Taṭbīq Al-Ṭarīqah Al-Mubāsyirah Fī Ta’līm Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Fī Ma’had Al-Syaikh Ibn Bāz Yogyakarta

Authors

  • Syaiful Anam STIT Madani Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18196/mht.2221

Keywords:

penerapan metode pembelajaran, metode langsung, pembelajaran bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan metodologi pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif melalui observasi, wawancara, dokumen, dan catatan lapangan. Latar belakang dari penelitian ini ada enam. Pertama, bahasa Arab yang bukan merupakan bahasa nasional di Indonesia menjadi sangat sulit dipelajari di Indonesia pada umumnya. Kedua, metode pembelajaran bahasa Arab yang dikembangkan selama ini belum mampu mengedepankan bahasa Arab seperti biasanya. Ketiga, perlunya model pendidikan yang menekankan pada keakraban dengan bahasa Arab. Keempat, metode langsung adalah metode yang mendorong pembiasaan dalam bahasa Arab. Kelima, Pondok Pesantren Syekh Bin Baz menerapkan metode pembelajaran bahasa Arab secara langsung dengan baik. Keenam, belum ada penelitian serupa yang mengkaji penerapan metode langsung pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Syekh Bin Baz Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode langsung di Pondok Pesantren Syekh Bin Baz Yogyakarta dilaksanakan dengan empat cara. Pertama, belajar bahasa Arab dengan para pakar dari Yaman. Kedua, guru menggunakan bahasa Arab dalam kesehariannya. Ketiga, penggunaan bahasa Arab dalam semua kegiatan resmi Pondok Pesantren Syekh Bin Baz Yogyakarta. Keempat, penggunaan bahasa Arab sebagai alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di Pondok Pesantren Syekh Bin Baz Yogyakarta.

References

Arsyad, Azhar. 2010. Bahasa Arab dan Metode Pembelajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembalajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. II).

Masqon, Dihyatun. Tanpa tahun. “Istirâtîjiyyah Ta’lîm al-Lughoh al-‘Arabiyyah al-Fi’al Li an-Nâthiqîna bi Ghairihâ, Qirâˋah fî Tajribah Ma’had Darussalam.” Jurnal Al-Hadis.

Maujud, Fathul. 2017. “Dirâsah ‘an Takhthîth Tadrîs al-Lughoh al-‘Arabiyyah fî al-Jâmi’ah al-Islâmiyyah.” Jurnal At-Ta’dib vol. 12, no. 1.

Munip, Abdul. 2005. “Problematika Penerjemahan Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia.” Al-‘Arabiyyah, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab vol. 1, no. 2.

Riskiyanti, Dyah Ayu, dan Abdul Hafidz Zaid. 2017. “Muhâwalah Ma’had Darussalam Gontor lil banât ats-Tsânî fî takwîn al-Bîˋah al-Lughawiyyah lî Iktisâb Mahârah al-Kalâm al-‘Arabi.” Jurnal At-Ta’dib vol. 12, no. 1.

Zaid, Abdul Hafidz. 2017. “Tiknûlûjiya at-Ta’lîm al-Muqtarohah lî Ta’lîm Mahârah al-Kalâm lî Thullâb al-Mustawâˋ al-Mutawassith fî Indonesia.” Jurnal Lisanudhad vol. 12, no. 1.

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Anam, S. (2020). Taṭbīq Al-Ṭarīqah Al-Mubāsyirah Fī Ta’līm Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Fī Ma’had Al-Syaikh Ibn Bāz Yogyakarta. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.18196/mht.2221

Issue

Section

Articles