Efektivitas Pembelajaran Al Tarjamah Al Fauriyah dalam Meningkatkan Maharah Al Qira’ah Mahasiswa Semester 6 Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Burdah, Ibnu. 2004. Menjadi Penerjemah Metode dan Wawasan Menerjemahkan Teks Arab. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Darmadi, Hamadi. 2013. Dimensi – Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial : Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Fahmi Huda, Nisa. 2019. “Wawancara Pribadi,” 22 JANUARI 2019.
Faqih, Abdul. 2013. “Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terarah dalam Upaya Meningkatkan Maharah Qira’ah bagi Siswa Kelas VIII B MTSN Sumbergiri Ponjong Gunungkidul Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014, Skripsi Pendidikan Bahasa Arab.” Yogyakarta: Perpustakaan Pps. UIN Sunan Kalijaga.
Fauziyah, Rihanatul. 2019. “Wawancara Pribadi,” 29 Januari 2019.
Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bani Aksara.
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Rosdakarya.
Hijriyah, Umi. 2012. “Metode dan Penilaian Terjemahan.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 4 (1).
Machali, Imam. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka An Nur Iiq.
Maria, Asla. 2013. “Implementasi Metode Gramatika Tarjamah dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah Siswi Kelas Ula Madrasah Aliyah Putri Wahid Hasyim Yogyakarta.” Yogyakarta: Perpustakaan Pps. UIN Sunan Kalijaga.
Munip, Abdul. 2008. Strategi dan Kiat Menerjemahkan Teks Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Sukses Offset.
Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Malang.
Ni’mah Suseno, Miftahun. 2012. Statistika: Teori dan Aplikasi untuk Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta: Ash-Shaff.
Oktaviani, Putri. 2019. “Wawancara Pribadi,” 28 Januari 2019.
Purwanto, Ngalim. 1994. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rosyidi, Wahid, dan Mamlu’atul Nikmah. 2012. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran. Malang: UIN Malang Press.
Hake, R.R. 2019. “Analizing Change/Gain Score.” http//www.phisics.indiana.edu/~sdi/Analyzingchange-Gain.Pdf.
Salman, Abdullah, dan Khansan Aedi. 2019. “Pengaruh Metode Qawaid dan Tarjamah Terhadap Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Ma Nurul Huda Munjul Cirebon.” http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtikar/article/download/4440/pdf_1.
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ulfah, Nabilah. 2019. “Wawancara Pribadi,” 28 Januari 2019.
Umardi, Mulyanto. 1974. Pengembangan Bahasa Asing: Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi. Jakarta: Bulan Bintang.
Wassid, Iskandar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.
———. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
———. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.10125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Salimatul Fuadah
Editorial Office
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Phone: +62 274 387656, ext. 449
Email: maharat@umy.university
---------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.