kasus Simpang Lima Semarang). Jurnal Karya Teknik Sipil, 6(3), 148-160.
Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota di D.I. Yogyakarta (Jiwa), 2018-2020.
Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. (2019). Laporan Survei Updating Kinerja Lalu Lintas. Yogyakarta.
Dinas Perhubungan DIY. (2014). Laporan Akhir Perencanaan Penataan Transportasi Kawasan Malioboro. Yogyakarta.
Hicks, R. G., & Oglesby, C. H. (1982). Highway engineering, (4th ed). New York: John Wiley & Sons, Inc.
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan No. 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas.
Munawar, A. & Kamulyan, B. (2021). Analysis of the impact of traffic and pedestrianization environment in Malioboro. Journal of the Civil Engineering Forum, 7(2), 187-196. https://doi.org/10.22146/jcef.61444
PTV Planung Transport Verkehr AG. (2016). PTV VISSIM User Manual-version 9.0. Karlsruhe, Germany.
Rofida, I., & Romadhona P. J. (2018). Perbandingan Kinerja Ruas Jalan Sebelum dan Sesudah Penerapan Sistem Satu Arah di Jalan Prawirokuat. Tugas Akhir. Program Studi Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Romadhona, P. J. (2018). Solusi Jalan Satu Arah di Kota Yogyakarta. TEKNIK, 39(1), 25-31. https://doi.org/10.14710/teknik.v39i1.13654
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semesta Teknika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).