Peluang Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Berbantu Media Whatsapp bagi Mahasiswa di Masa Daring

Halimatus Sa'diyah

Abstract


Penelitian ini untuk menganalisa peluang dan tantangan pembelajaran Maharah al-Kitabah berbantu media Whatsapp berdasarkan presepsi mahasiswa Psikologi di PKPBA (Program Khusus Pembelajaran Bahasa Arab) UIN Maliki Malang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari pengamatan, angket dan wawancara pada 37 informan dengan menggunakan purposive sampling. Data dianalisa dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Peluang terdapat pada: penjelasan materi dapat diterima mahasiswa (95%), berlatih pada Maharah al-Kitabah berbantu Whatsapp dapat diberikan pada semua ragam al-kitabah (33%), respon terhadap materi langsung dibuka dan dipelajari oleh mahasiswa (73%), dan pembelajaran Maharah al-Kitabah dengan menggunakan media Whatsapp dapat digunakan pada pembelajaran jarak jauh (70%). (2) Tantangan meliputi: kendala yang terkadang dihadapi mahasiswa dalam membuka file atau video (49%), mahasiswa merasa kurang yakin dengan tulisannya pada materi menulis cerita yang dikirim di Whatsapp (30%) dan mahasiswa kurang bersemangat untuk menunggu materi Maharah al-Kitabah yang disampaikan melalui Whatsapp (51%).


Keywords


Maharah al-Kitabah; Media Whatsapp; Pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Walib. 2018. "Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran." FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(1), 855-866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169

Afnibar, Afnibar dan Dyla Fajhriani. 2020. "PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR (Studi terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang)." Al Munir: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 70-83.

Ainin, M. 2006. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa. Malang: Misykat.

Bisri, Mustofa, dan M. Abdul Hamid, M. 2011. Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab . Malang: UIN Press.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Drakel, Wahyuni Januarti, Maria Heny Pratiknjo, dan Titiek Mulianti. 2018. "Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Sosialdi Universitas Sam Ratulangi Manado." Holistik, Journal of Social and Culture, 21A, 1-20.

Effendy, Ahmad Fuad. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Hamid, M. Abdul, dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi Dan Media. Malang: UIN Press.

Huda, Nisa Fahmi. 2020. "Eksperimentasi Media Rubik Berbasis Teka-teki Silang dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradāt Bahasa Arab Siswa." Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 100-115. https: doi.org/10.18196/mht.2220

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Machmudah, Umi dan Abdul Wahab Rosyidi. 2008. Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Press.

Mubarak, Mahfuz Rizqi, Nurul Wahdah, Aulia Mustika Ilmiani, dan Hamidah. 2020. "Zoom Cloud Meeting: Media Alternatif dalam Pembelajaran Maharah Kalam di Tengah Wabah Virus Corona (Covid-19)." Arabiyatuna, 211-226.

Maksudin. 2006. "Media Pembelajaran Bahasa Arab." Jurnal Al-`Arabiyah, 1-10.

Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif . Malang: UIN Press.

Nurseto, Tejo. 2011. "Membuat Media Pembelajaran yang Menarik." Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 20-30. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Sa`diyah, Halimatus. 2019. "Upaya Menumbuhkan Self-Confidence Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Melalui Grup Whatsapp". Al-Mi`yar, 149-164.

Sa`diyah, Halimatus. 2019. "Maharah al-Kitabah Bagi Mahasiswa Melalui Update Status Pada Media Whtasapp". Al-Af`idah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya, 3(1), 23-37. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v3i2.305

Sa`diyah, Halimatus. 2019. "Pembelajaran Maharah al-Kitabah Berbasis Blended Learning Di Perguruan Tinggi". Lughawiyyat, 39-52.

Salsabila, Unik Hanifah, Lailli Irna Sari, Khusna Haibati Lathif, Ayu Puji Lestari, dan Asyharinur Ayuning. 2020. "Peran Teknologi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19." Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru. Bandung: PT. Rosdakarya.

Syarif, Maria Ulfah. 2020. "PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING BERBASIS STRATEGI KARRONA DI MASA PANDEMI COVID-19." Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2), 116-132. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v14i2.982

Taufik. 2011. Pembelajaran Bahasa Arab MI. Surabaya: PMN.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v4i1.12255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.