Kesalahan Populer dalam Kemahiran Menulis Bahasa Arab di STIBA Arraayah Sukabumi

Lola Hervina, Nofa Isman

Abstract


Penelitian ini dilakukan di STIBA Arraayah dengan sampel tiga kelas dari delapan kelas yang ada pada kelas bahasa (al-qism al-i’dad al-lughawi). Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kesalahan apa saja yang terdapat pada kemahiran menulis bahasa Arab mahasiswa STIBA Arraayah Sukabumi, dan kesalahan apa saja yang paling banyak terjadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi, dan analisis data. Hasil penelitian menemukan kesalahan-kesalahan yang terdapat pada kemahiran menulis bahasa Arab mahasiswa STIBA Arraayah adalah (1) kesalahan pada asaalib  (tarakib atau qowaid), kesalahan pada  nahwu, kesalahan pada sharf, kesalahan pada mufradat, kasalahan pada imla’, juga menemukan (2) bahwa kesalahan yang paling sering terjadi adalah kesalahan pada asaalib (tarakib atau qowaid) dengan presentase kesalahan adalah 37%. Sedangkan kesalahan yang paling sedikit adalah kesalahan pada sharf dengan persentase 9%.

Keywords


kesalahan populer; kemahiran menulis; bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Al-Fauzan, A. I. I. 2011. Iḍā’āt li Mu’allimi Al-Lugah Al-’Arabiyyah li Gair Al-Nāṭiqīn Bihā. Al-Hamidi.

Al-Ghalayaini, M. 2000. Jamī’ Al-Durūs Al-’Arabiyyah (38th ed.). Al-Maktabah Al-’Ashriyyah.

Andriani, Asna. 2015. "Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab". Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1), 39-56. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.39-56

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa.

Erdogan, Vacide. 2005. "Contribution of Error Analysis to Foreign Language Teaching". Journal of the Faculty of Education, 1(2), 261-270. https://doi.org/10.17860/efd.22900

Habibi, Burhan Yusuf. 2018. "Al-Akhṭā' Al-Syāʽi’ah fī Kitābah Al-Ḥurūf Al-'Arabiyyah Ladā Al-Ṭullāb fī Qism Ta'līm Al-Lugah Al-'Arabiyyah bi Jāmi'ah Salatiga Al-Islāmiyyah Al-Ḥukūmiyyah". Al-Ta’rib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 6 (1), 26–40. https://doi.org/10.23971/altarib.v6i1.967

Khalifah, M. H. M. 2009. 'Ilm Al-Dilālah wa Al-Ma’ājim. Maktabah ar-Rasyad.

Khansir, Ali Akbar. 2012. "Error analysis and second language acquisition". Theory and Practice in Language Studies, 2(5), 1027–1032. https://doi.org/10.4304/tpls.2.5.1027-1032

Misnan, S. N., & Ghazali, S. S. 2019. Analisis Kesalahan Tata Bahasa Bahasa Arab dalam Kalangan Pelajar dalam Pembelajaran Asas Bahasa Arab di Kolej Profesional Baitulmal Kuala Lumpur (KPBKL). Prosiding Persidangan Antarbangsa Sains Sosial Dan Kemanusian, April, 1–23.

Moeljadi, D., Sugianto, R., Hendrick, J. S., & Hartono, K. 2016. KBBI V 0.4.0 Beta 40. App Playstore.

Mokhtar, W. R. W., Rahman, M. Z. A., Adnan, M. A. M., & Salleh, N. H. M. (2020). Implikasi Penguasaan Tata Bahasa Arab Terhadap Kemahiran Menulis dalam Kalangan Pelajar Asasi Universiti Awam Malaysia. Al-Basirah, 10(1), 53–68.

Munawarah, & Zulkiflih. (2020). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2). https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15

Muradi, A. (2015). Pembelajaran Menulis Bahasa Arab dalam Perspektif Komunikatif (1st ed.). Prenada Media Group.

Nandang Sarip Hidayat. (2014). Analisis Kesalahan dan Konstrastif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 160–174.

Naska, I. (2021). Analisis Kontrastif dan Analisis Kesalahan dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Universitas Muhammadiyah.

Nurkholis, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Arab. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 1(01), 10. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v1i01.1186

Priyono, Y. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Mading di Universitas Muhammadiyah. Fakultas Kuguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah.

Rosyidi, Abdul Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah. 2011. "Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab". UIN Maliki Press.

Roviin, & Muh. Hafidz. (2020). Analisis Kesalahan Imla’ Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Salatiga. Studi Arab, 11(1), 13–26. https://doi.org/10.35891/sa.v11i1.1943

Sa’diyah, Halimatus. (2019). Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Berbasis Blended Learning Di Tingkat Perguruan Tinggi. Lugawiyyat, 1(1), 37–48. https://doi.org/10.18860/lg.v1i1.7880

Sa’diyah, Halimatus. (2021). Peluang Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Berbantu Media Whatsapp bagi Mahasiswa di Masa Daring. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.18196/mht.v4i1.12255

Shinni, M. I., & Al-Amin, I. M. (1979). At-Taqābul Al-Lugawi wa Taḥlīl Al-Akhṭāʽ. Jami’ah Al-Malik Su’ud.

Sumaiyah Sulaiman, Nik Farhan Mustapha, Pabiyah Toklubok@Hajimaming, & Wan Muhammad Wan Sulong. (2018). Permasalahan Kemahiran Menulis Bahasa Arab dalam Kalangan Pelajar Peringkat Pengajian Tinggi. Jurnal Sultan Alauddin Sulaiman Shah, 5(2), 142–151.

Syamsiyah, Barid. 2019. "Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Imla’ Mahasiswa IAIN ‎Salatiga". LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(1), 21–44. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i1.21-44

Tegarazmi56. (2019). blog.arraayah.ac.id/2019/11/stiba-ar-raayah-sabet-juara-dua-dalam.html. di akses pada tanggal 30/12/2021.

Umroh, I. L. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Mahasiswa Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 5 (2), 68–92.

Zaaid, F. K. A. (2007). Al-Akhṭāʽ Al-Naḥwiyyah wa Al-Ṣarfiyyah Al-Imlāʽiyyah Al-Syāʽi’ah. Dar Al-Yazura Al-Ilmiah.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v4i2.14122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lola Hervina, Nofa Isman

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.