Efektivitas Pembelajaran Al Tarjamah Al Fauriyah dalam Meningkatkan Maharah Al Qira’ah Mahasiswa Semester 6 Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Tahun Ajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.10125Keywords:
Efektivitas, pembelajaran Al-Tarjamah Al-Fauriyah, Maharah Al-Qira’ahAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya hasil observasi dan wawancara dari mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah Al-Tarjamah Al-Fauriyah, bahwa pembelajaran ini sangatlah dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan Maharah Al-Qira’ah beserta banyak menambah wawasan dalam segi mufradat dan gramatika Qira’ah bagi mahasiswa. Adanya proses pembelajaran ini dapat meningkatkan kemauan dan dorongan untuk bisa menguasai bacaan maupun teks berbahasa Arab yang disediakan oleh dosen pengampu. Karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut dengan tujuan penelitian mengetahui bagaimana proses pembelajaran Al-Tarjamah Al-Fauriyah serta keefektivitasan pembelajaran Al-Tarjamah Al-Fauriyah dengan adanya peningkatan Maharah Al-Qira’ah mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan uji Paired-Samples Test melalui software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menerima materi. Perbedaan ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pre-test sebesar 76,52 sedangkan hasil nilai rata-rata post-test sebesar 83,81. Hasil nilai rata-rata terakhir sebesar 83,81 yang menyatakan bahwa pembelajaran ini berjalan sangat efektif, hasil N gain sebesar 0,9 yang menyatakan efektif, karena N gain > 0,7, dan diperkuat dengan tanggapan beberapa mahasiswa berjalan secara efektif. Sedangkan hasil Uji “t” nilai pre-test dan post-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 kurang dari 0,05 yang artinya bahwa Ha diterima. Dapat ditarik kesimpulan dari hasil analisis semua data, menunjukkan bahwa mata kuliah pilihan Al-Tarjamah Al-Fauriyah bukan mata kuliah pilihan semata, tetapi mata kuliah ini layak untuk ditempuh bagi mahasiswa semester 6 karena berjalan dengan cukup efektif dan dapat meningkatkan Maharah Al-Qira’ah mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga.References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Burdah, Ibnu. 2004. Menjadi Penerjemah Metode dan Wawasan Menerjemahkan Teks Arab. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Darmadi, Hamadi. 2013. Dimensi – Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial : Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Fahmi Huda, Nisa. 2019. “Wawancara Pribadi,” 22 JANUARI 2019.
Faqih, Abdul. 2013. “Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terarah dalam Upaya Meningkatkan Maharah Qira’ah bagi Siswa Kelas VIII B MTSN Sumbergiri Ponjong Gunungkidul Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014, Skripsi Pendidikan Bahasa Arab.” Yogyakarta: Perpustakaan Pps. UIN Sunan Kalijaga.
Fauziyah, Rihanatul. 2019. “Wawancara Pribadi,” 29 Januari 2019.
Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bani Aksara.
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Rosdakarya.
Hijriyah, Umi. 2012. “Metode dan Penilaian Terjemahan.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 4 (1).
Machali, Imam. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka An Nur Iiq.
Maria, Asla. 2013. “Implementasi Metode Gramatika Tarjamah dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah Siswi Kelas Ula Madrasah Aliyah Putri Wahid Hasyim Yogyakarta.” Yogyakarta: Perpustakaan Pps. UIN Sunan Kalijaga.
Munip, Abdul. 2008. Strategi dan Kiat Menerjemahkan Teks Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Sukses Offset.
Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Malang.
Ni’mah Suseno, Miftahun. 2012. Statistika: Teori dan Aplikasi untuk Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta: Ash-Shaff.
Oktaviani, Putri. 2019. “Wawancara Pribadi,” 28 Januari 2019.
Purwanto, Ngalim. 1994. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rosyidi, Wahid, dan Mamlu’atul Nikmah. 2012. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran. Malang: UIN Malang Press.
Hake, R.R. 2019. “Analizing Change/Gain Score.” http//www.phisics.indiana.edu/~sdi/Analyzingchange-Gain.Pdf.
Salman, Abdullah, dan Khansan Aedi. 2019. “Pengaruh Metode Qawaid dan Tarjamah Terhadap Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Ma Nurul Huda Munjul Cirebon.” http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtikar/article/download/4440/pdf_1.
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ulfah, Nabilah. 2019. “Wawancara Pribadi,” 28 Januari 2019.
Umardi, Mulyanto. 1974. Pengembangan Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi. Jakarta: Bulan Bintang.
Wassid, Iskandar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.
———. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
———. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy.
1. License
The use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by the stated author(s), has not been published before elsewhere. It contains no unlawful statements, their co-authors authorize them to enter into these arrangements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User/Public Rights
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab has a spirit to disseminate the published articles as free as possible. Under the Creative Commons license, the journal permits users to copy, distribute, display, remix, transform, and build upon the material for any purpose. Users will also need to attribute authors and Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab to distributing works in the journal and other media of publications. Unless otherwise stated, the authors are public entities as soon as their articles got published.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
4. Rights of Authors
Authors retain their rights to the published works, in these following rights;
Authors hold the copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
Authors hold the right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
Authors hold the right to reproduce the article for its own purposes,
Authors posess the right to self-archive the article or upload it on the author's social media account or website with the link to the journal.
5. Co-Authorship
If more than one author jointly prepared the article, any author submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab will only communicate with the corresponding author.
6. Miscellaneous
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is completed. The journal editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing, and usage that seems appropriate. The author acknowledges that the article may be published to be publicly accessible, and such access will be free of charge for the readers.