Pemenuhan Hak Asasi Manusia dalam Dinamika Perubahan Kebijakan Pendidikan Anak dan Teknologi Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlin. (2019). Analisis Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Imajinasi, 3(2), 30–35. https://doi.org/10.26858/i.v3i2.12961
Arinanto, S. (2018). Hak Asasi Manusia dalam Transisi Politik di Indonesia. Jakarta: Pusat Studi Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Indonesia.
Azzahra, N. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta, Indonesia. https://doi.org/10.35497/309163
Bardan, A. B. (2020). Sektor pendidikan jadi yang terakhir dibuka usai pandemi virus corona. Dikutip dari https://nasional.kontan.co.id/news/sektor-pendidikan-jadi-yang-terakhir-dibuka-usai-pandemi-virus-corona pada 19 Februari 2021
Bhabha, J., Giles, W., & Mahomed, F. (Eds.). (2020). A Better Future: The Role of Education for Displaced and Marginalized People. Cambridge: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781108655101
CNN Indonesia. (2020). Nadiem: 88 Persen Daerah 3T di Zona Hijau dan Kuning. Dikutip dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200808193945-20-533636/nadiem-88-persen-daerah-3t-di-zona-hijau-dan-kuning pada 20 Maret 2020
Friedman, L. M. (2001). Hukum Amerika: Sebuah Pengantar, Terjemahan dari American Law An Introduction, 2nd Edition. Alih Bahasa: Wisnu Basuki. Jakarta: Tatanusa.
Hariandi, A., Puspita, V., Apriliani, A., Ernawati, P., & Nurhasanah, S. (2020). Implementasi Nilai Kejujuran Akademik Peserta Didik di Lingkungan Sekolah Dasar. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(1), 52–66. https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.143
Huijbers, T. (2017). Filsafat Hukum Dalam Lintasan Sejarah. Yogyakarta: Kanisius.
Kementerian Agama Republik Indonesia Kanwil DIY. (2020). Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Dikutip dari https://diy.kemenag.go.id/10277-mencerdaskan-kehidupan-bangsa.html pada 6 Februari 2021
Khosla, P. K., Mittal, M., Sharma, D., & Goyal, L. M. (Eds.). (2021). Predictive and Preventive Measures for Covid-19 Pandemic. Singapore: Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-33-4236-1
Kusuma, P. (2020). Hari Pendidikan Internasional, Indonesia Masih Perlu Tingkatkan Kualitas Pendidikan. Dikutip dari https://www.dw.com/id/hari-pendidikan-internasional-indonesia-masih-perlu-tingkatkan-kualitas-pendidikan/a-52133534 pada 20 Februari 2021
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Muhasim. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46
Nursyaidah. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar peserta didik. Forum Paedagogik, Edisi Khus(Juli-Desember 2014).
Pengelola Web Pusdatin Kemendikbud. (2020, April 11). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Dikutip dari https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/
Pradnyana, P. B. (2020). Pendidikan Karakter Penting di Era Pandemi Covid-19 (Penguatan Pendidikan Karakter Mempersiapkan Mahasiswa Tutor Sebaya di Lingkungan Keluarga dan Skaa Taruna) (I. W. Ardika, Ed.). Jembrana: Surya Dewata.
Prasetyo, T. (2020). Hukum & Teori hukum Perspektif Teori Keadilan Bermartabat. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Puspitasari, D. E. (2020). Hak Anak untuk Mendapatkan Pendidikan Selama Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Hak Asasi Manusia, Kebudayaan, Dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19: Tantangan Untuk Keilmuan Hukum Dan Sosial Universitas Pancasila. Jakarta: Universitas Pancasila.
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sardiyanah. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Belajar. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 10(2).
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(02), 112–122.
Soekanto, S., & Mamudji, S. (2015). Penelitian Hukum Normatif (17th ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Szpunar, K. K., Moulton, S. T., & Schacter, D. L. (2013). Mind Wandering and Education: From the Classroom to Online Learning. Frontiers in Psychology, 4(1–7). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00495
Triwijaya, A. F., Fajrin, Y. A., & Wibowo, A. P. (2020). Quo Vadis: Pancasila Sebagai Jiwa Hukum Indonesia. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 115–129. https://doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.41083
Yuliani, A. (2017). Daya Ikat Pengundangan Peraturan Perundang-Undangan. Jurnal Legislasi Indonesia, 14(4), 429–438.
Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia.
DOI: https://doi.org/10.18196/jphk.v3i1.12427
Refbacks
Editorial Office:
Master of Law, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Second Floor of Postgraduate Building
Jl. Brawijaya, Tamantiro, Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta, Indonesia 55183
Phone: 08224531887
Fax: (0274) 387646
Email: jphk@umy.ac.id