Analisis Kontrastif Pelafalan Konsonan-Vokal: Alfabet Indonesia terhadap Huruf Hijaiyyah dan Alfabet Inggris dalam Pembelajaran Bahasa Kedua

Muhammad Iqbal Zamzami, Izzah Naelun Ni'mah, Tulus Mustafa

Abstract


Penguasaan bahasa asing merupakan hal yang sangat penting pada abad-21 ini. Banyak sektor-sektor lembaga baik negeri maupun swasta menjadikan penguasaan bahasa asing sebagai prioritas utama. Bahasa Arab dan bahasa Inggris merupakan dua bahasa yang masyhur di Indonesia sebagai standar penguasaan bahasa asing. Maka, menguasai dua bahasa sekaligus merupakan suatu modal berharga. Kedua bahasa ini tentu terdapat perbedaan yang signifikan. Untuk mencari perbedaan dan persamaan diantara keduanya, penulis menggunakan metode analisis kontrastif. Analisis kontrastif adalah suatu kegiatan dalam membandingkan dua bahasa atau lebih dalam rangka untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan bahasa tersebut yang ditujukan untuk mempermudah seorang pembelajar bahasa dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dan persamaan antara pelafalan konsonan-vokal ketiga bahasa ini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Melalui metode analisis kontrastif, penulis menemukan beberapa persamaan dan perbedaan pada ketiga bahasa ini, khususnya pada pelafalan konsonan dan vokal ketiganya. Dengan adanya persamaan diantara keduanya, maka hal ini akan mempermudah bagi pembelajar bahasa kedua untuk mempelajarinya. Sedangkan adanya beberapa perbedaan akan menyebabkan kesulitan belajar dan membutuhkan perhatian lebih pada beberapa aspek tersebut. Harapannya dengan adanya penelitian ini akan menambah semangat para pembelajar bahasa untuk memiliki wawasan yang luas dan tidak terpaku pada satu bahasa asing saja. Dalam rangka memberikan usulan untuk perbedaan konsonan-vokal ketiga bahasa ini, penulis memberikan saran untuk menggunakan metode Talaqqi yang penulis anggap sebagai metode yang tepat untuk mengajarkan konsonan-vokal ketiga bahasa ini.

Keywords


Analisis Kontrastif; Konsonan; Vokal; Hijaiyyah; Alfabet

Full Text:

PDF

References


Andika, Moch Aris. 2017. “Pembelajaran Bahasa Arab-Inggris di Lembaga Kursus Bahasa Asing (LKBA) Pondok Pesantren Miftakhul Huda”. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab.

Arikunto, Suharsimi. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasbullah. 1995. “Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ibtisam, Mahfudz. 2017. Al-Maharah Al-Lughawiyah. Riyadh: Dar At-Tadmuri.

Kamsir, Rita Zahara. 2020. “Analisis Kontrastif Dalam Pembelajaran Bahasa (Kajian antara Konsonan-Vokal pada Huruf Hijaiyah dan Alpabet Indonesia)”. Jurnal Sakinah: Journal of Islamic and Social Studies Vol. 2 No. 1, 24-30. https://doi.org/10.2564/js.v2i1.18

Marlina, Lina. 2019. “Pengantar Ilmu Ashwat”. Bandung: Fajar Media.

Masfufah, Nurul. 2018. “Analisis Kontrastif Fonem Vokal dan Konsonan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Benuaq”, LOA: Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusastraan Vol. 13, Nomor 2, 108-119. https://doi.org/10.26499/loa.v13i2.1669

Misdawati. 2019. “Analisis Kontrastif dalam Pembelajaran Bahasa”. A’Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Vol.8, No. 1, 53-66. http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.8.1.53-66.2019

Nur, Tajudin. 2016. “Analisis Kontrastif dalam Studi Bahasa”, Arabi: Journal of Arabic Studies, Vol. 1 No. 2, 64-74. http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v1i2.11

Pane, Akhiril. 2018. “Urgensi Bahasa Arab; Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Agama Islam”. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, Vol 2, No 1. http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v2i1.5452

Rohim, Miftahur. 2013. “Analisis Kontrastif Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab Berdasarkan Kala, Jumlah, dan Persona”. Jurnal Sastra Indonesia, Vol. 2 No. 1.

Royani, Ahmad, dan N. Lalah Alawiyah. 2021. “Manfaat Analisis Linguistik Kontrastif dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Prosiding Seminar Nasional FITK UIN Jakarta.

Saidah, Eva Iryani, dan Mar’atun Sholiha. 2022. “Analisis Kesalahan Fonologi dalam Membaca Teks Bahasa Arab pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIS Ihsaniyah Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi”. Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam, Vol. 3 No. 1.

Suprapto, Djuria. 2012. “Analisis Kontrastif Kalimat Pasif Bahasa Indonesia Dengan Bahasa Inggris”, Humaniora Vol 3 No 1, 290-298. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i1.3314




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v5i1.16255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Iqbal Zamzami, Izzah Naelun Ni'mah, Tulus Mustafa

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.