Al-Musykilât Fî Dirâsati Al-Imla’ Lada Thullâbi Al-Jâmi’ah Wa Tahlîluhâ

Barid Syamsiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran imla’ dan pemberian solusinya pada mahasiswa PBA di IAIN Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara  dan dokumentasi dalam pengumpulan sumber data. Teknik Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran imla’ disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi siswa, guru, materi dan metode pembelajaran. Adapun faktor eksternal meliputi faktor pembelajaran imla’ meliputi kaidah-kaidah pembelajaran imla’. Adapun  dalam mengatasi  problematika pada pembelajaran imla’ mahasiswa yaitu memperbanyak kosakata dan latihan menulis, perhatian yang  lebih pada kaidah-kaidah imla’ baik secara teori maupun praktek, menentukan materi  imla’ dari yang mudah dan yang sulit  serta pentingnya pengajar yang profesional yang ahli dalam pembelajaran imla’.

Keywords


Problematika; Pembelajaran Imla’; Maharah Kitabah

Full Text:

PDF

References


’Izzah, Lailah. 2016. “Ta’lîmu Mahârati Al-Kitâbah Bistikhdâmi Tharâiq Al-Imlâ’ Bi At-Tathbîqi ‘ala Talâmîdzi Al-Madrasah At-Tsânawiyyah Al-Islâmiyyah Al-Hukûmiyyah ‘Tûrîn’ Malang.” At-Tadris 4(2): 23–40. https://doi.org/10.21274/tadris.2016.4.2.23-40

Al-Khûli, Muhammad ‘Ali. 1982. "Asâlîb Tadrîs Al-lughah al-‘Arabiyyah". Riyadh: Mamlakah Al-‘Arabiyyah As-Su’ûdiyyah.

Al-Ghulayîn, Mushthofâ. 2005. "Jâmi’u Ad-durûsi Al-‘Arabiyyah". Beirut: Dâru Al-Kutub Al-‘ilmiyyah.

An-Nâqah, Mahmûd kamil. 1981. "Asâsiyyâtu Ta’lîmi Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Wa At-Tarbiyyah Ad-Dîniyyah". Kairo: Dâr at-Tsaqâfah.

Ar-Rasyid, Abdu. 2018. “Ta’lîmu Mahârati Al-Kitâbah Markaz Tarqiyyati Al-Lughah (Ahdâfuhâ Wa Musykilâtuhâ Wa Iqtirâhâtu Li Hillihâ Fi Jâmi’ah Al-Islâmiyyah Al-Hukûmiyyah Bi Jember).” Al-’Arabi 2 (2): 134–149. http://dx.doi.org/10.17977/um056v2i2p134-149

As-shumaily, Yusuf. 1998. Al-lughah al-‘arabiyyah wa Thuruqu Tadrîsiha Nadhariyyatan Wa Tathbîqan. Beirut: Al-Maktabah Al-‘Ashriyyah.

Fauziyyah, Salma, and Asriani. 2021. “Musykilâtu At-Thullâb Fî Ta’lîmi Al-Imlâ’ ‘alâ Thullâbi As-Shof As-Sâbi’ Fî Al-Madrasah at-Tsânawiyyah Bi Ma’had Ummul Qurâ Al-Islâmy Bogor (Dirâsah Hâliyah: Maudhu’ Al-Imlâ’).” Shawtul Arab 1 (1), 43-56. https://doi.org/10.51192/sa.v1i1.141

Istiqomah, Himmatul, and Hanik Mahliatussikah. 2019. “Musykilat Al-Tarbiyyah Tuwajihuha Al-Thalabah Fi Ta’allum Al-Lughah Al-Arabiyah Li Ghairi Al-Nathiqin Biha.” Al-Bayan 11 (1). https://doi.org/10.24042/albayan.v.

Madzkûr, ‘Ali Ahmad. 1984. Tadrîsu Funûni Al-Lughah Al-‘Arabiyyah. Kuwait: Maktabah Al-Falâh.

Qadir, Abdul, and Lailatu Munirah. 2017. “Tahlîlu Al-Akhtha’ Al-Imlâiyyah Fî Kitâbati At-ThullâbiFî Al-Mustawâ Ar-Râbi’ (Dirâsatun Washfiyyatun Fî Qismi Ta’lîmi Al-Lughati Al-‘Arabiyyati Bi Jâmi’ah Hâsyim Asy’arî Al-Islâmmiyyah Tambakrejo Jombang.” At-Tadris 5(1), 21-42. https://doi.org/10.21274/tadris.2017.5.1.21-42.

Ridhwân. 2011. "Al-Imlâ’ Nadhariyyatuhû wa Tathbîquhû". Malang: Jâmi’ah Maulana Malik Ibrahim Al-Islâmiyyah Al-Hukûmiyyah.

Ruslân, Mushthofa. 2005. "Ta’lîmu Al-Lughah Al-‘Arabiyyah". Kairo: Dâr at-Tsaqâfah.

Susilowati, Ulfah. 2009. "Manajemen Mutu Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi". Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Yumayyin, Nâshîf. 1999. "Al-Mu’jam Al-Mufashal Fî Al-Imlâ’ (Qawî’id Wa Nushûsh)". Beirut: Dâr Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v5i1.14429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Barid Syamsiyah

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.