Decission Support System (DSS) dalam Auditing Untuk Apa Digunakan

Priyono Puji Prasetyo

Abstract


Komputer semakin sering digunakan pada kantor akuntan. Tidak hanya digunakan untuk menggantikan kegiatan yang bersifat manual, tetapi juga sebagai alat bantu bagi akuntan dalam pengambilan keputusan. Keputusan yang dibuat dengan dukungan (decision support) sistem komputer ini diharapkan tidak hanya akan lebih efisien, tetapi juga lebih efektif dalam mencapai tujuan. Konsekuensi-nya, bantuan semacam itu memperoleh dukungan yang luas untuk digunakan dalam auditing dan bidang pekerjaan lainnya. Apa yang menyebabkan Decision Support System (DSS) digunakan adalah kemampuannya membantu akuntan dalam proses pembuatan keputusan audit. Alat ini perlu dipergunakan oleh akuntan karena profesi akuntansi berhadapan dengan pasar yang semakin besar, saingan yang lebih ketat serta tekanan hukum, sehingga auditor independen dituntut untuk mengembangkan kualitas pelayanan audit dengan harga yang lebih kompetitif.

Tulisan ini bertujuan untuk membahas penggunaan Decision Support System (DSS) dalam auditing. Pembahasan akan dimulai dengan sejarah perkembangan komputer yang kemudian disusul dengan uraian tentang decision support system (DSS). Uraian yang agak luas mengenai penggunaan DSS dalam auditing diberikan pada seksi berikutnya. Berdasarkan uraian mengenai DSS tersebut akan diberikan kesimpulan untuk mengakhiri tulisan ini.


Keywords


decission support system; internal control model; judgment scheduling system

Full Text:

Download Article

References


Abdol Mohammadi, Muhammad, J. 1987. Decision Support and Expert System in Auditing, Accounting and Business Research, Spring.

Balachandran, Bala V, Zoltners. 1981. An interactive Audit Staf Sceduling Support System, Accounting Review.

Bailey, A.D., Duke G.L., Gerlach, Meservy and Winston. 1985. ICOM and the Analysisof the Internal Control, The Accounting Review.

Garsombke, H, Perrin, Larry M Parker. 1987. Decision Support System and Expert System: Auditing in The Informasi Age, Journal of Accounting and EDP, Winter.

Hogue, Jack T, A Guide to DSS. 1987. Journal of Accounting and EDP, Summer.

Kusuma H. 1996. Decision Support System in Auditing: Current and Potential Applications, Jurnal Siasat Bisnis.

Kelly, Christoper B. 1985. The Microcomputer in The Auditing Environment, Desember.

Mock T., Vertinsky. 1984. Synposium on DSS for Auditing, DSS-RAADesign Higlight.

Tran, Hein Van. 1989. Control and Audit Issues for Decision Support System Design, Journal of Accounting and EDP.

Wilkinson, Joseph W.,Cerullo, Michel J. 1997. Accounting Informasi Systems: Decision Suport System and Expert System, Third Edition, P. 714-750.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:
Ruang Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY
Gedung Ki Bagus Hadikusuma (E4) Lantai 2, Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
Jalan Brawijaya (Lingkar Selatan), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55183
Website: journal.umy.ac.id/index.php/ai - E-mail: jai@umy.ac.id

Journal of Accounting and Investment is licensed underĀ Creative Commons Attribution Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License

View My Stats