Desain Struktur Jembatan Kereta Api Tipe Concrete Through Arch: Studi Kasus Jembatan Kereta Api BH 1828 Purworejo

Algazt Aryad Masagala

Abstract


Jembatan rel kereta api BH 1828 berlokasi di Butuh, Kutoarjo, Purworejo. Desain struktur jembatan tipe through arch memiliki lebar 4,9m, panjang bentang total 46 m, dan tinggi 7,5 m. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dimensi dan kebutuhan penulangan, serta besar nilai lendutan dengan mengacu pada PM No. 60 Tahun 2012 tentang Persyaratan Teknis Rel Kereta Api, SNI 2833:2016 tentang Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa, dan RSNI T-12-2004 sebagai Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan. Desain dilakukan secara bertahap yang dimulai dari penentuan jenis struktur yang dipergunakan, dimensi struktur, pemodelan komputer, pembebanan, perancangan tulangan dan kontrol lendutan. Berdasarkan perhitungan diperoleh dimensi; girder eksterior, interior, diafragma, dan arch memiliki dimensi 450 x 650 mm; dimensi hanger dan bracing 450 x 450 mm. Untuk nilai lendutan maksimal tengah bentang sebesar 0,054 m lebih kecil dari lendutan izin L/800 = 0,058 m.

Keywords


Jembatan Rel Kereta Api; Through Arch; Beton Bertulang

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional. (2004). Perencanaan struktur beton untuk jembatan. Jakarta: RSNI T-12-2004.

Badan Standarisasi Nasional. (2016). Pembebanan untuk jembatan. Jakarta: SNI 1726 : 2016.

Badan Standarisasi Nasional. (2016). Perencanaan jembatan terhadap beban gempa. Jakarta: SNI 2833 : 2016.

Badan Standarisasi Nasional. (2017). Baja tulangan beton. Jakarta: SNI 2052 : 2017.

Masagala, A. A. (2022). Jembatan truss dengan analisis SAP 2000. PACE, Padang, Sumatera Barat.

Muspitasari, T. (2017). Evaluasi peraturan pembebanan gandar kereta api di pulau Jawa terhadap kondisi aktual. Jurnal Teknik Sipil UAJY, 14(3), 182–187. https://doi.org/10.24002/jts.v14i3.1982

Peraturan Menteri Perhubungan. (2012). Persyaratan teknis jalur kereta api. Jakarta: PM. 60 Tahun 2012.

Retnoningtyas, R. (2017). Pengaruh rasio bentang dan tinggi jembatan pelengkung beton bertulang untuk jalan rel terhadap gaya-gaya dalam. Universitas Gadjah Mada.

Sukmana, A. D., & Rahardjo, B. (2014). Perencanaan jalur ganda kereta api Surabaya - Krian. Jurnal Teknik POMITS, 1(1), 1-5.

Supriyadi, B., & Muntohar, A. S. (2013). Jembatan. Beta Offset.




DOI: https://doi.org/10.18196/st.v25i1.13734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Algazt Aryad Masagala

Editorial Office :

SEMESTA TEKNIKA

Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Jln. Brawijaya Tamantirto Kasihan Bantul 55183 Indonesia

Telp:(62)274-387656, Fax.:(62)274-387656

Email: semesta_teknika@umy.ac.id, semestateknika@umy.university

Website: http://http://journal.umy.ac.id/index.php/st

Creative Commons License

Semesta Teknika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.