Simulasi Penerapan Teori Respon Butir dalam Perakitan Perangkat Tes Bahasa Arab di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ana Taqwa Wati

Abstract


Penerapan teori respon butir dalam perakitan perangkat tes bahasa Arab yang dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan Bahasa, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Teori ini akan diterapkan dalam pemilihan soal ujian akhir bagi mahasiswa PBA pengambil mata kuliah Al-Qawaid An-Nahwiyyah. Item soal yang digunakan dalam ujian ini bersifat dikotomus, dengan banyak soal 250 butir, untuk kemudian disaring dan hanya diambil beberapa soal saja, melihat pada tingkat kemampuan mahasiswa pada angkatan yang ditentukan. IRT digunakan untuk mendefinisikan sifat atau kemampuan skala yang mendasari di mana pertumbuhan akan diukur. Model item yang digunakan dalam penelitian ini adalah model item dikotomus. Hasil dari simulasi penerapan teori respon butir dalam perakitan perangkat tes bahasa Arab di prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dari bank soal yang disediakan dengan jumlah butir soal 250, diperoleh 4 butir soal yang sesuai dengan target yang diharapkan.


Keywords


simulasi; teori respon butir; tes; Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Alderson, J. Charles, Caroline Clapham, Dianne Wall. Language Construction and Evaluation, Cambridge Language Teaching Library, Great Britain, 1995.

Allen, Mary J., and Wendy M. Yen. Introduction to Measurement Theory. California: Cole Publishing Company, 1979.

Demars, C. Item Response Theory, Understanding Statistics Measurement. United States of America: Oxford University Press, 2010.

Fajrianthi, dkk. “Pengembangan Tes Berpikir Kritis Dengan Pendekatan Item Response Theory”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 20, No. 1, 2016.

Hambleton, Ronald. K., and H. Swaminathan. Item Response Theory, Principles and Applications. United States of America: Kluwer Boston Inc, 1985.

Hambleton, Ronald. K., H. Swaminathan, H. Jane Rogers. Fundamental of Item Response Theory. London: SAGE Publications The International Professional Publisher, 1991.

Linden, Wim J. van der, and Ronald K. Hambleton. Handbook of Modern Item Response Theory, New York: Springer Science + Business Media, 1997.

Madya, Suwarsih. Metodologi Pengajaran Bahasa, dari Era Prametode sampai Era Pascametode. Yogyakarta: UNY Press, 2013.

Mardapi, Djemari. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offset, 2008.

McNamara, T. Measuring Second Language Performance. London: Longman, 1997.

Retnawati, Heri. Teori Respon Butir dan Penerapannya, Untuk Peneliti, Praktisi Pengukuran dan Pengujian Mahasiswa Pascasarjana. Yogyakarta: Nuha Medika, 2014.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mahārāat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.