Efektivitas Pembelajaran Al Tarjamah Al Fauriyah dalam Meningkatkan Maharah Al Qira’ah Mahasiswa Semester 6 Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Tahun Ajaran 2018/2019

Salimatul Fuadah

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah adanya hasil observasi dan wawancara dari mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah Al-Tarjamah Al-Fauriyah, bahwa pembelajaran ini sangatlah dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan Maharah Al-Qira’ah beserta banyak menambah wawasan dalam segi mufradat dan gramatika Qira’ah bagi mahasiswa. Adanya proses pembelajaran ini dapat meningkatkan kemauan dan dorongan untuk bisa menguasai bacaan maupun teks berbahasa Arab yang disediakan oleh dosen pengampu. Karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut dengan tujuan penelitian mengetahui bagaimana proses pembelajaran Al-Tarjamah Al-Fauriyah serta keefektivitasan pembelajaran Al-Tarjamah Al-Fauriyah dengan adanya peningkatan Maharah Al-Qira’ah mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan uji Paired-Samples Test melalui software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menerima materi. Perbedaan ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pre-test sebesar 76,52 sedangkan hasil nilai rata-rata post-test sebesar 83,81. Hasil nilai rata-rata terakhir sebesar 83,81 yang menyatakan bahwa pembelajaran ini berjalan sangat efektif, hasil N gain sebesar 0,9 yang menyatakan efektif, karena N gain > 0,7, dan diperkuat dengan tanggapan beberapa mahasiswa berjalan secara efektif. Sedangkan hasil Uji “t” nilai pre-test dan post-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 kurang dari 0,05 yang artinya bahwa Ha diterima. Dapat ditarik kesimpulan dari hasil analisis semua data, menunjukkan bahwa mata kuliah pilihan Al-Tarjamah Al-Fauriyah bukan mata kuliah pilihan semata, tetapi mata kuliah ini layak untuk ditempuh bagi mahasiswa semester 6 karena berjalan dengan cukup efektif dan dapat meningkatkan Maharah Al-Qira’ah mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga.

Keywords


Efektivitas; pembelajaran Al-Tarjamah Al-Fauriyah; Maharah Al-Qira’ah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Burdah, Ibnu. 2004. Menjadi Penerjemah Metode dan Wawasan Menerjemahkan Teks Arab. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Darmadi, Hamadi. 2013. Dimensi – Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial : Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Fahmi Huda, Nisa. 2019. “Wawancara Pribadi,” 22 JANUARI 2019.

Faqih, Abdul. 2013. “Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terarah dalam Upaya Meningkatkan Maharah Qira’ah bagi Siswa Kelas VIII B MTSN Sumbergiri Ponjong Gunungkidul Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014, Skripsi Pendidikan Bahasa Arab.” Yogyakarta: Perpustakaan Pps. UIN Sunan Kalijaga.

Fauziyah, Rihanatul. 2019. “Wawancara Pribadi,” 29 Januari 2019.

Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bani Aksara.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Rosdakarya.

Hijriyah, Umi. 2012. “Metode dan Penilaian Terjemahan.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 4 (1).

Machali, Imam. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka An Nur Iiq.

Maria, Asla. 2013. “Implementasi Metode Gramatika Tarjamah dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah Siswi Kelas Ula Madrasah Aliyah Putri Wahid Hasyim Yogyakarta.” Yogyakarta: Perpustakaan Pps. UIN Sunan Kalijaga.

Munip, Abdul. 2008. Strategi dan Kiat Menerjemahkan Teks Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Sukses Offset.

Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Malang.

Ni’mah Suseno, Miftahun. 2012. Statistika: Teori dan Aplikasi untuk Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta: Ash-Shaff.

Oktaviani, Putri. 2019. “Wawancara Pribadi,” 28 Januari 2019.

Purwanto, Ngalim. 1994. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosyidi, Wahid, dan Mamlu’atul Nikmah. 2012. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran. Malang: UIN Malang Press.

Hake, R.R. 2019. “Analizing Change/Gain Score.” http//www.phisics.indiana.edu/~sdi/Analyzingchange-Gain.Pdf.

Salman, Abdullah, dan Khansan Aedi. 2019. “Pengaruh Metode Qawaid dan Tarjamah Terhadap Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Ma Nurul Huda Munjul Cirebon.” http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtikar/article/download/4440/pdf_1.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ulfah, Nabilah. 2019. “Wawancara Pribadi,” 28 Januari 2019.

Umardi, Mulyanto. 1974. Pengembangan Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi. Jakarta: Bulan Bintang.

Wassid, Iskandar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

———. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

———. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.10125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Salimatul Fuadah

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.