Analisis Perencanaan Ulang Alinyemen Horizontal dan Pelebaran Perkerasan Tikungan di Ruas Jalan Nasional Gumitir (STA 231+000 - STA 235+100)

Nugroho Utomo, Aulia Dewi Fatikasari

Abstract


Kematian dan kerusakan akibat kecelakaan jalan raya di tikungan lebih banyak dibandingkan jalan lurus. Tikungan tajam merupakan lokasi yang sangat rawan terjadi kecelakaan. Salah satu Jalan Nasional yang sering terjadi kecelakaan di bagian tikungan yaitu Jalan Raya Gumitir dengan tipe jalan 2/2 UD dengan lebar 6 meter. Menurut data kecelakaan lalu lintas pada tahun 2017-2020 terjadi 30 kejadian kecelakaan. Maka perlu adanya perencanaan ulang yang merujuk pada aspek keselamatan pengguna jalan pada bagian alinyemen Horizontal dan area tikungan yang membutuhkan pelebaran. Data yang dibutuhkan yaitu data geometri jalan eksisting dan peta topografi lalu dianalisis untuk perhitungan alinyemen Horizontal dan pelebaran jalan berdasarkan Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota Nomor 38/T/BM1997. Hasil analisis yaitu alinyemen horizontal sebanyak 23 tikungan dengan rincian 11 tikungan Spiral–Spiral(SS), 6 tikungan Full Circle(FC) dan 6 tikungan Spiral–Circle–Spiral(SCS) dan rata-rata pada setiap tikungan membutuhkan pelebaran sekitar 10 meter. 


Keywords


Alinyemen horizontal; geometri jalan; pelebaran jalan; tikungan

Full Text:

PDF

References


Bethary, R. T., & Pradana, M. F. (2016). Perencanaan geometrik jalan alternatif palima-curug ((studi kasus : kota serang). Fondasi : Jurnal Teknik Sipil, 5(2). https://doi.org/10.36055/jft.v5i2.1253

Chasanah, K., Purwanto, M. Y. J., & Sudibyo, T. (2018). Evaluation of vertical and horizontal alignment, case study: In front of library building of bogor agricultural university dramaga campus. JSIL Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 03(02), 59–68.

Fatikasari, A. D. (2021). Analisa tingkat kerusakan jalan menggunakan metode pci untuk mengevaluasi kondisi jalan di raya cangkring, kecamatan krembung, kabupaten sidoarjo. 6(2).

Fatikasari, A. D., Puspitasari, N. D., & Wardhani, C. (2021). Analisis tebal konstruksi perkerasan jalan untuk menangani kerusakan jalan dengan metode aashto (Studi kasus : Jalan raya cangkring, kabupaten sidoarjo). Prosiding Fintek I, 28–37. www.intakindojatim.org/prosidingfintek%0AISSN

Fitriana, R. (2014). Studi komparasi perencanaan tebal perkerasan kaku jalan tol menggunakan metode bina marga 2002 dan aashto 1993 ( studi kasus : ruas jalan tol solo – kertosono ). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kementrian PUPR dan BPSDM. (2017). Dasar-dasar perencanaan geometrik ruas jalan. 7.

Manggala, R., J., J. A., Purwanto, D., & Indriastuti, A. K. (2016). Studi kasus faktor penyebab kecelakaan lalu lintas pada tikungan tajam. Jurnal Karya Teknik Sipil, 4(4), 462–470. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkts/article/view/10575

Nurhariadi, F. T., Hidayat, M. F., Indriastuti, A. K., & Purwanto, D. (2018). Karakteristik kecelakaan lalu lintas di jalan pantura jawa tengah. Jurnal Karya Teknik Sipil, 7(1), 131–141.

Prahara, E. (2011). Perencanaan geometri jalan berdasarkan metode bina marga menggunakan program visual basic. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 2(1), 325. https://doi.org/10.21512/comtech.v2i1.2759

Qomaruddin, M., & Saputro, Y. A. (2016). Analisa alinyemen horizontal pada tikungan depan gardu pln ngabul di kabupaten jepara. Jurnal DISPROTEK Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, 7(2), 36–42.

Subkhan, M. F. (2019). Evaluasi dan perencanaan ulang desain geometrik jalan berdasarkan standart bina marga pada ruas jalan dadaprejo kota batu. PROKONS Jurusan Teknik Sipil, 12(2), 79. https://doi.org/10.33795/prokons.v12i2.158

Sumarsono, A., Pramesti, F. P., & Sarwono, D. (2010). Model Kecelakaan Lalulintas Di Tikungan Karena Pengaruh Konsistensi Alinyemen Horizontal dalam Desain Geometrik Jalan Raya. Media Teknik Sipil, X(Juli), 85–92.

Zohri, S., Sutrisno, W., & Priyanto, A. (2019). Analisis tebal perkerasan kaku pada jalan tol pasuruan–probolinggo berdasarkan metode bina marga (manual desain perkerasan 2017) dan aashto (1993). RENOVASI: Rekayasa Dan Inovasi Teknik Sipil, 4(1), 33–41.




DOI: https://doi.org/10.18196/st.v26i1.18033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nugroho Utomo, Aulia Dewi Fatikasari

Editorial Office :

SEMESTA TEKNIKA

Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Jln. Brawijaya Tamantirto Kasihan Bantul 55183 Indonesia

Telp:(62)274-387656, Fax.:(62)274-387656

Email: semesta_teknika@umy.ac.id, semestateknika@umy.university

Website: http://http://journal.umy.ac.id/index.php/st

Creative Commons License

Semesta Teknika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.