Eksperimentasi Media Rubik Berbasis Teka-teki Silang Dalam Meningkatkan Penguasaan KosaKata Bahasa Arab Siswa Kelas X IPS MAN 4 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019

Nisa Fahmi Huda

Abstract


Penelitian ini adalah tentang penerapan media pembelajaran berupa permainan edukatif bahasa Arab “Rubik Berbasis Teka-teki Silang” sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan mufradât bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan media “media rubik berbasis teka-teki silang”, (2) mengetahui ada dan tidaknya perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam meningkatkan penguasaan mufradāt. (3) mengetahui seberapa besar peningkatan media rubik berbasis teka-teki silang dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian classical eksperiment. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 2 MAN 4 Bantul yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik test, wawancara, dan dokumentasi. Test dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan media rubik berbasis teka-teki silang sangat efektif, (2) hasil pretest kelompok eksperimen dan kontrol pada uji-t independent sample test menunjukkan bahwa sig. 0.039 < 0.05. Hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada uji-t independent sample test menunjukkan bahwa sig 0.00 < 0.05. Demikian juga ditunjang dengan analisis uji-paired sample test antara posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan taraf signifikansi 0.033 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan, (3) Peningkatan hasil tes kelompok eksperimen sebesar 21.94 dan kelompok kontrol 6.56 membuktikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dalam penguasaan mufradāt bahasa Arab.


Keywords


media pembelajaran; “rubik berbasis teka-teki silang”; mufradāt bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2003. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

__________. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Asyrofi, Syamsuddin. 2014. Model Strategi & Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aura Pustaka.

Furhan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hamid, Abdul et al. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab (Pendekatan. Metode, Strategi, dan Media). Malang: UIN Maliki Press.

Jannah, Lina Miftahul, dan Bambang Prasetyo. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khalilullah, M. 2012. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Sleman: Aswaja Pressindo.

Kosim, Nanang. 2016. Strategi dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Bandung: Arvino Raya

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.

Zein, Aswan, dan Syaiful Bahri Djamaroh. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.2220

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

Alamat Redaksi

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Gedung KH. Ibrahim (E6), Lantai 1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat.pba@umy.ac.id

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
Maharat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License