Pemanfaatan Media Gambar Berbahasa Arab (Index Card Match) dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Ar-Rifaie’ 2, Malang

Fadilah Al Azmi, Arsandi Arsandi, Nur Diana, Layyinatil Awaliyah

Abstract


Pondok modern Ar-Rifaie’ 2 adalah lembaga pendidikan yang bersistem pembelajaran klasik dimana santri di pondok tersebut masih lemah sekali dalam motivasi dan keterampilan membaca bahasa Arab merasa kesulitan karena banyaknya guru yang tidak memperhatikan pembelajaran keterampilan membaca ini, serta tidak adanya pemanfaatan media dan strategi yang relevan dalam pembelajaran keterampilan membaca. Berdasarkan hal itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran gambar berbahasa Arab dengan pendekatan strategi mencari pasangan untuk mewujudkan minat dan keaktifan siswa serta meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa. Model penelitian ini menggunakan desain research and development. Hasil analisis diperoleh dari pre test dan post test. Peneliti menggunakan SPSS melalui kelas kontrol dalam menganalisa data-data yang didapat peneliti sebelumnya, dimana hasil yang didapatkan oleh peneliti menunjukkan bahwa hasil analisis ini signifikan.

Keywords


Media Gambar Berbahasa Arab; Maharul Kalam; Index Card Match

Full Text:

PDF

References


Amir, Almira. 2016. "Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika". Jurnal Eksakta 2, No. 1: 34–40.

Arief S. Sadiman, Dkk. د.ت. "Media Pendidikan". Rajagrafindo Persada. تاريخ الوصول 15 اغسطس, 2022. Https://Www.Rajagrafindo.Co.Id/Produk/Media-Pendidikan/

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran/ Azhar Arsyad ; Editor, Asfah Rahman | Opac Perpustakaan Nasional Ri. Https://Opac.Perpusnas.Go.Id/Detailopac.Aspx?Id=968536.

Haris Herdiansyah. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika. Https://Onesearch.Id/Record/Ios3134.Slims-9084.

Hasna Qonita Khansa. 2016. "Strategi Pembelajaran Bahasa Arab". Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab Ii, 53–62. Prosiding.Arab-Um.Com.

Hidayat, Nandang Sarip. 2012. "Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Repository Of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Of Malang". Jurnal Pemikiran Islam. 2012. Http://Repository.Uin-Malang.Ac.Id/1233/.

Hilmi, Hilmi. 2017. "Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab". Lantanida Journal 4, No. 2: 128. Https://doi.org/10.22373/Lj.V4i2.1885.

Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis P.A.I.K.E.M. Semarang. Https://Books.Google.Co.Id/Books/About/Strategi_Pembelajaran_Agama_Islam_Berbas.Html?Hl=Id&Id=Zz8vmweacaaj&Redir_Esc=Y.

Khotimah, Sita Husnul, Titin Sunaryati, dan Sri Suhartini. 2020. "Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya Dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini". Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Https://doi.org/10.31004/Obsesi.V5i1.683.

Mahmudah, Umi, dan Siska Puspita Sari. 2020. "Pengaruh Penggunaan Media Cakram Gizi Terhadap Pengetahuan Remaja Mengenai Konsumsi Buah Dan Sayur". Ilmu Gizi Indonesia 3, No. 2: 155. Https://doi.org/10.35842/Ilgi.V3i2.142.

Moleong. 2018. "Metodologi Penelitian Kualitatif / Penulis, Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M.A. | Opac Perpustakaan Nasional Ri." Online Public Acces Catalog. 2018. Https://Opac.Perpusnas.Go.Id/Detailopac.Aspx?Id=1133305.

Mudzakir. 2009. Pengembangan Pengajaran Bahasa Dan Sastra Arab Dengan Memanfaatkan E-Book Dan Atau E-Library. Https://Docplayer.Info/61339313-Pengembangan-Pengajaran-Bahasa-Dan-Sastra-Arab-Dengan-Memanfaatkan-E-Book-Dan-Atau-E-Library-Mudzakir-As-Upi-Bandung.Html.

Nurhadi. 1995. Dasar-Dasar Pengembangan Tata Bahasa Pendidikan. Cet. Ke-1. Ikip Semarang Press.

Rahayu, Astining, J. A. Pramukantoro. 2013. "Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share Dengan Strategi Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Di Smk Negeri 1 Madiun". Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 2, No. 3: 991–99.

Riduan. 2010. "Metodologi Penelitian: Metodologi Penelitian Skripsi". Rake Sarasin, 51.

Sadiman Arif S, Dkk. 2004. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: : Pt. Raja Grafindo Persada. Http://Pustaka.Unm.Ac.Id/Opac/Detail-Opac?Id=31947.

Subur, Subur. 1970. "Pendekatan Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab". Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 11, No. 2: 164–75. Https://doi.org/10.24090/Insania.V11i2.165.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian. Https://Ecampus.Unusia.Ac.Id/Pustaka_Unusia/Main/Item/22327.

Sundari, Nina. 2016. "Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar". Eduhumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. Https://doi.org/10.17509/Eh.V5i1.2836.

Unsi, Tuhfatul. 2014. "Media Gambar Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab". Jurnal Tafaqquh 02, No. 03: 129. Http://Jurnal.Iaibafa.Ac.Id/Index.Php/Tafaqquh/Article/View/18/19.

Utami, Nurul Ulfah Putri, dan Taopik Rahman. 2020. "Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Anak". Jurnal Paud Agapedia. Https://doi.org/10.17509/Jpa.V2i1.24388.

Utami, Yunita Setyo. 2020. "Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa". Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk). Https://doi.org/10.31004/Jpdk.V1i2.607.

Yunita, Setyo. 2020. "Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil". Jurnal Pendidikan Dan Konseling.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v5i1.16707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fadilah Al Azmi, Arsandi Arsandi, Nur Diana, Layyinatil Awaliyah

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.