Eksperimentasi Media Permainan Bingo untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran

Authors

  • Hesti Pramudita SD IT Alam Nurul

DOI:

https://doi.org/10.18196/mht.130

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab, Kosakata, Media Permainan Bingo

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dirancang dengan metode pre-eksperimental designs (non designs). Bentuk desain penelitian ini yaitu one-group pretest-postest design, dalam desain ini terdapat satu kelompok atau kelas yang dipilih tidak secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal kemudian diberi posttest untuk mengetahui keadaan setelahnya. Hasil penelitian ini adalah eksperimentasi media permainan bingo dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata dari pretest ke posttest meningkat hingga 60,56 poin. Hasil perhitungan rumus paired sample t-test dengan menggunakan tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja (Ha) dan dapat disimpulkan bahwa “Media permainan bingo dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab”.

References

MacTruck, Robert H. and George A. Morgan. Mastery Motivation Conceptualizations and Application. New Jersey: Ablex Publishing Corporation, 1995.

Mujid, Fathul dan Nailur Rahmawati. Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press, 2012.

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana, 2014.

Siberman, Melvin L. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif penerjemah Raisul Muttaqien. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia, 2016. Cetakan XI.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2014.

Nurfauzi, Rena Rizki. Skripsi Penerapan Media Permainan Kartu Bingo Dalam Pembelajaran Mufradat (Studi Eksperimen Di Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Piyungan Bantul Yogyakarta) Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2016.

Hanifah, Umi. “Penerapan Model PAIKEM dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Arab”. Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid” Vol. 5 No.2, 2016.

Vega, Melvin. Sejarah Dan Fakta Tentang Permainan Bingo Dan Keno, http://goshow.info/2016/02/sejarah-dan-fakta-tentang-permainan-bingo-dan-keno/ diunduh tanggal 7 Desember 2018 pukul 20.05 WIB

Downloads

Published

2020-05-06

How to Cite

Pramudita, H. (2020). Eksperimentasi Media Permainan Bingo untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 149–164. https://doi.org/10.18196/mht.130

Issue

Section

Articles