Pengaruh Profitabilitas, Resiko Keuangan, Nilai Perusahaan, Struktur Kepemilikan dan Dividend Payout Ratio terhadap Perataan Laba

Dika Fajar Pratama

Abstract


This research aims to test empirically the effect of profitability, financial risk, firm value, ownership structure and dividend payout ratio to income smoothing. The sample in this research are 33 manufacture companies that have been listed on the Indonesia Stock Exchange in period of 2006 to 2009. Sample was obtained by purposive sampling method. Analysis tool uses regression analysis with logistic regression method.  The results of analysis indicate that profitability, financial risk, firm value, public ownership and dividend payout ratio do not influence income smoothing in manufacture companies except managerial ownership.


Keywords


Income Smoothing; Profitability; Financial Risk; Firm Value; Ownership Structure; Dividend Payout Ratio

Full Text:

Download Article

References


Aji, D. Y., dan A. F. Mita. 2010. “Pengaruh Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan dan Struktur Kepemilikan Terhadap Praktek Perataan Laba: Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI”, Makalah Simposium Nasional Akuntansi, XIII, Purwokerto.

Assih, P., dan M. Gudono. 2000. “Hubungan Tindakan Perataan Laba dengan Reaksi Pasar atas Pengumuman Informasi Laba Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta”, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, 3 (1).

Budiasih, I. 2009. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba”, Jurnal Akuntansi Bisnis, 4 (1)

Dewi, D. O. 2010. “Pengaruh Jenis Usaha, Ukuran Perusahaan Dan Financial Leverage Terhadap Tindakan Perataan Laba Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Empiris Di Bursa Efek Indonesia)”, Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Ghozali IV. 2006. Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadiwidjaja, R. D. 2007. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia”, Thesis S2, Sekolah Pascasarjana, Universitas Sumatera Utara.

Hasanah, N. 2007. “Pengaruh Perataan Laba Terhadap Reaksi Pasar Atas Pengumuman Informasi Laba (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar LQ 45)”, Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Herni., dan Y. K. Susanto. 2008. “Pengaruh Struktur Kepemilikan Publik, Praktik Pengelolaan Perusahaan, Jenis Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Risiko Keuangan Terhadap Tindakan Perataan Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Listing Di BEJ)”, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 23 (3).

Jayanti, D. R. 2010. “Pengaruh Kebijakan Hutang Serta Faktor-Faktor Pendukungnya Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik Di Bursa Efek Indonesia”, Skripsi UPN ‘Veteran’, Jawa Timur.

Jin, L. S., dan M. Machfoedz. 1998. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Praktik Perataan laba Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta”, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, 1 (2).

Juniarti., Corolina. 2005. “Analisa Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perataan Laba (Income Smoothing) Pada Perusahaan-Perusahaan Go Public”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7 (2).

Kustono, A. S. 2009. Pengaruh Ukuran, Devidend Payout, Risiko Spesifik, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Praktik Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Studi Empiris Bursa Efek Jakarta 2002–2006, Jurnal Ekonomi Bisnis, Tahun 14, 3.

Mawarti, Y. 2007. “Pengaruh Income Smoothing (Perataan Laba) Terhadap Earning Respone (Reaksi Pasar) Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta (BEJ)”, Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Mursalim. 2005. “Persepsi Dimensi Income Smoothing Terhadap Motivasi Investor Dalam Berinvestasi Di Bursa Efek Jakarta Studi Pada Investor Di Jawa Tengah Dan D.I.Yogyakarta”, Makalah Simposium Nasional Akuntansi VIII, Solo.

Salno, H. M., dan Z. Baridwan. 2000. “Analisis Perataan Penghasilan (Income Smoothing): Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dan Kaitannya Dengan Kinerja Saham Perusahaan Publik Di Indonesia”, Jurnal Riset Akuntansi, 3 (1), 17-34.

Siallagan, H., dan M. Machfoedz. 2006. “Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba Dan Nilai Perusahaan”, Makalah Simposium Nasional Akuntansi, IX, Padang.

Suranta, E. dan P. P. Merdistuti. 2004. “Income Smoothing, Tobin’s Q, Agency Problems dan Kinerja Perusahaan”, Makalah Simposium Nasional Akuntansi, VII, Denpasar, Bali.

Susanti, R. 2010. “Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan”, Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro Semarang.

Sutedjo, H. W. 2010. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2005-2007”, Skripsi, Stikubank Semarang.

Suwito, E., dan A. Herawaty. 2005. “Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Tindakan Perataan Laba Yang Dilakukan Oleh Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta”, Makalah Simposium Nasional Akuntansi, VIII, Solo.

Syahriana, N. 2006. “Analisis Perataan Laba Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta (2000–2004)”, Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Tarjo., dan I. A. Sulistyowati. 2005. “Pengaruh Leverage Dan Kepemilikan Saham Terhadap Earning Management Pada Perusahaan Go Public Di Bursa Efek Jakarta”, Makalah Simposium Nasional Mahasiswa dan Alumni Pascasarjana Ilmu-Ilmu Ekonomi, Yogyakarata.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:
Ruang Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY
Gedung Ki Bagus Hadikusuma (E4) Lantai 2, Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
Jalan Brawijaya (Lingkar Selatan), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55183
Website: journal.umy.ac.id/index.php/ai - E-mail: jai@umy.ac.id

Journal of Accounting and Investment is licensed under Creative Commons Attribution Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License

View My Stats