Hubungan Kesiapan dan Gaya Belajar dengan Tingkat Kelulusan Ujian Multiple Choice Question (MCQ)

Indri Kurniasih, Dinni Alifa Azzahraa

Abstract


Masa transisi terjadi pada mahasiswa baru yang mengalami proses adaptasi dengan lingkungan kampusnya. Selama penyesuaian diri mahasiswa terkadang mengalami masalah psikologis dengan perubahan metode belajar, karena mahasiswa masih cenderung menerapkan cara belajar ketika belajar di sekolah menengah atas. Setiap mahasiswa memiliki kesiapan belajar (Self Directed Learning Readiness/SDLRS) dan gaya belajar (learning styles) yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Multiple Choice Questions (MCQ) merupakan salah satu penilaian hasil belajar dengan tingkat objektivitas tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kesiapan belajar dan gaya belajar mahasiswa dengan tingkat kelulusan ujian MCQ.Metode penelitian adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Jumlah responden penelitian sebanyak 82 mahasiswa dipilih secara stratified random sampling. Kuesioner SDLRS dan Visual, Auditory, Read-White, Kinaesthetic (VARK) digunakan untuk mendapatkan data primer tentang kesiapan belajar dan gaya belajar mahasiswa. Data Sekunder yang digunakan adalah jumlah kelulusan ujian MCQ pada blok 1 sampai 6.Analisis uji Somers’d menunjukkan nilai p = 0,237 (p>0,05), yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dengan tingkat kelulusan ujian MCQ. Hasil analisis uji Lambda menunjukkan nilai p = 0,178 (p>0,05), yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan tingkat kelulusan ujian MCQ. Gaya belajar mahasiswa didominasi oleh gaya belajar kinestetik.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwakesiapan belajardan gaya belajar mahasiswa tidak berhubungan dengan tingkat kelulusan ujian MCQ.


Keywords


Learning styles; Multiple Choice Questions (MCQ); Self-Directed Learning Readiness (SDLR)

Full Text:

PDF

References


Darmiany. (2016). Self-regulated learning mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) tahun pertama. Jurnal psikologi pendidikan & konseling, 2(1), 72-83.

Faroouqe, I., Mustafa, S., Mohammad, F. (2014). Learning style preferences of first year undergraduate Medical Students. Journal Of Evidence Based Medicine And Healthcare, 1(11), 1445-1452.

Deyo, Z.M., Huynh, D., Rochester, D., Strupe, D.A., Kiser, K. (2011). Readiness for self-directed learning and academic performance in abilities laboratory course. Am J Pharm Education, 75(2), 1-6.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nyambe, H., Harsono., Rahayu G.R. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi self directed learning readiness pada mahasiswa tahun pertama, kedua dan ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 5(2), 67-77.

Utami, P.S., Gafur, A. (2015). Pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS di SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 97-103.

Fleming, N.D & Mills, C. (1992). VARK a guide to learning styles. Available from http://vark-learn.com/introduction-to-vark/the-vark-modalities/. © copyright 2017 VARK Learn Limited.

Amin, Z., & Eng, K.H. (2003). Basics in Medical Education. Singapore: World Scientific Publishing Co.Pte.Ltd

Dahlan, M.S. (2010). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Ciracas: Salemba Medika

Fisher, M., King, J., & Tague, G. (2001). Development of a self-directed learning readiness scale for Nursing Education. Nurse Education Today, 516-525.

Effendi. (2017). Hubungan readiness (kesiapan) belajar siswa dengan hasil belajar Fisika siswa kelas x SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 15-24.

Fitria, S. (2018) Hubungan self-directed learning readiness dengan kelulusan ujian tulis blok semester pertama pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Diploma Thesis, Universitas Andalas.

DePorter, B & Hernacki. (2001). Quantum Learning: membiasakan belajar dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Purwoko, S. (2014). Pengaruh penggunaan peta pikiran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Geografi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(2), 191-195.

Utami, P.G. (2014). Gambaran gaya belajar mahasiswa Keperawatan 2009-2013 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2014. Skripsi Strata Satu, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.18196/di.9218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Insisiva Dental Journal: Majalah Kedokteran Gigi Insisiva are indexed by:

 

Office:

Gedung Siti Walidah F3 4th Floor, Faculty of Dentistry Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,
Jalan Brawijaya (Lingkar Selatan), Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Phone: +62 274 387656 Ext.217
Email: jurnalkgumy@gmail.com
Website: http://journal.umy.ac.id/index.php/di/index

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) International license.