Pengembangan Metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) berbantuan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Imlā

Era Sastra Pangestu, M. Jaffar Shodiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) berbantuan media audio visual dalam pembelajaran imlā. Penelitian ini didasari adanya kesulitan memahami cara penulisan Arab dan mengidentifikasi bunyi ketika dikte. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pengumpulan data melalui observasi dan validasi produk. Instrumen penelitian adalah lembar validasi produk, penilaian ahli dan guru bahasa, dan angket respon siswa. Hasil validasi dari ahli metode, guru bahasa Arab dan respon siswa menunjukkan 92,7%. Berdasarkan hal tersebut produk yang dikembangkan kualifikasinya sangat baik. Prosedur pengembangan dilakukan dengan 4 tahap: pertama, definisi/analisis kebutuhan berupa kebutuhan metode pembelajaran yang mudah digunakan, keterampilan rendah, dan pengonsepan; kedua mendesain berupa merancang produk metode (sounds before words, amati tulisan dan simak bacaan, tiru tulisan kemudian melafalkan, modifikasi tulisan bersama teman, question and answer); ketiga mengembangkan berupa perbaikan dari saran ahli metode, guru bahasa, dan respon siswa; dan keempat, penyebaran produk. Hasil penilaian ahli metode adalah 95%, penilaian guru bahasa adalah 97%, dan respon siswa adalah 86,25%. Kesimpulan hasil tersebut menunjukkan produk pengembangan sangat baik.

Keywords


metode ATM; media audio visual; imla

Full Text:

PDF

References


Abdul Karim Wirawan. 2018. “Metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Untuk Pembelajaran Menulis Puisi Berwawasan Lingkungan.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2 (1): 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2018.002.01.04.

An-Naqah, Mahmud Kamil. 1985. Ta’līm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Li an-Nathiqīn Bilughatin Ukhrā. Makkah: Jamiah Ummul Qura.

Anderson, Ronad. 1994. Pmilihan Dan Pengembangan Media Audio Visual. Jakarta: Grafindo.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Assad, Muhammad. 2017. Breakthrough 7 Kunci Utama Membangun Bisnis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Atika, Nur Apriyanti, and Muassomah. 2020. “Penggunaan Media Kahot Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kitabah (Imla) Bahasa Arab Di Era Industri 4.0.” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4 (2): 277–97. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1256.

Daryanto. 2010. Media Pembelejaran. Yogyakarta: Gava Media.

Degeng, Nyoman S. 2013. Ilmu Pembelajaran Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori Dan Penelitian. Bandung: Arasmedia.

Dermawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Fachrurrozi, Aziz. 2016. Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional Dan Kontemporer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fauziyyah, Salma, and Asriani. 2021. “Musykilāt Al-Ṭullāb Fī Ta’līm Al-Imlā ‘Alā Ṭullāb Al-Ṡaff Al-Sābi’ Fī Al-Madrasah Al-Ṡānawiyyah Bi Ma’had Ummi Al-Qurā Al-Islāmī Bogor (Dirāsah Ḣāliyah: Mauḍū’ Al-Imlā).” Shawtul ’Arab 1 (1): 43–57. https://doi.org/https://doi.org/10.51192/sa.v1i1.141.

Femalia, D. H., and S Ahmad. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Terhadap Keliling Dan Luas Persegi, Persegi Panjang, Dan Segitiga Serta Hubungan Pangkat Dua Dengan Akar Pangkat Dua Di Kelas IV Sekolah Dasar.” Journal of Basic Education Studies 4 (1): 3698–3708. https://doi.org/https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4235/2768.

Fitria, Ayu. 2014. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Cakrawala Dini 5 (2): 57–62. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.

Ghani, Aiman Amin Abdul. 2012. Al-Kāfī Fī Qawāid Al-Imlā’ Wa Al-Kitābah. kairo: Dar at-Taufiqiyah Li At-turats.

Herlina, Rinrin, Prana Dwijaya Iswara, and Yedi Kurniad. 2016. “Penerapan Metode ATM (Amati, Tiru, Dan Modifikasi) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca.” Jurnal Pena Ilmiah 1 (1): 881–90. https://doi.org/https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2878.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarrya.

———. 2018a. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

———. 2018b. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Idris, Yudita Putri Kinanti. 2019. “Penerapan Metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Pada Pembelajaran Teknik Dasar Tari Motaro Untuk Meningkatkan Keterampilan Menari Siswwa Kelas X SMAN 3 Poso.” Universitas Negeri Makasar.

Iskandarwassid, dan Dadang Suhendar. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Istiadi, Ari, and Esti Setiawati. 2022. “Penggunaan Model Pembelajaran ATM Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS.” In Prodeedings Series on Social Sciences & Humanities, 450–55. Yogyakarta: UMP Press.

Madekhan. 2018. “Posisi Dan Fungsi Teori Dalam Penelitian Kualitatif.” Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 7 (2): 62–69. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.78.

Maesaroh, Siti. 2013. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan 1 (1).

Ma’rūf, Nāyif Mahmūd. 1985. Khaṣāiṣ Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Wa Ṭarāiq Tadrīsihā. Beirut: Dar an-Nafāis.

Mawarda, Dodi. 2019. Cara Mudah Menulis Buku Dengan Metode 12 PAS. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Muslimin, dan Irwan. 2022. “Tahlīl Al-Akhṭā Al-Imlāiyyah Ladā Ṭalabah Qism Ta’līm Muallimī Al-Madrasah Al-Ibtidāiyyah Bi Al-Jāmi’ah Muḥammadiyyah Al-Islāmiyyah Bima.” Al-Afidah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya 6 (1): 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/al-afidah.v6i1.885.

Multyaningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nazarani. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Teknik ATM (Amati, Tiru Dan Modifikasi) Di Kelasa VI SD Negeri 1 Sagu Sukamulya.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 4 (2): 21–26. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1052.

Riantysari. 2019. “Ta’līm Al-Imlā Li Tarqiyyah Mahārah Al-Kitābah Fī Mawād Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Bi Ma’Had Ta’mīr Al-Islām Surakarta.” Issedu 3 (2): 230–149. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/iseedu.v3i2.12499.

Rosyidi, Abd. Wahab, and Malu’atul Ni’mah. 2012. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Sanaky, Hujair. 2011. Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru Dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba.

Syahrudin, Syahrudin. 2015. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif Teoretis.” Jurnal Shaut Al-’Arabiyah 3 (2): 53–66. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/saa.v3i2.1256.

Syamsu, Abdul Aziz, Nahar, and Mardianto. 2017. “Desain Pembelajaran Imla’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Tulisan Arab Bag Santri Di Pondok Pesantren AR-Raudhatul Hasanah Medan.” EDU-RILIGIA: Jurnal Pendidikan Islam Dan Keagamaan 1 (4): 573–88. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i4.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v5i2.18172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Era Sastra Pangestu, M. Jaffar Shodiq

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.