Efektivitas Manajemen Stres Cognitive-Behavioral dalam Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa Tahun Pertama Tahap Sarjana PSPDG UMY

Authors

  • Indri Kurniasih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Ika Dhita M Liza Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.18196/di.7296

Keywords:

Cognitive-behavior Therapy, Manajemen stres, Stres

Abstract

Stres dapat dikatakan sebagai proses adaptasi dengan lingkungan yang baru. Beberapa fenomena dan penelitian menunjukkan bahwa stres meningkat pada mahasiswa kedokteran gigi di tahun pertama, disertai adanya efek negatif terhadap akademis dan kesehatan. Cara yang paling tepat dalam mengurangi efek negatif dari stres pada mahasiswa baru adalah adalah dengan manajemen stres Cognitive- behavioral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai efektivitas manajemen stres metode Cognitive-behavioral dalam menurunkan stres pada mahasiswa tahun pertama tahap sarjana Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (PSPDG) UMY. Jenis penelitian ini adalah quasy experimental dengan rancangan pretest-intervention-postest. Sampel terdiri dari 40 mahasiswa tahun pertama PSPDG UMY yang dipilih melalui purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah uji Wilcoxon karena distribusi data tidak normal. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberi manajemen stres dengan nilai probabilitas 0,000 (p < 0,05). Hasil rata-rata menunjukkan penurunan nilai sebesar 9,60. Dapat disimpulkan bahwa manajemen stres metode Cognitive-behavioral efektif dapat menurunkan tingkat stres mahasiswa tahun pertama PSPDG UMY.

References

Hamalik, O. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.

Wibowo, dkk. Jenis-jenis Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 2002.

Schele, I, Hedman, L, Hammarstrom, A. A Model of Psychosocial Work Environment, Stress, and Satisfaction Among Dental Students in Sweden. Journal of Dental Education. 2012; 76(9): 1206-1217.

Lazarus, R, Folkman, S. Stress, Appraisal, and Coping. New York: Springer Publishing Company. 1984.

Elani, H, dkk. Systematic Review of Stress in Dental Student. Journal of Dental Education. 2014; 78 (2): 226-242.

Crego A, Carrillo-Diaz M, Armfield JM, Romero M. Stress and Academic Performance in Dental Students: The Role of Coping Strategies and Examination-Related Self-Efficacy. Journal of Dental Education. 2016; 80(2): 165-172.

Alzahem, A,Molen, H.,Boer, J. Effectiveness of a Dental Students Stress Management Program. Journal of Health Profession Education. 2015; 1:34-42.

Abdulghani HM, AlKanhal AA, Mahmoud ES, Ponnamperuma GG, Alfaris EA. Stress and its effect on Medical Student: Across-Sectional study at a Collage of Medicine in Saudi Arabia. International Journal Health Popular. Collage of Medicine King Saudi University. 2011.

Azer, S.A. Problem- Based Learning (Article Review of its Educational Objective and Rationale for it Sure). Saudi Medical Journal. 2001; 22(4):299-305.

Varvogli, L, Darviri, C. Stress Management Techniques: evidence based procedures that reduce stress and Promote Health. Health Science Journal. 2011; 5 (2), 74-89.

Penedo, F, Antoni, M, Schriderman , N. Cognitive Behavioral Stress Management for recovery: Facilitator Guide. New York: Oxford University Press. 2008.

Johansson, I, Skarsater, I.,Danielson, E. The Experience of Working on Locked Acute Psychiatric Ward. Journal of Psychiatric and Mental Health Nursing. 2015; 20(4):321-329.

Yalom, I. D. The theory and practice of group psychotherapy: fifth edition. USA: Basic books, Inc. 2005.

Smet, B. Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Grasindo. Bumi Aksara. 1994.

Downloads

Published

2018-11-21

Issue

Section

Articles