Penggunaan Media Youtube sebagai Solusi Media Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Youtube sebagai solusi media pembelajaran bahasa Arab yang tepat di masa pandemi dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan random probability sampling, adapun analisis data pada penelitian ini dengan data reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Subjek Penelitian pada peserta didik kelas XI di SMAIT Al Huda Wonogiri. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa media Youtube adalah solusi yang tepat untuk media pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi, dengan presentase hasil survei (80,4%) peserta didik sangat setuju, sehingga menunjukkan hasil yang positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifuddin, and Beni Ahmad Saebani. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. 3rd ed. Bandung: Cv. Pustaka Setia.
Baihaqi, Achmad, Amaliya Mufarroha, and A Ilham Tsabit Imani. 2020. “Edusiana : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 07, no. 01: 74–88.
Dahlan, Juwariyah. 2003. Paradigma Baru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Kajian Teoritis Dan Praktis). Yogyakarta: Sumbangsih.
Dewi, Putra Kumala, and Nia Budiana. 2018. Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar Dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Universitas Brawijaya Press.
Erni Ivianti, Slameto. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Project Based Learning.” Jurnal Handayani 7: 92–99. /jurnal.unimed.ac.id.
Harsanto, Budi. 2017. Inovasi Pembelajaran Di Era Digital: Menggunakan Google Sites Dan Media Sosial. Unpad Press.
Koenigsbauer, Kirk. 2016. “Memperkenalkan Microsoft Teams, Ruang Kerja Berbasis Obrolan Di Office 365.” Microsoft, November 2016. https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/blog/2016/11/02/introducing-microsoft-teams-the-chat-based-workspace-in-office-365/.
Lestari, Renda. 2013. “Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris.” Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 607–12. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9566/68.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Mahendra, Mochamad. 2020. “Youtube Sebagai Media Pembelajaran.” ResearchGate, 3.
Mariani, Adelina. 2020. “Implementasi Perkuliahan Secara Blended Learning Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.”
Moleong, Lexy J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revi. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Musthafa, Izzudin, and Acep Hermawan. 2017. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Edited by Kuswandi. E. 1st ed. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Pramana, Edy. 2020. “Kemendikbud Sebut PJJ Tak Sama Dengan Pembelajaran Daring Dan Luring.” JawaPos.Com, June 17, 2020.
Sadiman dkk. 2006. Media Pendidikan. Edited by Raja Persada Grafindo. jakarta: Rajawali Press.
Seminar, Prosiding, and Nasional Etnomatnesia. 2014. “DEWANTARA UNTUK MATERI INTEGRAL DI SMA 1 ) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UST Jl . Batikan 2 Yogyakarta , Indonesia , e-Mail : Sofyani.Wigati20@gmail.Com 2 ) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UST Jl . Batikan 2 Yogyakarta , Indonesia , Em,” 810–13.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. 3rd ed. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Susanto, Heri, and Helmi Akmal. 2019. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi: Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, Dan Perancangannya. Media Pembelajaran. http://eprints.ulm.ac.id/8313/1/10. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi.pdf.
Wahhab, Abdul. 2020. “‘Trends and Future Perspectives on Arabic Education, Linguistics, Leterature, Culture, and Translation’ 12/17/ 2020,” 123–28.
Wulandari, Kartika Yulianti. 2017. “Kartika Yulianti Wulandari, 2017 Penggunaan Media Youtube Dalam Pembelajaran Menyimak Bahasa Perancis Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu.”
DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.11362
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hikmah Rahmasari
Editorial Office
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Phone: +62 274 387656, ext. 449
Email: maharat@umy.university
---------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.