Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Ujian Nahwu Siswa Kelas VII MBS Ar Fachruddin Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021

Authors

  • Aliyatul Wahidah Universitas Islam Negeri Raden Mas Sa'id, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.18196/mht.v4i1.11885

Keywords:

Kesalahan berbahasa, ketrampilan menulis, Nahwu

Abstract

Ujian akhir semester merupakan salah satu tolak ukur pemahaman siswa terhadap suatu materi, dan tidak dapat dipungkiri bahwa kesalahan-kesalahan seringkali terjadi ketika menjawab soal-soal tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kesalahan berbahasa dengan lingkup kesalahan penulisan dalam tipe soal pembuatan jumlah mufidah dengan studi kasus pada siswa kelas VII MBS Ar Fachruddin pada soal ujian akhir semester mata pelajaran nahwu guna memberi evaluasi untuk pembelajaran nahwu yang di semester selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menyertakan angka-angka sebagai penguat dalam kesimpulan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dan observasi. Sedangkan dalam menganalisis data digunakan metode Rusydi Ahmad Tha’imah yang meliputi tiga langkah: identifikasi kesalahan, deskripsi, dan klasifikasi kesalahan serta penafsiran dan penjelasan kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diantara kesalahan-kesalahan yang sering terjadi antara lain: kesalahan struktural, kesalahan semantik, dan kesalahan dalam penulisan.

References

Abdul Wahab, Muhbib. 2008. Epistemologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Baradja, M.F. 1990. Kapita Selekta Pengajaran Bahasa. Malang: IKIP.

Dulay, Heidi, Marina Burt, & Stephen Krashen. 1982. Language Two. Oxford: Oxford University Press

Ghazali, Syukur. 2015. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamid, Abdul. 2013. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab Untuk Studi Islam. Malang: UIN Maliki Press.

Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press.

Nurhadi, Nurhadi, & Roekhan. 1990. Dimensi-Dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua. Bandung: Sinar baru.

Pateda, Mansoer. 1989. Analisis Kesalahan, Ende Flores: Nusa Indah.

Prihantoro, Syukur. 2019. “Analisis Kesalahan Bahasa Pada Taksonomi Linguistik Dalam Penulisan Insya”. Al Mahara Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1): 41-62. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-03

Syamsiyah, Barid. 2019. “Analisis Kesalahan dalam Imla’ Mahasiswa IAIN Salatiga”. Lisania: Journal of Arabic Education and Literature, 3(1): 21-44. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i1.21-44

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa, Bandung: Angkasa Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Remidi Bahasa, Bandung: Angkasa Bandung.

Tha’imah, Rusydi Ahmad. 2004. Al Maharat Al Lughawiyyah wa mustawayatuha wa shu’ubatuha. Darul Fikr Al Arabi.

Downloads

Published

2021-12-16

How to Cite

Wahidah, A. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Ujian Nahwu Siswa Kelas VII MBS Ar Fachruddin Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 57–77. https://doi.org/10.18196/mht.v4i1.11885

Issue

Section

Articles