ETIKA KOMUNIKASI PEGAWAI TERHADAP PELAYANAN PENERBITAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KECAMATAN LUWUK KABUPATEN BANGGAI

falimu imu

Abstract


Etika komunikasi menjadi hal terpenting dalam menjalin hubungan yang baik antar pribadi, organisasi maupun hubungan terhadap pelayanan di instansi pemerintahan, hubungan baik akan tercipta dengan sendirinya apabila adanya etika komunikasi. Etika komunikasi menjadi sangat penting dalam konteks menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Etika Komunikasi Pegawai terhadap Pelayanan Penerbitan Pajak Bumi dan Bangunan. Sedangkan kegunaan penelitian yaitu memberikan informasi ilmiah kepada pegawai dan instansi pemerintah etika komunikasi Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juni 2015 dengan lokasi penelitian di Kecamatan Luwuk , Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan datanya dilakukan secara kuntitatif dan kualitatif, Dengan pengumpulan data untuk uji coba instrumen dan dua pengumpulan data dalam rangka penelitian yang sebenarnya. Untuk memperoleh data mengenai etika komunikasi pegawai yang  akan  dikumpulkan,  diolah  dan  dianalisis,  maka  peneliti menggunakan beberapa metode pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Kuesioner dan Dokumentasi. Berdasarkan  hasil sebaran angket dari penelitian  Etika Komunikasi Pegawai Dinas Pendapatan Terhadap Pelayanan Penerbitan Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai  dilihat  dari  capai  persentase  dengan  memiliki nilai yang tinggi dilihat dari  2  (dua) aspek, dengan kesimpulan sebagai berikut : Etika komunikasi pegawai menunjukan pada kriteria tinggi. dan Pelayanan penerbitan pajak bumi dan bangunan menunjukan pada kriteria tinggi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikator disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.