Mempelajari Koneksitas Antara Charf Jarr dan Fi’il untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab

Moch Iqbal

Abstract


Mempelajari charf jarr ternyata tidak hanya terfokus pada memahami fungsinya saja, yaitu sebagai alat untuk men-jarr-kan isim setelahnya. Namun lebih dari itu, bahwa keberadaannya setelah fi’il dapat memberi makna baru pada fi’il tersebut. Sehingga satu fi’il tidak hanya memiliki satu makna saja, tapi menjadi memiliki banyak makna yang berbeda-beda. Ada beberapa pola koneksi antara fi’il dan charf jarr yang datang setelahnya, di antaranya tanâwub churûf, tarâduf, tadhâd, ta’diyah, dan koneksi fi’il dengan lebih dari satu charf jarr. Dari beberapa koneksi tersebut dapat menghasilkan makna-makna baru bagi fi’il tersebut. Dengan adanya keragaman makna yang terbentuk ini, maka akan memperkaya kosakata bahasa Arab yang kita miliki. Oleh karenanya, pembelajaran charf jarr yang terkoneksi dengan fi’il sebelumnya akan mempermudah bagi kita untuk meningkatkan penguasaan terhadap kosakata bahasa Arab.

Keywords


Charf jarr; fi'il; makna baru; kosakata bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


_____________. Al-Quranul Karim

Awwâd, Muhammad Hasan. 1985. Tanâwub Churûfil Jarr fî Lughatil-Qurˋân. Cet. 1. Amman: Dârul Furqân.

Al-‘Athiyyah, Achmad Mathar. 2008. Churûful-Jarr Bainan-Niyâbati wat-Tadhmîn. Damaskus: At-Turâts Al-‘Arabi.

Al-Ghulâyaini, Musthafâ. 2011. Jâmi’ud-Durûs Al-‘Arabiyyah. Cet 10. Beirut: Dârul Kutub Al-‘Ilmiyyah.

Al-Mubarrid, Abû Abbâs Muhammad Ibn Yazîd. 1994. Al-Muqtadhab. Tachqîq: Muhammad Abd Khâliq. Cet. 2. Kairo: Lajnah Ihyâˋ At-Turâts Al-Islâmi.

Ats-Tsa’âlabi, Abû Manshûr. 2000. Fiqhul-Lughah wa Asrârul-‘Arabiyyah. Cet. 2. Beirut: Maktabah ‘Ashriyyah.

Dhaif, Syauqi. 1990. Taisîrât Lughawiyyah. Kairo, Dârul Ma’ârif.

Falîch, Ahmad. 2001. Churûful-Jarr wa Ma’ânîhâ; Dirâsât Nachwiyyah. Amman: Markaz Qaumi.

(Ibn ‘Aqil, 1997: 26).

Hadi, Syamsul, dan ‘Âbid, Sayyid. 2009. Laporan Penelitian “Al-Af’âlul-Muttashilah Bicharfin”. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Hâzim. 2004. www.alfaseeh.com/vb/showthread.php?t=4163, diunduh pada Selasa, 30 Januari 2018, jam 15.24

Ibn Jinnî, Abû Fatch. 1990. Al-Khashâˋish. Tachqîq: Muhammad Ali Najjâr. Baghdad: Dâr Syuˋûn Tsaqâfiyyah ‘Âmmah.

Ibn Manzhûr, Abû Fadhl. Tanpa Tahun. Lisânul-‘Arab. Beirut: Dâr Shâdir.

Ibn Ya’îsy. Tanpa Tahun. Syarchul-Mufashshal. Beirut, ‘Âlamul-Kutub.

Sukkar, Syâdi Majli. 2015. www.alukah.net/library/0/91955, diunduh pada Selasa, 30 Januari 2018, jam 15.27.

Umar, Achmad Mukhtâr. 2009. ‘Ilmud-Dilâlah. Cet. 9. Kairo: ‘Âlamul-Kutub.

Ziyâd, Mus’ad. Tanpa Tahun. www.drmosad.com/index24.htm, diunduh pada Selasa, 30 Januari 2018, jam 15.30.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.112

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 549 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

Alamat Redaksi

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Gedung KH. Ibrahim (E6), Lantai 1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat.pba@umy.ac.id

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
Maharat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License