Alat Pengukur pH Berbasis Arduino

Hanifah Rahmi Fajrin, Ummu Zakiyyah, Kuat Supriyadi

Abstract


Dalam bidang medis, konsentrasi ion hidrogen sangat mempengaruhi proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh karena hampir semua aktivitas enzim dalam tubuh dipengaruhi oleh konsentrasi ion hidrogen. Pengaturan konsentrasi ion hidrogen, dalam beberapa kasus, mirip dengan pengaturan ion lain dalam tubuh, di mana untuk mendapatkan homeostasis, harus ada keseimbangan asupan, produksi, dan sekresi ion hidrogen. Mengukur pH tubuh dapat dilakukan dengan tes analisis gas darah, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam tes ini: gelembung udara, antikoagulan, metabolisme, dan suhu. Mengabaikan faktor-faktor itu akan mempengaruhi hasil tes. Tes menggunakan kertas lakmus memiliki keterbatasan pada keakuratan dan kesalahan pembacaan warna dapat terjadi karena sampel berwarna atau feculent. Alat pengukuran berbasis pH Arduino akan dirancang dalam penelitian ini. Desainnya menggunakan sensor elektroda kaca yang mendeteksi jumlah ion hidrogen dalam larutan modul sensor sebagai pengkondisi sinyal dan modul Arduino untuk mengontrol sistem secara keseluruhan. Pengujian alat dilakukan di laboratorium farmasi dan farmakologi Universitas Muhammadiyah, Yogyakarta dengan membandingkan nilai pH alat dengan pH meter di laboratorium. Berdasarkan pengumpulan data yang dilakukan dengan 10 kali pengujian menggunakan larutan buffer dan sampel urin, hasil kesalahan tidak lebih dari 1,5%. Hasilnya masih dalam batas toleransi, yaitu tidak lebih dari 5%.

 


Keywords


Arduino, pH, pH Meter

Full Text:

PDF

References


B. N. & R. Adil, “Rancang Bangun Model Mekanik Alat untuk Mengukur Kadar Keasaman Susu Cair, Sari Buah dan Soft Drink,” Inst. Teknol. Surabaya, pp. 1–9.

D. J. M. Yongly A Tuwaidan, Vecky C. Poekoel, “Rancang Bangun Alat Ukur Desibel ( dB ) Meter Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3,” E-journal Tek. Elektro dan Komput., pp. 37–43, 2015.

D. Suherman, “Penerapan Logika Fuzy Pada Plc Untuk Pengolahan Air Bersih ui Bak Penampungan PDAM Balikpapan,” vol. II, pp. 1–7, 2012.

D. W. N. Fanny Astria, Mery Subito, “Rancang Bangun Alat Ukur PH dan Suhu Berbasis Short Message,” Metrik, vol. 1, no. 1, pp. 47–55, 2014.

E. R. U. dan Suyono, “Pengaruh Pemberian Teh Kombucha Terhadap Kestabilan Ph Serum Darah,” UNESA J. Chem., vol. 1, no. 2, pp. 26–30, 2012.

F. Amani and K. Prawiroredjo, “Alat Ukur Kualitas Air Minum dengan Parameter Ph , Suhu , Tingkat Kekeruhan , dan Jumlah Padatan Terlarut,” Jetri, vol. 14, no. 1, pp. 49–62, 2016.

F. Silvian, “Ph Meter Digital,” Politeknik Kementrian Kesehatan Surabaya, 2007.

H. R. FAJRIN, N. R. TUHFA’TUN, and D. SUKWONO, “Perancangan Oxygen Analyzer Dilengkapi Penyimpanan Data Eksternal Berbasis Arduino Uno,” ELKOMIKA J. Tek. Energi Elektr. Tek. Telekomun. Tek. Elektron., vol. 7, no. 3, p. 559, 2019.

I. Tahir, “Arti Penting Kalibrasi Pada Proses Pengukuran Analitik: Aplikasi Pada Penggunaan Ph Meter dan Spektrofotometer Uv,” Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, pp. 1–8.

J. Santosao, Alat Ukur dan Teknik Pengukuran, Jilid 1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

M. I. SARI, “Fungsi Sistem Ginjal Dalam Homeostatis,” Depok, 2007.

N. Ketut and A. Aryanti, “Perencanaan dan Pembuatan Alat Kontrol Ph Pada Kolam Pemebenihan Ikan Menggunakan FPAA,” Inst. Teknol. Surabaya, pp. 1–6.

P. E. Pambudi, “Identifikasi Daging Segar dan Busuk Menggunakan Sensor Warna RGB dan PH Meter Digital,” J. Teknol. Technoscientia, vol. 7, no. 1, pp. 46–53, 2014.

S. H. Eko Ihsanto, “Rancang Bangun Sistem Pengukuran PH Meter Dengan Menggunakan Mikrokontroller Arduino Uno,” Teknol. Elektro, Univ. Mercu Buana, vol. 5, no. 3, pp. 130–137, 2014.




DOI: https://doi.org/10.18196/mt.010207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia is indexed by :


Our Office

Editorial of Medika Teknika UMY, Building D, Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Telp : (0274) 387656, Ext : 455
Fax : (0274) 387646
WA : +62 813-2871-3795 (Wisnu Kartika)
Email : mt@umy.ac.id

website : http://journal.umy.ac.id/index.php/mt

Creative Commons License
Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.