Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Komunikatif untuk Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah

Authors

  • Eka Dewi Rahmawati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.11352

Keywords:

Pengembangan Buku Ajar, Pendekatan Komunikatif, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Arab berbasis Komunikatif yang ditujukan pada mahasiswa Ekonomi Syariah. Bahan ajar ini dikembangkan demi terpenuhinya tujuan utama dalam berbahasa menurut pendekatan komunikatif, yaitu untuk berkomunikasi. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan sebelumnya belum berbasis Komunikatif. Pengembangan bahan ajar ini juga bertujuan mengembangkan kompetensi komunikasi berbahasa Arab mahasiswa yang disesuaikan dengan bidangnya, dalam penelitian ini pengembangan bahan Ajar komunikatif disesuaikan dengan bidang perekonomian. Kesimpulan yang dapat diambil setelah dilakukannya penelitiani adalah bahan ajar Bahasa Arab berbasis Komunikatif ini layak digunakan untuk pembelajaran mata kuliah bahasa Arab Program Studi Ekonomi Syari’ah berdasarkan pada  hasil rata-rata penilaian validator ahli materi Ekonomi Syariaah, ahli bahasa dan ahli desain. Produk bahan ajar ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami bahasa Arab dan menggunakannya dalam berkomunikasi khususnya pada bidang Ekonomi Syariah.

References

Aflisia, Noza dan Hazuar. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab berbasis Pendekatan Komunikatif”, vol. IV no. 1. DOI: 10.29240/jba.v4i1.1280.

Aldizar, Addys. 2017. Membangun Guru Komunikatif. Tangerang Selatan: Sinergi Prima Magna.

Astriani, Eva. 2018. “Kompetensi Komunikatif”. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. IV No.2. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/836.

Aziz, Furqanul, dan A. Chaedar Alwasilah. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Budi, Rayudaswati. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Makassar: Kretakupa.

Cholis, Noor, dan Yusi Avianto Pareanom, penerj. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Eriyanti, Ribut Wahyu. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Interaktif bagi Mahasiswa”. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 3, no. 1. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/index.

Ghazali, A Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamid, M. Abdul, Danial Hilmi dan Syaiful Mustofa. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme untuk Mahasiswa”. Arabi: Jurnal of Arabic Studies, no. 4. DOI: http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v4i.1.107.

Hidayat, Yayat. 2018. “Teori Perolehan dan Perkembangan Bahasa untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab”. MAHARAAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. vol. 1, no. 1. DOI: 10.18196/mht.113.

Maksudin, dan Qoim Nurani. 2018. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga, 2018.

Minatullah, Ahmad Fatoni dan Anisatu Thoyyibah. 2019. “Implementation of Communicative Method as an Effoert to Increase the Student’s Arabic Language Ability (Case Study at SDI Surya Buana Malang)”. MAHARAAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, vol. 2, no. 1. DOI: 10.18196/mht.2115.

Mohaty, Jagannath. 2005. Educational Technology. New Delhi: Deep & Deep Publications PVT. LTD.

Mustofa, Bisri, dan Abdul Hamid. 2012. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Malang.

Riyanto, Theo. 2015. Guru Komunikatif Pembelajaran jadi Efektif. Yogyakarta: PT Kanisius.

Rosyidi, Abd. Wahab, dan Mamlu’atul Ni’mah. 2012. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Safira, Helga Regita. 2020. “Desain Tes Bunyi (Aswat) dan Tes Kosakata (Mufradat) pada Pembelajaran Bahasa Arab”. Pendidikan Bahasa Arab. IAIN Pekalongan. https://iain-pekalongan.academia.edu/helgaregita

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprananto, Kusaeri. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syairi, Khairi Abu. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab”. Jurnal: Dinamika Ilmu vol. 13, no.1. DOI: https://doi.org/10.21093/di.v13i1.275.

Tegeh, I Made, I Nyoman Jampel dan Ketut Pudjawan. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahyunungsi, Endang. 2019. “Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. vol.3, no. 2. DOI: http://dx.doi.org/10.30651/lf.v3i2.3102.

Walfajri. 2018. “Landasan Pengembangan Kurikulum”. An-Nabighoh, vol. 20, no. 01. DOI: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1086.

Yuniawan, Tommi. 2019. “Pengembangan Model Materi Ajar berbasis Konteks Sosiokultural di SMP; Kontribusi Sosiolinguistik dalam Peningkatan Kompetensi Komunikatif Berbahasa Indonesia). LINGUA: Jurnal Bahasa dan Sastra, vol.1. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/935.

Downloads

Published

2021-09-02

How to Cite

Rahmawati, E. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Komunikatif untuk Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 51–70. https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.11352

Issue

Section

Articles