Al-‘Alaqah Baina Nasyathi Hifzhil Qur’an Wa Maharatil Qira’ah Al-‘Arabiyyah

A. Syahid Robbani, Ahmad Muzayyan Haqqy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dan kemampuan qira’ah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dan kemampuan qira’ah. Keterkaitan antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dan kemampuan qira’ah tersebut ialah aktivitas menghafal Al-Qur’an memudahkan mahasiswa dalam melafalkan, menerjemahkan, dan memahami isi bacaan berbahasa Arab serta menambah kosakata bahasa Arab mahasiswa. Dengan demikian, aktivitas menghafal Al-Qur’an bisa membantu mahasiswa membaca teks berbahasa Arab dengan fasih dan benar. Begitu pula dengan kemampuan qira’ah yang baik akan memudahkan mahasiswa dalam menghafal Al-Qur’an dan memahami ayat Al-Qur’an.

Keywords


Menghafal Al-Qur’an; Qira’ah; Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Al-Barry, M. Dahlan. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

Al-Khatiby, Muhammad Ibrahim. 2003. Tharaiq Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyyah. Riyadh: Maktabah At-Taubah.

Al-Qasim, Abdul Muhsin. 2007. Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, Terj. Abu Ziyad. Maktab Dakwah dan Bimbingan Jaliyat Rabwah.

Bungin, Burhan. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Choir, Abdul. 2003. Psikologi Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahlia, Sri. 2013. “Urgensi Metode Qiroah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di PTAI.” Arabia 5, no. 1: 20.

Faizah, Mazidatul. 2019. “Atsaru al-‘Alaqah Baina Hifzhil Qur’an wa Hifzhil Mufradat Thullab Madrasatil Qur’an at-Tsanawiyyah”. Al Mahara 5, No. 2: 191-206

Fitriani, Laily. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Maharah Qiroah Berbasis Karakter Di Perguruan Tinggi.” An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 20, no. 01: 1. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1130.

Fransiska, Fredina, and Zaim Elmubarok. 2015. “Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Xi Ips Man Demak.” Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 4, no. 1. https://doi.org/10.15294/la.v4i1.7634.

Hamid, Abdul, Uril Baharuddin, dan Bisri Mustofa. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang: UIN-Malang Press.

Hanani, Nurul. 2015. “Model Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Salaf Kediri Dan Kontribusinya Terhadap Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Arab Bagi Santri,”. Realita 13, No. 1: 81–96.

Ismanto, Heri Saptadi. 2011. “Faktor-Faktor Pendukung Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dan Implikasinya dalam Bimbingan Konseling (Studi Kasus Pada Beberapa Santri Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Semarang)”. J3PB: Jurnal Penelitian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan 1, No. 1.

Khalilullah, Muhammad. 2011. “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif (Kemahiran Qira’ah Dan Kitabah).” Jurnal Sosial Budaya 8, no. 01: 152–67.

Khambali, Khambali. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar.” Al-Ma’rifah 14, no. 02: 1–23. https://doi.org/10.21009/almakrifah.14.02.01.

Kholik, Abdur Rahman Bin Abdul. 2000. Kaidah Emas Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Asy Syaamil Press & Grafika.

Kusnanto, Najib. 2008. Modul Hikmah Membina Kreatif dan Prestasi Qur’an Hadits. Surabaya: Akik Pustaka.

Lubis, Maria Ulfa. 2015. “Daur Ta’allum al-Lughah al-‘Arabiyyah fi Hifzhil Qur’an al-Karim”. Ihya’ al-‘Arabiyyah 1, No. 2: 186-191

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN-Malang Press.

Nurfuadi. 2012. Profesionalisme Guru. Purwokerto: STAIN Press.

Purwanto, Setiyo. 1999. “Hubungan Antara Ingatan Jangka Pendek Dan Kecerdasan Dengan Kecepatan Menghafal Al-Quran.” Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi 4, no. 8: 70–83. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol4.iss8.art3.

Rosyidi, Abd Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah. 2012. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Rusydi. 2017. “Tajdid Ta’lim Maharah Al-Qira’ah (Tahlil Dloruroh Adawat Al-Istifham Fi Ta’limi Maharatil Qira’ah)”. Alsinatuna 3, no. 1

Sumardi, Mulyanto. 1976. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Agama Islam. Jakarta: Proyek Pengembangan Sistem Pendidikan Agama Departemen Agama R.I.

Suwito. 2016. Sistem Menghafal Cepat Al-Qur’an 40 Hari Untuk 30 Juz (Studi di Ma’had Tahfidz Al-Qur’an di Dawuhan Purbalingga). Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Zawawie, Mukhlisoh. 2011. P-M3 Al-Qur’an Pedoman Membaca, Mendengar, dan Menghafal Al-Qur’an. Solo: Tinta Medina.

Zen, Muhaimin. 1985. Tata Cara/Problematika Menghafal Al-Qur’an dan Petunjuk-Petunjuknya. Jakarta: Pustaka Al-Husna.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.10323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 A. Syahid Robbani, Ahmad Muzayyan Haqqi

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.