Pemberdayaan Kelompok Aisyiyah dalam Pengelolaan Salak Pondoh di Kecamatan Turi, Sleman

Agus Nugroho Setiawan, Sukuriyati Susilo Dewi

Abstract


Turi yang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sleman, dengan tanaman utamanya adalah salak pondoh. Sebagian besar anggota Aisyiyah mempunyai lahan salak pondoh dan merupakan petani salak pondoh. Permasalahan yang sering dihadapi adalah harga salak pondoh yang sangat fluktuatif, serta pengetahuan dan ketrampilan anggota dalam mengelola hasil dan mengolah buah salak pondoh masih sangat terbatas. Mendasarkan pada permasalahan yang ada pada mitra, maka prioritas permasalahan perlu yang diselesaikan dan solusi yang dilakukan adalah peningkatan nilai tambah buah salak pondoh dan peningkatan ketrampilan dalam pengelolaan paska panen salak pondoh. Tujuan program pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan nilai tambah buah salak pondoh melalui industri hilir pengolahan salak pondoh menjadi berbagai macam produk dan meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan ketrampilan anggota Aisyiyah dalam pengelolaan paska panen dan pengolahan salak pondoh. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat menunjukkan masyarakat sasaran yaitu Pimpinan dan Anggota PCA Turi dan PRA Kembangarum, memberikan tanggapan yang sangat baik dengan berpartisipasi mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. Kegiatan pengabdian masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan warga Aisyiyah dalam mengelola dan mengolah buah salak pondoh menjadi produk minuman dan brownies.

Kata kunci: Salak pondoh, Aisyiyah, Nilai tambah, Produk Olahan


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2012. Keripik Salak Sleman Kalah Bersaing. http://www. harianjogja. com/baca/2012/04/03/ keripik-salak-sleman-kalah-bersaing-175557. diakses 29 April 2014.

Anonim, 2013a. Keripik Salak Pondoh khas Sleman. http://log.viva.co.id/ news/read/412112-keripik-salak-pondoh-khas-sleman. diakses 29 April 2014.

Anonim, 2013b. Salak Olahan Tingkatkan Pendapatan Warga. http://gudeg.net/ id/news/2013/07/7544/ Salak-Olahan-Tingkatkan-Pendapatan-Warga.html. diakses 29 April 2014

Anonim, 2013c. Produsen Bakpia Salak Jogja/ Yogyakarta-Bakpia Salak Cristal. http:// jogja.storykota.com/id/ direktori-jogja/produsen-bakpia-salak-jogja-yogyakarta/bakpia-salak-cristal. diakses 29 April 2014

Anonim, 2013d. Peningkatan Nilai Tambah Salak Pondoh. http://www.umy.ac.id/ peningkatan-nilai-tambah-salak-pondoh.html. akses 29 April 2014.

Nur Muayyidah. 2013. Cara Membuat Dodol Salak. http://spesialresepmakanan. blogspot.com/2013/04/cara-membuat-dodol-salak.html. diakses 29 April 2014.

Pantastico, Er. B. 1989. Postharvest Physiology, Handling and Utilization of Tropical and Subtropical Fruit and Vegetables.The Avi Publishing Company Inc. Westport, Connecticut. 906 p.




DOI: https://doi.org/10.18196/bdr.427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________________

View My Stats

Contact us: BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Address: Gedung D, LP3M UMY, AlamatJl. Brawijaya, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183. Email: berdikari@umy.ac.id

  

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.