Efektivitas Kitab Al-‘Arabiyyah Li Al-Nāsyi`īn untuk Meningkatkan Mahārah Qirā`ah dan Kalām di Kelas 1 Marḥalah 2 Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta

Siti Jaroyatun Ni'mah, Muhammad Nasiruddin

Abstract


Kitab merupakan faktor non linguistik dalam pembelajaran bahasa Arab, yang berperan mendukung peningkatan keterampilan berbahasa yaitu istima’, kalam, qira’ah dan kitabah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas kitab Al-Arabiyyah Lin Nāsyi’īn jilid 2 dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharatul qira’ah dan kalam di kelas 1 Marhalah 2 Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri dengan pendekatan pre-experimental dan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan kitab Al-Arabiyyah Lin Nāsyi’īn jilid 2 untuk meningkatkan maharatul qira’ah dan kalam di kelas 1 Marhalah 2 berjalan efektif. Efektivitas kitab Al-Arabiyyah Lin Nāsyi’īn jilid 2 untuk meningkatkan maharatul qira’ah di kelas 1 Marhalah 2 A termasuk dalam kategori cukup, sedangkan di kelas 1 Marhalah 2 B termasuk dalam kategori sangat baik. Efektivitas kitab Al-Arabiyyah Lin Nāsyi’īn jilid 2 untuk meningkatkan maharatul kalam di kelas 1 Marhalah 2 A termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan kelas 1 Marhalah 2 B termasuk dalam kategori cukup.

Keywords


Al-Arabiyyah Lin Nāsyi’īn jilid 2; maharatul qira’ah; maharah kalam

Full Text:

PDF

References


Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hariplish, M. 2006. “Pengembangan Keterampilan Membaca dalam Bahasa Arab.” Jurnal Tarbawiyah 2 (1): 49–50.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munawwir, Ahmad Warson. 2011. Kamus Bahasa Arab. Surabaya: Pustaka Progresif.

Shini, Muhammad Ismail. 1983. Al-Arabiyyah Lin Nasyi’in Lil Muallim ٢. Saudi Arabia: Kementerian Pendidikan Saudi Arabia.

Syamsuddin. 1998. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga.

Tim Penyusun Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Zaenudin, Radliyah. 2005. Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Grup.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.2219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.