Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah ‘Ala Dlau al-Ithar al-Marji’I al-Urubbi al-Musytarak Li Ta’lim al-Lughat fi al-Jami’at al-Muhammadiyah Bi Indunisia: al-Furash wa al-Tahadiiyat

Talqis Nurdianto

Abstract


Pengajaran bahasa Arab di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, baik metodologis maupun media pembelajaran. Persoalan pengajaran bahasa Arab kepada non-native speaker membutuhkan pengembangan kurikulum dan topik budaya yang sesuai, terutama dalam menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0. Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia sangat membutuhkan perkembangan dan penyesuaian ini. Penelitian ini mencoba untuk menemukan peluang dan tantangan bagi universitas Muhammadiyah di Indonesia dalam pengajaran bahasa Arab dalam kerangka CEFR. Peneliti memilih empat universitas besar Muhammadiyah yang mengajarkan Bahasa Arab yaitu; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah (Uhamka) Jakarta, dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Penelitian deskriptif ini di samping pada wawancara dan observasi dengan dosen dan ketua program studi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka tentang CEFR untuk pengajaran Bahasa Arab. Hasilnya, empat universitas tidak menerapkan kurikulum CEFR dalam pengajaran dan penilaian bahasa Arab karena tidak mengenalnya. Diantara tantangan yang datang dari dalam dan luar perguruan tinggi, dengan unsur-unsurnya dan dari luarnya diperlukan solusi, dan karena peluang penggunaan kerangka kurikulum adalah untuk mengetahui kompetensi bahasa Arab serta cara mengajar dan mengevaluasinya.


Keywords


Bahasa Arab; CEFR; Muhammadiyah; Pengajaran

Full Text:

PDF

References


Abdul Jawwad, ‘Ala ‘Adil. 2008. Al-Ithar al-Marji’I al-Urubbi al-Musytarak li al-Lughat: Dirasah Tadris Taqyim. Al-Tarjamah al-Arabiyah. Al-Qahirah: Dar Ilyas al-Ashriyah.

Abdul Wahab, Muhbib. 2007. Tantangan dan Prospek Pendidikan Bahasa Arab di Indonesia, Jurnal Afaq Arabiyyah, Vol. 2. No. 1 Juni 2007: 1-18.

Al-Tamimi, Abdul Aziz Shalah. 2015. Al-Manahij Ususuha ‘Anashiruha Tandzimuha. Al-Mamlakah Al-Arabiyah al-Su’udiyah: Jamiah Thaiba.

Ali, Islam Yusri. 2017. Tahditsat al-Ithar al-marji’I al-Urubbi ma al-Jadid. https://www.academia.edu/34968106/

Council of Europe. 2018. Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Asessment. Companion Volume With New Description.

Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. 2019. Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Implementasi Kurikulum pada Madrasah.

Efendi, Ahmad Fuad. 2015. Afaq Tarikhiyyah Lil lughatil Arabiyah fi Indonesia. Riyadh: Kaica.

Hasanah, Mamluah. 2015. Waqi’u ta’lim al-lughah al-arabiyah fi al-jamiat al-indunisiah dalam buku al-Lughah al-Arabiyyah fi Indunisia. Riyadh: Kaica.

Hidayat, Nandang Sarip. 2012. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012.

Ittihad Mudarrisi Lughah Arabiyyah. 2019. Standarisasi Kurikulum Jenjang S1 Prodi Bahasa dan Sastra Arab dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab PTKIN-PTKIS-PTU-PTS di Indonesia pada 7 Februari 2019 di Universitas Padjadjaran, Bandung.

Musthafa, Tulus. Al-Ithar al-marji’I al-Indunisi li Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah fi Dlau al-Ithar al-Marji’I al-Urubbi al-Musytarak li ta’lim al-Lughat. Al-Waraqah al-Muqaddamah fi al-Multaqa al-‘Ilmi al-‘Alami al-Hadiya ‘Asyara lil Lughah al-Arabiyah fi Madinati Aceh.

Salinan Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, Musyrifah. 2012. Sejarah Peradaban Islam Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2009. Universitas Muhammadiyah dan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah. Indonesia, Yogyakarta: Grama Surya.

Zaidan, Jurji. 2013. Tarikh Adab al-Lughah Al-Arabiyah. Al-Qahirah: Handawi




DOI: https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.9772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

 

 

 

 

Editorial Office

Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

KH. Ibrahim Building (E6), First Floor, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183

Phone: +62 274 387656, ext. 449

Email: maharat@umy.university

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.