AN EVALUATION OF CLASSLESS HEALTH SERVICES FOR POOR FAMILIES (GAKIN) IN WATES, KULON PROGO REGENCY

Sakir Sakir, Muhammad Eko Atmojo, Asmarawati Handoyo

Abstract


Salah satu prinsip penting dari penyelenggaraan pelayanan publik adalah pelayanan bagi masyarakatnya, artinya pelayanan publik memuat prinsip-prinsip keadilan/equity dimana semua masyarakat berhak atas pelayanan publik yang sama tanpa adanya perlakukan diskriminatif. Pelayanan diberikan tanpa memandang status, pangkat, golongan dari semua masyarakat. Namun tidak dapat dipungkiri beberapa sektor pelayanan publik masih memberlakukan pembedaan pelayanan melalui penciptaan kelas, salah satunya adalah pelayanan di rumah sakit. Demi terwujudnya pelayanan prima dan memuat prinsip adil/equity RSUD Wates menerapkan inovasi baru yaitu pelayanan rawat inap tanpa kelas bagi keluarga miskin (Gakin). Adanya inovasi tanpa kelas bagi masyarakat miskin nantinya bisa menciptakan pelayanan yang memuat prinsip-prinsip keadilan/equity, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan public yang sama dan tidak ada kata diskriminatif terhadap pelayanan publik. Pelaksanaan rumah sakit tanpa kelas bagi masyarakat miskin relative berjalan dengan lancar, hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya syarat yang menyulitkan pasien untuk mendaftarkan diri. Setiap masyarakat yang menggunakan kartu jaminan kesehatan berhak mendapatkan pelayanan yang sama dan tidak ada perbedaan. Hal inilah yang dilakukan di RSUD Wates dalam pelaksanaan pelayanan tanpa kelas bagi masyarakat miskin.


Keywords


Evaluasi; Pelayanan Kesehatan; Keluarga Miskin (Gakin)

Full Text:

PDF

References


Huberman, dan Miles. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Kuncoro, Wahyu, 2006. Studi Evaluasi Pelayanan Public Dan Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Umum DR. Soetomo. Tesis.

Moleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif (Ed). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurharjadmo, Wahyu, 2008. Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda Di Sekolah Kejuruan, Spirit Public Vol. 4 No 2, Oktober.

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Taira Wacana.

Susanti, Ulfah Aprilia, 2009. Akses Keluarga Miskin Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit (Studi: Di Rumah Sakit Umum Patmasuri Yogyakarta), Skripsi.

http://indonesiaberinovasi.com/read/2015/03/300/bupati-kulon-progo-memberikan pelayanan-bagi-pasien-gakin-rsud-wates.

http://www.depkes.go.id/resources/download/profil/PROFIL_KAB_KOTA_2014/3401_DIY_Kab_Kulon_Progo_2014.pdf




DOI: https://doi.org/10.18196/jgpp.v5i2.4581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Office: 
Master of Government Affairs and Administration (MIP)
Postgraduate Building 2nd Floor UMY

Phone: +62 274 387 656 (ext: 173)

Jl. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.