Strategi Media Relations PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk untuk Meningkatkan Citra Perusahaan (Studi Deskriptif Kualitatif pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Divisi Regional IV Wilayah Jateng & DIY)

farida siti sholikhah

Abstract


PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Divisi Regional IV Wilayah Jawa Tengan dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu unit bisnis perusahaan Telkom Regional yang berada di Semarang. Memiliki bagian Sekertariat dan Divisi Public Relations (PR) dipimpin oleh seorang manajer. Tugas menyalurkan informasi perusahaan melalui publikasi dalam wilayah scope Regional IV serta menciptakan citra positif tentang perusahaan kepada publik. Tahun 2016 Telkom meraih penghargaan Corporate Image Award sebagai perusahaan telekomunikasi dengan reputasi terbaik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi media relations Telkom Regional IV dalam meningkatkan citra perusahaan. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sample dalam penelitian ini adalah dua informan dari Telkom Regional dan satu dari wartawan dengan tehnik snawball sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara semi tersetuktur untuk mendapatkan informasi sesuai situasi yang terjadi dan dokumentasi dari arsip kliping Telkom. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi media relations yang dilakukan oleh public relations Telkom Regional IV adalah memberikan informasi, membangun hubungan informal dengan wartawan, public relations juga memelihara komunikasi bersama wartawan dengan media, dan memberikan fasilitas serta melakukan pertemuan dengan media. Kegiatan media relations yang melibatkan press adalah press release, radio and newspaper interviuw, radio talk show, media event, press conference, press call, facilitiy press, metting with editor, elektronic communications, press getering, resepsi pers. Dampak dari media relations yang dilakukan sekitar 90% tulisan public relations termuat dimedia massa dan mampu meningkatkan citra positif perusahaan untuk menghadapi persaingan kompetitor dan menghadapi keingginan pelanggan yang dinamis.

kata kunci: Strategi Media Relations, Media Relations Event, Media Relations Tulis, Citra Positif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Komunikator



 Komunikator Indexed by:

      


Komunikator Supported by:

   


Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 

Jl. Lingkar Selatan Yogyakarta 55183 Po Box 1063, telp. (0274) 387656 pesawat 175, fax: (0274) 387646, email: jurnal.komunikator@gmail.com komunikator@umy.ac.id, website: journal.umy.ac.id


Komunikator Incorporates with:


Lisensi Creative Commons 

Komunikator is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.