Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab-Indonesia Menggunakan Media Audio Visual Channel Youtube di MTs NU Mranggen

Authors

  • Andita Aprilia Fridayanti Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Raden Mas Sa'id, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.18196/mht.v4i1.12950

Keywords:

Pembelajaran, Bahasa Arab, Audio Visual

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau iptek, dan guru dituntut agar dapat mengimplementasikan iptek pada proses pembelajaran untuk memiliki keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab yang memerlukan sarana interaktif untuk mempermudah pelaksanaan pengkajian mengenai bahasa Arab. Salah satu sarana yang digunakan yaitu media audio visual channel Youtube yang mempelajari mengenai kosakata bahasa Arab-Indonesia. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan media audio visual channel youtube di MTs NU Mranggen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan media audio visual channel Youtube di MTs NU Mranggen. Pendekatan yang di dilakukan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang dilakukan untuk menjelaskan secara mendalam mengenai kejadian yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil pada penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa penerapan media audio visual channel Youtube pada proses belajar bahasa Arab di MTs NU Mranggen dapat merangsang siswa untuk mengikuti pembelajaran dan memperhatikan guru dalam menerangkan materi sehingga proses pembelajaran dapat menjadi lebih aktif, afektif, dan kreatif.

References

Aminudin. 2014. "Media Pembelajaran Bahasa Arab". Al Munzir, 7(2): 13–27.

Chusna, Aliba'ul. 2012. "Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia". Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2): 277-290. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i2.416

Fithriyani, Nur. 2018. "Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab". Academia.Edu.

Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Ria Rahmatul Istiqomah, Rousandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, Evi Fatmi Utami Auliya, & Nur Hikmatul. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Hidayati, Euis, & Chusaery Rusdy Syarif. 2014. "Pengaruh Media Permainan Bergambar Director dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menerjemahkan Teks Bahasa Arab". JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 1(2): 171–181.

Hidayati, Nur Laili. 2021. "Analisis Pembuatan Media Media Viual Untuk Pembelajaran Mufradat Oleh Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta". Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education, 2(2), 90–102. https://doi.org/10.37680/aphorisme.v2i2.1004

Mahmuda, Siti. 2018. "Media Pembelajaran Bahasa Arab". An-Nabighoh, 20(1). https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131

Mappanyompa, & Mustapa Ali. 2017. "Urgensi Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Va Min Malang 2". Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 2(2), 54. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v2i2.1049

Masnun. 2014. Budaya Arab Dalam Pengajaran Bahasa Arab (Studi Tentang Urgensi Memahami Budaya Dalam Pengajaran Bahasa). 121–143.

Nugrawiyati, Jepri. 2018. "Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pendahuluan Definisi Media Pembelajaran". El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1): 97-111.

Salamah, Umi, & Triyo Supriyatno. 2020. "Innovations For Active Arabic With the Kitab Al-Wajiz Fillughoti Wa Nahwi/ Inovasi Aktif Berbahasa Arab dengan Kitab Al-Wajiz Fillughoti wa Nahwi". Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 3(1): 94–107. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v3i1.8497

Shidqi, Muhammad Husni, & Adam Mudinillah. 2021. Pembelajaran Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Lingkungan Berbahasa Bagi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. 9(3), 32–33.

https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2807

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.

Umroh, Ida Latifatul. 2019. "Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Study Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 1 Sd Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan)". DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora. 6(1): 39–58.

Downloads

Published

2021-12-16

How to Cite

Fridayanti, A. A. (2021). Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab-Indonesia Menggunakan Media Audio Visual Channel Youtube di MTs NU Mranggen. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 78–88. https://doi.org/10.18196/mht.v4i1.12950

Issue

Section

Articles