Permainan Kartu Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Daya Serap Belajar Siswa (Nahwu)

Arief Bahtiar Rifai

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif dengan populasi kelas VIII jenjang SMP di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Pleret Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggabungkan antara pembelajaran dan media untuk meningkatkan daya serap belajar atau daya ingat dalam memahami materi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata awal siswa 49,67 pada saat pretest meningkat menjadi rata-rata 63,25 pada saat posttest setelah mendapatkan treatment dengan pembelajaran menggunakan media kartu. Mendapatkan perlakuan dengan media kartu menunjukan adanya peningkatan dalam memahami materi bahasa arab khususnya Ilmu Nahwu di kelas VIII jenjang SMP di Muhammadiyah Boarding School  (MBS) Pleret sehingga peningkatan daya serap belajar siswa dapat dilihat dengan prestasi nilai yang dicapai.


Keywords


Media pembelajaran; Nahwu; Eksperimen; Media kartu

Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, Imam. Strategi Belajar Bahasa Arab Teori & Praktek. Cet. I. Malang: Misykat, 2012.

Daud, Muhammad Muhammad. Al-‘Arabiyyah wa ‘Ilm al-Lughah al-Hadîtsah. Cairo: Dâr Gharîb.

Khalilullah, M. 2008. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahastya.

Mujib, Fathul. 2012. Super Power In Educating. Yogyakarta: Diva Press.

Satori, Djam’an dan Komarudin, Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2013. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi, M. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunarti dan Rahmawati, Selly. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.2112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.