Penggunaan Model Flipped Classroom dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa

Ulfah Nurfadhila

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model flipped classroom dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara terhadap siswa kelas X MIPA 1 MAN 1 Yogyakarta setelah menggunakan model flipped classroom. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen dengan Sampel dalam penelitian sebanyak 33 siswa kelas X MIPA 1. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes lisan hasil belajar siswa yang berupa pretest dan posttest, penyebaran angket, dan observasi deskriptif. Adapun teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada siswa dalam penggunaan model flipped classroom. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata hasil posttest yaitu 19,61, lebih tinggi dibandingkan hasil rata-rata nilai pretest yaitu 16,24. Hasil dari Uji T-test diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) sebesar -1,656 < 0,05. Maka, dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil pretest dengan hasil posttest. Hasil analisis dari angket siswa di kelas eksperimen menunjukkan bahwa sebanyak 63% dari hasil keseluruhan persentase tiap item angket siswa setuju dengan menggunakan model flipped classroom untuk dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab.

Keywords


Flipped Classroom; keterampilan berbicara; bahasa Arab; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Djiwandono, M. Soenardi. 1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: Penerbit ITB.

Mutholib, Abdul. 2009. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab (Teori dan Praktik). Kudus: STAIN.

Yulietri, Fradilla, dkk. 2015. “Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar”. Jurnal Teknodika 13, No. 2 (September).




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.2114

Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

Alamat Redaksi

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Gedung KH. Ibrahim (E6), Lantai 1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat.pba@umy.ac.id

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
Maharat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License