Analisis Kontrastif Pelafalan Konsonan-Vokal: Alfabet Indonesia terhadap Huruf Hijaiyyah dan Alfabet Inggris dalam Pembelajaran Bahasa Kedua
DOI:
https://doi.org/10.18196/mht.v5i1.16255Keywords:
Analisis Kontrastif, Konsonan, Vokal, Hijaiyyah, AlfabetAbstract
Penguasaan bahasa asing merupakan hal yang sangat penting pada abad-21 ini. Banyak sektor-sektor lembaga baik negeri maupun swasta menjadikan penguasaan bahasa asing sebagai prioritas utama. Bahasa Arab dan bahasa Inggris merupakan dua bahasa yang masyhur di Indonesia sebagai standar penguasaan bahasa asing. Maka, menguasai dua bahasa sekaligus merupakan suatu modal berharga. Kedua bahasa ini tentu terdapat perbedaan yang signifikan. Untuk mencari perbedaan dan persamaan diantara keduanya, penulis menggunakan metode analisis kontrastif. Analisis kontrastif adalah suatu kegiatan dalam membandingkan dua bahasa atau lebih dalam rangka untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan bahasa tersebut yang ditujukan untuk mempermudah seorang pembelajar bahasa dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dan persamaan antara pelafalan konsonan-vokal ketiga bahasa ini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Melalui metode analisis kontrastif, penulis menemukan beberapa persamaan dan perbedaan pada ketiga bahasa ini, khususnya pada pelafalan konsonan dan vokal ketiganya. Dengan adanya persamaan diantara keduanya, maka hal ini akan mempermudah bagi pembelajar bahasa kedua untuk mempelajarinya. Sedangkan adanya beberapa perbedaan akan menyebabkan kesulitan belajar dan membutuhkan perhatian lebih pada beberapa aspek tersebut. Harapannya dengan adanya penelitian ini akan menambah semangat para pembelajar bahasa untuk memiliki wawasan yang luas dan tidak terpaku pada satu bahasa asing saja. Dalam rangka memberikan usulan untuk perbedaan konsonan-vokal ketiga bahasa ini, penulis memberikan saran untuk menggunakan metode Talaqqi yang penulis anggap sebagai metode yang tepat untuk mengajarkan konsonan-vokal ketiga bahasa ini.Warning: file_put_contents(): Only 0 of 23 bytes written, possibly out of free disk space in /var/www/ojs-3.2.1-5/lib/pkp/classes/cache/FileCache.inc.php on line 90
References
Andika, Moch Aris. 2017. “Pembelajaran Bahasa Arab-Inggris di Lembaga Kursus Bahasa Asing (LKBA) Pondok Pesantren Miftakhul Huda”. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab.
Arikunto, Suharsimi. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hasbullah. 1995. “Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ibtisam, Mahfudz. 2017. Al-Maharah Al-Lughawiyah. Riyadh: Dar At-Tadmuri.
Kamsir, Rita Zahara. 2020. “Analisis Kontrastif Dalam Pembelajaran Bahasa (Kajian antara Konsonan-Vokal pada Huruf Hijaiyah dan Alpabet Indonesia)”. Jurnal Sakinah: Journal of Islamic and Social Studies Vol. 2 No. 1, 24-30. https://doi.org/10.2564/js.v2i1.18
Marlina, Lina. 2019. “Pengantar Ilmu Ashwat”. Bandung: Fajar Media.
Masfufah, Nurul. 2018. “Analisis Kontrastif Fonem Vokal dan Konsonan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Benuaq”, LOA: Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusastraan Vol. 13, Nomor 2, 108-119. https://doi.org/10.26499/loa.v13i2.1669
Misdawati. 2019. “Analisis Kontrastif dalam Pembelajaran Bahasa”. A’Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol.8, No. 1, 53-66. http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.8.1.53-66.2019
Nur, Tajudin. 2016. “Analisis Kontrastif dalam Studi Bahasa”, Arabi: Journal of Arabic Studies, Vol. 1 No. 2, 64-74. http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v1i2.11
Pane, Akhiril. 2018. “Urgensi Bahasa Arab; Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Agama Islam”. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, Vol 2, No 1. http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v2i1.5452
Rohim, Miftahur. 2013. “Analisis Kontrastif Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab Berdasarkan Kala, Jumlah, dan Persona”. Jurnal Sastra Indonesia, Vol. 2 No. 1.
Royani, Ahmad, dan N. Lalah Alawiyah. 2021. “Manfaat Analisis Linguistik Kontrastif dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Prosiding Seminar Nasional FITK UIN Jakarta.
Saidah, Eva Iryani, dan Mar’atun Sholiha. 2022. “Analisis Kesalahan Fonologi dalam Membaca Teks Bahasa Arab pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIS Ihsaniyah Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi”. Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam, Vol. 3 No. 1.
Suprapto, Djuria. 2012. “Analisis Kontrastif Kalimat Pasif Bahasa Indonesia Dengan Bahasa Inggris”, Humaniora Vol 3 No 1, 290-298. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i1.3314
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy.
1. License
The use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by the stated author(s), has not been published before elsewhere. It contains no unlawful statements, their co-authors authorize them to enter into these arrangements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User/Public Rights
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab has a spirit to disseminate the published articles as free as possible. Under the Creative Commons license, the journal permits users to copy, distribute, display, remix, transform, and build upon the material for any purpose. Users will also need to attribute authors and Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab to distributing works in the journal and other media of publications. Unless otherwise stated, the authors are public entities as soon as their articles got published.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
4. Rights of Authors
Authors retain their rights to the published works, in these following rights;
Authors hold the copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
Authors hold the right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
Authors hold the right to reproduce the article for its own purposes,
Authors posess the right to self-archive the article or upload it on the author's social media account or website with the link to the journal.
5. Co-Authorship
If more than one author jointly prepared the article, any author submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab will only communicate with the corresponding author.
6. Miscellaneous
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is completed. The journal editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing, and usage that seems appropriate. The author acknowledges that the article may be published to be publicly accessible, and such access will be free of charge for the readers.