TEORI PEROLEHAN DAN PERKEMBANGAN BAHASA UNTUK JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Authors

  • Yayat Hidayat UMY

DOI:

https://doi.org/10.18196/mht.113

Keywords:

Peran Pendidikan Bahasa, desain pembelajaran, belajar melalui pengalaman

Abstract

Kecerdasan dan perkembangan bahasa peserta didik tidak bisa terlepas dari peran pendidikan bahasa, baik pada tingkat dasar hingga tingkat lanjut dan pada level pendidikan formal maupun nonformal. Desain pembelajaran erat kaitannya dengan aktivitas keseharian peserta didik dalam mendengarkan, berkomunikasi, menulis dan juga membaca. Hal terpenting dalam konsep pembelajaran bahasa adalah bagaimana membelajarkan bahasa melalui pengalaman secara langsung yang menekankan pada proses pembiasaan dan proses pembelajaran yang berlangsung

References

Acep Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ahmad Izzan. 2007. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Ali Mustadi. 2011. Communicative Competence Based Language Teaching: An English Course Design for Primary Education. Yogyakarta: UNY Press.

Al-Qadir Ahmad, Abdurrahman. 1979. Thuruqu Ta’alim al-Lughah al-‘Arabiyah, Maktabah an-Nahdah, al-Mishriyah, Kairo.

Asy-Sya’labi, Ahmad. 1961. Tarikh at-Tarbiyah al-Islamiyah, Cet. 11, Kairo

Asy-Sya’labi, Ahmad. 1983. Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyah lighairi al-‘Arab, Maktabah an-Nahdhah al-Mishriyah, Kairo.

Bambang Cipto. 2017. Peran Strategis Perguruan Tinggi Peguruan Tinggi Dalam Peningkatan Daya Saing Ekonomi Bangsa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaer, Abdul.2003. Psikolinguistik: kajian teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi Siswoyo. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Farihah, Anis. 1973. Nazhriyaat al-Lughah. Beirut: Daar al-Kitab al-Lubnany.

Ibrahim, Badri Kamal. 1406 H. Nadzkarah Asas at-Ta’lim al-Lughah al-ajnabiyyah. Jakarta: LIPIA.

Jassem, Ali Jassem. 1996. Thuruq Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyah Li al-Ajanib. Kuala Lumpur.

Joyce & Marsya Weil. 1996. Model of Teaching, Fifth Edition. USA: Allyn and Bacon A simon & Scuster Company

Muhammad ‘Atha, Ibrahim. 1996. Thuruq Tadris al-Lughah al-‘Arabiyah Wa at-Tarbiyah ad-Diniyah, Maktabah an-Nahdhah al-Mishriyah. Kairo/

Munir, Nizhamu Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyah fi al-Ma’ahid al-Islamiyyah, Darul Huda, Skripsi, 1996.

Munir. 2005. Pengajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing. Yogyakarta: Global Pustaka Utama.

Nana Sudjana. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nation, I.S.P. and Macalister, J. 2010. Language Curriculum Design. New York: Taylor & Francis.

Richards, Renandya. 2002. Methology in Language Teaching: an Anthology of Current Practices. New York: Cambridge University Press.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Taufiq Fasiak. 2002. Otak dan kecerdasan dalam revolusi IQ/EQ/SQ Antara Neurosains dan al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Yayat Hidayat. www.belajarislam.com. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab (diakses pada tanggal 9 Februari 2018).

Downloads

Published

2019-01-17

How to Cite

Hidayat, Y. (2019). TEORI PEROLEHAN DAN PERKEMBANGAN BAHASA UNTUK JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(01), 24–40. https://doi.org/10.18196/mht.113

Issue

Section

Articles