Persepsi Siswa dalam Menggunakan Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas Delapan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2018-2019

Zera Ilhami

Abstract


Persepsi siswa terhadap kahoot sebagai media pembelajaran bahasa Arab kelas VIII Mu’allimaat Yogyakarta tahun 2018-2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kahoot sebagai media pembelajaran bahasa Arab dan kendala yang dirasakan saat menggunakan Kahoot di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi karya tulis ilmiah yang mampu memperkaya wawasan tentang kahoot sebagai media pembelajaran bahasa Arab.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan mengambil latar belakang dari Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi dengan sumber data dari guru, dan siswi kelas VIII D. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi siswi terhadap kahoot sebagai media pembelajaran bahasa arab dan kendala siswi saat mengguanakan kahoot. Peneliti mengguanakn 40 sampel siswi di Madrasah Mu’allimaat Yogyakarta. Peneliti membuat quiz kahoot yang telah telah dipelajari siswi. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak persepsi siswi tehadap kahoot sebagai media pembelajaran bahasa Arab, secara umumnya kahoot bisa membuat siswi semangat dan memotivasi siswi untuk belajar bahasa Arab, siswi merasakan tidak bosan belajar menggunakan kahoot dan siswi senang belajar menggunakan kahoot. Kendala yang dirasakan siswi umumnya adalah font ukuran untuk jawaban terlalu kecil, sehingga anak tidak kelihatan jika duduk paling belakang.

Keywords


Persepsi Siswa, Media Kahoot, Kendala

Full Text:

PDF

References


Danim, Sudarwan. Transformasi Sumber Daya Manusia: Analisis Fungsi Pendidikan, Dinamika Prilaku dan Kesejah-teraan Indonesia Masa Depan. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Danim, Sudarwan. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Dellos, Ryan. “Kahoot, a Digital Game Resource For Learning”. International Journal of Instructional Technology, and Distance Learning. Vol 12. No 4, 2015.

Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Irwanto. Psikologi Umum (Buku Panduan Mahasiswa). Jakarta. PT Prehalindo, 2002.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. Media Pembelajaran: Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

Ismail, MA-A, dan JA-M. Mohammad. “Kahoot: A Promising Tool For Formative Assessment In Medical Education”. Education in Medicine Journal, Vol. 9, No. 2, 2017.

Nata, Abuddin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009.

Rofiyanti, Fitri dan Anissa Yunita Sari. “Penggunaan Platfrom Kahoot Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif Dan Kolaboratif Anak”. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, no 3b, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kwalitatif & R & D, Bandung: Alfabeta, 2009.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Smkn2kuripan, 2017cara memainkan kahoot-kuis untuk pembelajar dikelas (bagian 3) (Sumber:https://www.smkn2kuripan.sch.id/cara-memainkan-kahoot-kuis-untuk-pembelajaran-di-kelas-bagian-3/ ) diakses tanggal 4 oktober 2018

Tabrani, A Rusyan dan Yeni Daryani. Penuntun Belajar Yang Sukses. Jakarta: Nine Karya, 1993.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.129

Refbacks



Copyright (c) 2019 Mahārāat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.