Pelatihan Dan Pendampingan Usaha Startup “Iqbal Material” Di Balecatur, Yogyakarta

Alien Akmalia

Abstract


Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu memecahkan permasalahan di bidang pemasaran dan bidang keuangan yang ada pada Usaha Material “IQBAL MATERIAL”. Metode Pelaksanaan yang dilakukan yaitu melalui program pelatihan dan pendampingan. Permasalahan-permasalahan yang terselesaikan antara lain, Khalayak sasaran : (1) sudah memiliki buku khusus untuk mencatat transaksi-transaksi usaha yang terjadi; (2) mampu membuat laporan keuangan usaha; (3) memiliki papan identitas usaha; (4) memiliki leaflet dan frayer untuk promosi usahanya; (5) memiliki nota dengan logo usaha sendiri; (6) memiliki stempel usaha sendiri. Program pengabdian ini berjalan dengan lancar dan mampu menumbuhkan semangat pengembangan usaha material “IQBAL MATERIAL” yang masih merupakan usaha baru (startup). Selain itu menambah wawasan mengenai pentingnya manajemen pemasaran dalam mengelola usaha, sekaligus memberikan solusi kepada pemilik terhadap permasalahan pemasaran dan pengelolaan keuangan yang selama ini dihadapi. Kata kunci : pendampingan keuangan, pendampingan pemasaran


Full Text:

PDF

References


Ariefiansyah, Miyoshi. 2012. Cash Flow Management untuk Orang Awam dan Pemula. Bekasi: Laskar Aksara. ISBN: 978-602-9041-45-3

Bisnis dan Wirausaha Indonesia. 2017. Stempel, Aneka Bentuk dan Kegunaannya dalam Usaha. https:// webbisnis.com/stempel-aneka-bentuk-dan-kegunaannya-dalam-usaha/

Bygrave, William D. 1994. The Portable MBA in Entrepreneurship. John Willeys &Son Inc. New York

Kasmir & Jakfar. 2007. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group. Edisi 2.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip

Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mahandika, Nila. 2011. Pencatatan Keuangan Sederhana. http://nilamahandika.blogspot.co.id/ 2011/07/pencatatan-keuangan-sederhana.html

Redaksi Bisnis UKM. 2014. https://bisnisukm.com/ pentingnya-bukti-transaksi-di-laporan-keuangan-usaha.html

Udin, Noor. 2011. Langkah Penyadaran Brand Usaha Kecil Dan Menengah (UKM). Bina Nusantara University. Jurnal Humaniora. Vol. 2. No. 1.

Warni, Sri. 2015. Kenapa Promosi Dalam Bisnis Itu

Penting. https://zahiraccounting.com/id/blog/ pentingnya-promosi-dalam-bisnis/




DOI: https://doi.org/10.18196/bdr.6247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________________

View My Stats

Contact us: BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, Address: Gedung D, LP3M UMY, AlamatJl. Brawijaya, Tamantirto, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183. Email: berdikari@umy.ac.id

  

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.