Hubungan Kesiapan dan Gaya Belajar dengan Tingkat Kelulusan Ujian Multiple Choice Question (MCQ)
DOI:
https://doi.org/10.18196/di.9218Keywords:
Learning styles, Multiple Choice Questions (MCQ), Self-Directed Learning Readiness (SDLR)Abstract
Masa transisi terjadi pada mahasiswa baru yang mengalami proses adaptasi dengan lingkungan kampusnya. Selama penyesuaian diri mahasiswa terkadang mengalami masalah psikologis dengan perubahan metode belajar, karena mahasiswa masih cenderung menerapkan cara belajar ketika belajar di sekolah menengah atas. Setiap mahasiswa memiliki kesiapan belajar (Self Directed Learning Readiness/SDLRS) dan gaya belajar (learning styles) yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Multiple Choice Questions (MCQ) merupakan salah satu penilaian hasil belajar dengan tingkat objektivitas tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kesiapan belajar dan gaya belajar mahasiswa dengan tingkat kelulusan ujian MCQ.Metode penelitian adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Jumlah responden penelitian sebanyak 82 mahasiswa dipilih secara stratified random sampling. Kuesioner SDLRS dan Visual, Auditory, Read-White, Kinaesthetic (VARK) digunakan untuk mendapatkan data primer tentang kesiapan belajar dan gaya belajar mahasiswa. Data Sekunder yang digunakan adalah jumlah kelulusan ujian MCQ pada blok 1 sampai 6.Analisis uji Somers’d menunjukkan nilai p = 0,237 (p>0,05), yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dengan tingkat kelulusan ujian MCQ. Hasil analisis uji Lambda menunjukkan nilai p = 0,178 (p>0,05), yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan tingkat kelulusan ujian MCQ. Gaya belajar mahasiswa didominasi oleh gaya belajar kinestetik.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwakesiapan belajardan gaya belajar mahasiswa tidak berhubungan dengan tingkat kelulusan ujian MCQ.
References
Darmiany. (2016). Self-regulated learning mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) tahun pertama. Jurnal psikologi pendidikan & konseling, 2(1), 72-83.
Faroouqe, I., Mustafa, S., Mohammad, F. (2014). Learning style preferences of first year undergraduate Medical Students. Journal Of Evidence Based Medicine And Healthcare, 1(11), 1445-1452.
Deyo, Z.M., Huynh, D., Rochester, D., Strupe, D.A., Kiser, K. (2011). Readiness for self-directed learning and academic performance in abilities laboratory course. Am J Pharm Education, 75(2), 1-6.
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nyambe, H., Harsono., Rahayu G.R. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi self directed learning readiness pada mahasiswa tahun pertama, kedua dan ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 5(2), 67-77.
Utami, P.S., Gafur, A. (2015). Pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS di SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 97-103.
Fleming, N.D & Mills, C. (1992). VARK a guide to learning styles. Available from http://vark-learn.com/introduction-to-vark/the-vark-modalities/. © copyright 2017 VARK Learn Limited.
Amin, Z., & Eng, K.H. (2003). Basics in Medical Education. Singapore: World Scientific Publishing Co.Pte.Ltd
Dahlan, M.S. (2010). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Ciracas: Salemba Medika
Fisher, M., King, J., & Tague, G. (2001). Development of a self-directed learning readiness scale for Nursing Education. Nurse Education Today, 516-525.
Effendi. (2017). Hubungan readiness (kesiapan) belajar siswa dengan hasil belajar Fisika siswa kelas x SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 15-24.
Fitria, S. (2018) Hubungan self-directed learning readiness dengan kelulusan ujian tulis blok semester pertama pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Diploma Thesis, Universitas Andalas.
DePorter, B & Hernacki. (2001). Quantum Learning: membiasakan belajar dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Purwoko, S. (2014). Pengaruh penggunaan peta pikiran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Geografi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(2), 191-195.
Utami, P.G. (2014). Gambaran gaya belajar mahasiswa Keperawatan 2009-2013 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2014. Skripsi Strata Satu, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License
Insisiva Dental Journal : Majalah Kedokteran Gigi Insisiva (IDJ) is licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license. You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. This license is acceptable for Free Cultural Works.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Copyright
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).