Penggunaan Media Gambar Realitas untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab pada Siswa Kelas XI MAN 2 Rembang

Siti Sofiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menulis di kelas XI MAN 2 Rembang dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menulis menggunakan media gambar realitas untuk meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3, XI IPS 1 dan XI IIK 1 yang berjumlah 120 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif namun demikian metode kuantitatif digunakan untuk menghitung data angket dan test yang selanjutnya diolah menjadi kualitatif untuk mendeskripsikan data. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Kemampuan menulis Bahasa Arab siswa kelas XI Man 2 Rembang tergolong masih rendah. Keaktifan siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab masih kurang hal ini terlihat saat kegiatan belajar mengajar siswa tidak fokus terhadap materi dan cenderung bermain sendiri. Adapun pembelajaran yang menggunakan media yang kurang bervariasi. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media supaya ada motivasi dalam belajar. Salah satunya adalah dengan menggunakan media gambar realitas untuk mendukung siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab. Dengan adanya media gambar realitas bisa membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar realitas lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab.

Keywords


media gambar; keterampilan menulis; Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Angkowo, R dan A. Kosasih. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo, 2007.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1984.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Burhan, Ali, Abdul Mu’in, Abdul Basith. “Peranan Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Arab Pada Kemampuan Menulis Berbahasa Arab Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Angkatan 2009 Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan”. Jurnal Penelitian Vol. 10, No. 1, 2013.

Depdikbud, Institut Perguruan dan Ilmu Pengetahuan Surabaya. Belajar dan Pembelajaran 1

Effendi, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Penerbit Misykat, 2009.

Hamid, Abdul, dkk. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang: UM Press, 2008.

Handoko, Hani. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: BPFE, 1987.

Juvrizal, Ellya Ratna, Afnita. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMPN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No. 2 Seri E, 2013.

Mudlofir. Teknologi Instruksional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1990.

Nuha, Ulin. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press Anggota IKAPI, 2012.

Nur, Ifa Rodifa dan Fitri Setyo Rini. “Penerapan Metode Langsung Dalam Pengajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo”. Khodimul Ummah Vol. 1, No. 1, 2017.

Sadiman, Arief, dkk. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo, 1987.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Suharti. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Media Gambar Peristiwa Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Tidak Diterbitkan. Salatiga: Jurusan Sastra dan Bahasa Universitas Kristen Satya Wacana, 2013.

Suja’i. Inovasi Pembalajaran Bahasa Arab. Semarang: Walisongo Press, 2008.

‘Uyun, Qurrotul. Peningkatan Maharah Kitabah Melalui Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Kelas XI MAN Wates Kulon Progo Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011.

Widodo, Sembodo Ardi. Model-Model Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press, 2006.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mahārāat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.